Pacu Adrenalin di Marina Circuit Batam

Monday, July 24, 2017



Mencoba sesuatu yang baru selalu bikin exciting. Penasaran, dan juga pastinya bikin deg-degan. Seperti Sabtu sore 22 Juli 2017 lalu, saya dan teman-teman Blogger Kepri nyobain main Gokart di Marina Circuit Batam. Ini pengalaman pertama saya main Gokart. Sumpah saya takut mau nyobain. TAKUT BANGET! Saya TAKUT KETAGIHAN! Seperti yang sudah-sudah kalo saya nyoba sesuatu yang baru. 

Sebelum mulai balapan, kami semua dibriefing dulu oleh pak Arthur Pattinaja yang menjabat sebagai Manager Marketing & Operational di Marina Circuit Batam, dan pak Doz Kartikomas selaku Pimpinan Marina Circuit Batam. Mereka berdua ini mantan pembalap pro dan sekarang lebih aktif sebagai pelatih saja. 

 Ngeliat yang orens-orens gini bikin seger ya? hehehe...

Setelah briefing singkat, rasanya makin gak sabar untuk segera mencicipi sensasi melaju di atas Gokart. Sensasi rasa yang nano-nano banget. Saya yang kebagian di race 2 rasanya makin deg-degan waktu ngeliat temen-temen yang kebagian race 1 mulai mengenakan jaket dan helm. Perasaan deg-degannya bahkan gak hilang waktu saya ngikik melihat penampilan mereka yang sudah siap dengan kostum orens. Mengingatkan saya pada seragam driver ojek online di Batam. Eh mirip juga sih ama seragam driver ojek online dalam sitkom yang tayang di NET TV. *grin...

 Bukan driver ojek online...

Race pertama dikuasai Dani Alamsyahri. Bocah SMU anggota termuda Blogger Kepri ini terlihat seperti kesetanan melibas tikungan-tikungan demi tikungan arena gokart. Maklum darah muda, hehehe.. Seru banget nontonnya. Ada yang gayanya udah nyaingin Michael Schumacher, ada yang pegang teguh ajaran pelan-pelan asal selamat, ada yang nyungsep, ada juga yang jalannya kayak parade mobil hias saking pelannya, hehehe... Seru!

Tapi kalaupun sampe nyungsep, gak usah khawatir. Tinggal lambaikan tangan aja ke kamera, pasti nanti tim dari Marina Circuit Batam bakal nolongin. 

 Anda nyungsep? Lambaikan aja tangan ke kamera, hahaha... in frame Ahmadi Sultan

Bantuan pun segera datang

 Peserta race 1 bersiap-siap

Di akhir race, kami semua bisa melihat di layar monitor nama Dani menduduki peringkat 1 dengan best laptime 1 menit 5 detik. Nah ini nih salah satu yang menarik di Marina Circuit Batam. Mobil-mobil gokart di sini sudah dipasang transponder, yaitu alat pencatat waktu otomatis yang dipasang pada gokart dan hasilnya bisa langsung dilihat di layar monitor. Jadi catatan waktu di arena akan langsung bisa dipantau secara real time. Keren kan? Jadi kayak balapan beneran... Ngana pikir ini balapan pura-pura??

 Yang lain balapan, kami foto-foto sama pak Doz Kartikomas

Melintas di Circuit itu Rasanya Nano-Nano

Tibalah giliran saya turun di race ke-2. Perasaan makin membuncah. Keringat mengucur membanjiri baju. Telapak tangan mendadak dingin. Berusaha fokus sambil mengingat-ingat, pedal gas di sebelah kanan dan pedal rem di sebelah kiri. Jangan sampe kebalik. Sewaktu mesin gokart dinyalakan, saya kaget.. gokart yang saya naiki meluncur meski saya belum menginjak pedal gas. Gak ada waktu buat panik, karena tau-tau saya sudah berada di tengah arena. 

  Cieee yang senyum-senyum padahal deg-degan... Foto by: Rina

 Peserta race ke-2 bersiap di garis start. Foto by: Sugiarto

Lap pertama saya berusaha adaptasi, membiasakan kaki menginjak pedal gas dan rem. Mempelajari setiap tikungan. Meski pada akhirnya pedal rem tak banyak membantu saya untuk menghentikan laju gokart. Waktu pertama kali ketemu tikungan, saya injak pedal rem si gokart, eh dia tetap melaju. Khawatir nyungsep, akhirnya saya banting setir ke kiri. Berat banget, tapi alhamdulillah berhasil gak nyungsep. Tapi tikungannya masih banyak, dan dua di antaranya cukup tajam. Bohong kalo saya bilang saya gak panik. Hahaha....

 Cieee.. balapan cieeee... Foto by: Nirnugroho

Serunya disalip dan menyalip. Foto by: teh Lina

Akhirnya saya pasrah. Setelah tau cara mengemudikan dan mengendalikan gokart, saya pun mulai menikmati lap demi lap. Bisa ngerasain serunya menyalip dan disalip. Sensasinya luar biasa! Saya ketagihan! Tapi sayang rupanya di gokart yang saya naiki belum terpasang transponder, jadi saya gak bisa tau berapa catatan waktunya. Kalo perasaan sih ya, kecepatan saya udah beda tipis lah ama Michael Schumacher, huahaha.. *dilempar helm berjamaah. 

Race kedua dimenangkan oleh Andi yang suka motret dan ternyata dia juga suka balapan. Best laptime-nya 58 detik.  Lintasan sepanjang 960 meter dilibas dengan 58 detik! Wow! Dia ternyata lebih gila daripada Dani. 

Setelah semua peserta race 2 menyelesaikan putaran, giliran peserta race ketiga yang berlaga. Di putaran ini yang menang Andi tukang motret. Kapan kita balapan lagi? huehehehe...

 Hasil race langsung bisa dilihat di layar ini.

 Peserta race ke-3 beraksi di arena

Berawal dari Hobi

Hadirnya Marina Circuit Batam ini berawal dari hobi balapan para penggagasnya, yaitu pak Oke Junjunan dan pak Jeffry Ibrahim. Sebagai pembalap, mereka ingin menyediakan sarana bagi para pecinta olahraga otomotif untuk menyalurkan hasrat hobi balapnya di tempat yang layak. Yaa daripada balapan liar di jalan raya kan mending balapan di circuit. Iya nggak? 

Selain itu, dengan adanya Marina Circuit ini, mereka bisa dengan mudah menemukan bibit-bibit berbakat yang diharapkan bisa mengharumkan nama Kepri di atas aspal, eh maksudnya di kejuaraan Gokart. Kan keren tuh, kalo sampai ada yang mengikuti jejak pak Jeffry Ibrahim mengharumkan nama Indonesia hingga ke tingkat Asia. 

 Sebagian piala yang ada di Marina Circuit Batam

***

Pengen ikut seru-seruan di arena gokart juga? Yuk cuss ke Marina Circuit Batam. Kita balapan lagi... Arenanya buka setiap hari kok. Senin - Kamis buka mulai pukul 13.00 sampai 21.00 WIB. Sementara Jumat sampai Minggu buka lebih lama, mulai jam 10.00 sampai jam 22.00 WIB. 

Harga sewa gokart di sini IDR 125 ribu/10 menit untuk weekdays, dan IDR 175 ribu/10 menit untuk akhir pekan dan hari libur nasional. Kalo gokart racing sewanya IDR 500 ribu/10menit. Untuk pelajar dan mahasiswa, ada harga promo IDR 100 ribu/10 menit, syaratnya kudu nunjukin kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang masih berlaku.  Kok cuma untuk 10 menit sih? Hahaha coba rasain dulu balapan selama 10 menit baru komentar. 

 Gokart-gokart ini sudah ada pemiliknya semua

Oiya, Marina Circuit Batam ini bukan cuma menyewakan gokart aja, tapi juga menyewakan circuitnya. Buat kamu yang lebih suka balapan dengan kendaraan roda 2 atau mobil roda 4, bisa banget kalo mau jajal balapan di circuit ini. Harga sewa circuitnya tergantung jenis CC kendaraan. Untuk motor 100CC - 150CC sewanya IDR 100 ribu/jam. Untuk motor 250CC sewanya IDR 150 ribu/3 jam. Dan untuk mobil, harga sewa circuitnya IDR 200 ribu/3 jam. 

Marina Circuit Batam ini sudah punya club yang terdaftar dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI Kepri) looh.. Namanya Batam Speedy Club. Saat ini anggotanya sebanyak 15 orang. Buat yang punya anak, adek atau ponakan berumur 8 sampai 11 tahun, juga bisa loh kalo mau dilatih di sini. 

 Para supporter setia. Foto by: bang Ical

Mereka lah juaranya, hahaha... Foto by: bang Ical

Nah, buat kamu yang lagi liburan di Batam dan bingung mau ngapain? Kenapa gak cobain aja main gokart di Marina Circuit Batam? Dijamin bakal bawa pulang cerita seru yang tak terlupakan.. Eitts, tapi kalo ketagihan, jangan salahin saya yaaa...

Ada yang mau ngojek bareng?! eh maksudnya balapan bareng?!

You Might Also Like

40 komentar

  1. Belum pernah naik gokart, itu semacam bom bom car bukan ya rasanya?

    ReplyDelete
  2. arena gokartnya enak banget mbak, banyak rumput2 dan pohon-pohon, nggak seperti di jakarta, hehehe

    ReplyDelete
  3. jadi pengen nyoabain.... disalip gokart...
    disalip bajaj?... bajaj mana baja... eh ada dink... *kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieeee yang pengalaman banget disalip bajaj, huahahahaha....

      Delete
    2. sepertinya susah move on dari b**** eeehhh hahaha peace...

      Delete
    3. Hahahaha maklum kak, dia punya kenangan manis ama bajaj 😂😂😂😂

      Delete
  4. Aku gak tahu, apakah ini karena Blogger Kepri jago mengemas destinasi ke dalam tulisan atau emang wisata banyak, rasanya tiap kali main ke blog mbak Dee dan temen2 Blogger Kepri adaaaaa aja destinasi yang baru aku ketahui.

    Apalagi destinasi pulaunya itu huhuhuhu mupeng

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibilang banyak tempat wisata sih sepertinya enggak juga sih, Yan.. Tapi sepertinya kamu emang kudu balik lagi ke Batam buat buktiin langsung. Kalo kesini lagi jangan cuma singgah, tapi yang rada lamaan dikit... Biar bisa diajak island hopping hehehe

      Delete
  5. Sama! Aku juga takut, takut candu, huahahaha.
    Ayo, kapan ke Borneo? Kita ke Batu Dinding dan Bukit Bangkirai.
    Duh, salfok aku.
    Xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Borneooo.. Pengen banget kesana lagi. Tapi... Hahaha

      Delete
  6. Haha Ahmadi nyungsep. Kalo nyungsep parah masih bisa lambaikan tangan ke kamera ga yaaa? 😂
    Siapa itu yg jalannya kayak parade mobil hias? Bukan mbak Dian kan?

    Seruuu banget. Aku suka main yg beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kemaren nyungsepnya ya gitu doank sih. Itu masih bisa senyum sambil lambaikan tangan ke kamera.. Btw bukan aku mbak yang kayak parade mobil hias 😂😂

      Delete
  7. Replies
    1. Hehehe iseng-iseng nyoba mbak.. Ternyata bikin nagih.. 😊

      Delete
  8. Gagal fokus sama si adek "juara 3"
    Yang lain pose sama helm eh si adek pose sama boneka 😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha itu kemaren bonekanya diajak balapan juga loh 😂😂😂😂

      Delete
  9. Seru..seru..seru..emang bikin ketagihan ya mbak dee. Kayaknya saya ama teh Lina, main lagi agustus besok.Puas-puasin amape bosan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Yung.. Aku ama suami juga insya Allah mau main lagi ntar abis gajian.. Ketagihaaan.. Hahaha

      Delete
  10. Wuaaahh wanita pembalap. Aku pengen main kyk gtu2 dari dulu, tapi blm ada kesempatan yg pas hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kali kudu nyoba, Pril.. Lumayan buat pelepas stress hehehe

      Delete
  11. Aku pernah juga naik go kart tapiiii disetirin hihi. Itu aja udah degdegan kaya mau terpental 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya beneran.. Emang deg-degan.. Tapi bikin nagih

      Delete
  12. Hahaha.....ngakak pas lihat ada yang nyungsep,aku sering banget kl lagi main gokart. Hobi nyungsep plus nabrak2 wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pokoke seru banget. Biar nyungsep tetep seru..

      Delete
  13. Keren nih mb dian
    Ngebut ngebuuuuut

    Kasian yg nyungsep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu yang nyungsep tetep hepi kok mbak Indri..

      Delete
  14. Whuaaa...keren banget sih, gahaar, seru pastinya, yaaa

    ReplyDelete
  15. bener-bener memacu adrenalin,emak-emak juga bisa nyobain, nih, seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Kemaren emak-emak pada nyobain. Seru...

      Delete
  16. Seru banget, kaaakkk. Pengen cobain jadinya, apakah gue bisa berhasil sampai finish tanpa nyungsep? wkwkwk
    (padahal main balapan di game aja udah sering nyungsep)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe nyungsep itu takdir.. Tapi seru kok. Itu yang nyungsep aja gak kapok-kapok..

      Delete
  17. Seru bimgits lihat gambar2 di postingan mba Dian nih, bener banget bisa memicu adrenalin lah..wow

    ReplyDelete
  18. pasti seru banget.. sangat pas buat menyalurkan keinginan kebut-kebutan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru.. Mending ngebut disini daripada di jalan raya

      Delete
  19. Ah serasa terpacu adrenalin kalo duduk di go kart, tapi serius penasaran soalnya belum pernah ngerasain kak hehe

    ReplyDelete