Tiket Kereta Api Habis? Gak Perlu Cemas, Ikuti Trik Berikut Ini!

Tuesday, August 29, 2017


Kereta api merupakan alat transportasi favorit masyarakat. Termasuk bagi saya dan suami. Waktu masih tinggal di Jawa, terlebih masa-masa kuliah dulu, kereta api adalah transportasi andalan bagi kami untuk backpacking dari satu kota ke kota lain. Sampai sekarang, kereta api masih tetap jadi sarana transportasi andalan bagi banyak orang. Namun sayangnya, banyak calon penumpang yang kerap mengeluh karena sering kehabisan tiket kereta api. Terlebih pada musim-musim tertentu, seperti musim lebaran dan musim liburan sekolah. 

Sebenarnya, masalah kehabisan tiket ini bisa diantisipasi loh. Apalagi kalau memang sudah diketahui bahwa kita akan bepergian pada musim-musim lebaran atau liburan sekolah. Ya, jangan sampai karena kehabisan tiket maka acara liburan atau acara penting lain yang sudah direncanakan jadi buyar. Kan sayang banget tuh.. Apalagi kalau acaranya itu sudah direncanakan jauh hari bersama orang-orang terkasih.

Baca juga: 15 Jam Naik Kereta dari Surabaya ke Bandung

Saya punya beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar tidak kehabisan tiket kereta api, yaitu sebagai berikut ini:

1. Koneksi internet.
Pastikan bahwa koneksi pada internet kamu selalu stabil dan lancar jaya. Hal ini tentu saja berlaku bagi kamu yang melakukan pembelian tiket secara online. Yang namanya berburu tiket online itu pasti berebut. Tak jarang kesempatan mendapat tiket kereta api impian hilang karena koneksi internet yang lemot.

2. Lakukan pemesanan jauh-jauh hari.
Kamu bisa melakukan pembelian tiket kereta api 3 minggu sebelum keberangkatan. Selain kemungkinan untuk mendapat tiket kereta lebih besar, dengan memesan tiket jauh-jauh hari juga memungkinkan kamu untuk dapat harga lebih murah. 

3. Susun rencana perjalanan.
Pastikan bahwa rencana kamu telah tersusun rapi, terutama untuk tanggal dan jam keberangkatan. Jangan sampai ketika kamu sudah di depan loket atau situs online penjualan tiket kereta, kamu baru mikir tanggal dan jam keberangkatan. Keburu diserobot orang tiketnya.

4. Manfaatkan smartphone.
Kamu bisa memantau pembelian tiket dengan menggunakan smartphone. Hal ini tentu akan menghemat waktu dan biaya. Kamu gak perlu lagi repot-repot antri dan berdesakan di loket. 

5. Hindari membeli tiket dengan harga termurah.
Yang namanya harga termurah, pasti jadi incaran siapa pun. Peminatnya pasti jauh lebih besar. Hal ini akan membuat kesempatan kamu untuk mendapatkan tiket itu jadi semakin kecil. Kalau anggaranmu minim, belilah tiket dengan harga murah, tapi jangan cari yang termurah. Jelas kan bedanya?

6. Gunakan cara estafet.
Misalnya tujuan kamu adalah dari Surabaya ke Jakarta, tapi ternyata tiket dengan tujuan tersebut sudah habis. Kamu bisa coba cari alternatif lain. Misalnya cari tiket kereta dari Surabaya ke Jogja. Kemudian cari lagi tiket kereta dari Jogja ke Jakarta. Ribet? Enggak kok. Hal seperti ini justru bisa jadi sebuah pengalaman menarik untuk diceritakan loh.

Baca juga: Selalu Ada Alasan untuk Kembali ke Jogja

Kehabisan tiket kereta memang bikin sedih dan kecewa. Apalagi kalau kamu ingin menghadiri suatu acara yang sangat penting dan mengharuskan kamu untuk hadir. Misalnya saja pernikahan mantan saudara atau sahabat. Jadi coba ikuti keenam trik dari saya. Biar kamu gak harus kehilangan momen liburan atau hal penting yang sudah kamu rencanakan.

Tapi kalau memang kamu bener-bener kehabisan tiket kereta api, gak ada salahnya untuk mencoba moda transportasi lain. Ya siapa tau jodohmu ada di sana. Eh maksudnya, siapa tau kamu lebih beruntung dengan moda transportasi selain kereta. Kalau emang gak jodoh gak usah maksa, cyin.. 

Selamat berburu tiket kereta!

You Might Also Like

8 komentar

  1. Bener bgt sih ini, baru banget kemarin kehabisan tiket kereta jadinya dapet yang mahal dan mending naik pesawat aja gak beda jauh :((

    ReplyDelete
  2. tipsnya menarik,sayangnya di Bengkulu belum ada kereta api,mungkin bisa diterapkan kalau kereta api sudah masuk kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas. Di Batam juga gak ada kereta api.

      Delete
  3. Belum pernah naik kereta. Di Lombok juga gak ada kereta. Heheheh. Salah satu impian kalau ada waktu lama buat liburan ke Jawa ya itu, pengen cobain naik kereta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Kalo liburan ke Jawa cobain naik kereta api ya.. Seru sih..

      Delete
  4. Wah iya nih, sering kehabisan tiket kereta :(

    ReplyDelete