Tips Memilih Tas Kamera untuk Traveling

Thursday, March 16, 2017

Model: Katerina (www.travelerien.com)

Sejak punya kamera DSLR, saya sudah memutuskan untuk memiliki tas khusus untuk kamera. Bukan buat gaya-gayaan, apalagi sok-sokan. Tapi ini merupakan salah satu cara saya untuk menjaga dan melindungi kamera kesayangan. Yaa meskipun saya bukan fotografer, tapi sebagai blogger saya menganggap bahwa kamera DSLR yang saya miliki adalah senjata untuk melengkapi bahan tulisan di blog. Jadi saya merasa perlu untuk menjaga kamera dengan sebaik-baiknya. Nah, salah satu caranya ya dengan menyimpannya di tas khusus kamera, terutama kalau saya sedang traveling. 

Ribet ya? Iya sih. Dengan menyiapkan tas khusus untuk kamera, itu artinya bawaan saya jadi bertambah. Yang biasanya kemana-mana cukup hanya dengan satu buah ransel, sekarang jadi nambah satu lagi yaitu tas kamera. Makanya sejak awal saya sudah memilih tas kamera yang simple dan praktis, namun tetap bisa melindungi kamera saya dengan aman. 

Nah ngomong-ngomong soal tas kamera, saya punya beberapa pertimbangan dalam memilih tas kamera. Yaa siapa tau di antara pembaca setia adventurose.com ada yang lagi bingung cari-cari tas kamera. 

1. Pilih Tas Khusus Kamera

Tas ransel yang sehari-hari saya bawa, ukurannya cukup besar. Kalau cuma kamera DSLR mah pasti masuk di dalamnya. Tapi saya tetap memilih untuk membawa tas khusus untuk kamera. Kenapa? Karena meskipun ukurannya besar, tas ransel saya tidak dilapisi sekat. Takutnya kalo kamera langsung saya cemplungin begitu aja ke dalam ransel, ntar di dalam sana dia 'berantem' ama power bank, pulpen, dan benda-benda printilan lainnya yang biasa saya bawa di dalam ransel. Beda dengan tas khusus untuk kamera. Dimana memang sudah disetting untuk melindungi kamera. Tas kamera biasanya memiliki sekat-sekat yang lembut tapi tebal untuk melindungi kamera dan segala perlengkapannya dari guncangan dan benturan. Tentu nggak mau donk kameramu yang mahal jadi rusak karena terbentur waktu traveling. Tapi kalau hati yang terbentur gimana donk? #eaaa..

2. Pilih Tas Sesuai Kebutuhan

Ada banyak pilihan dan model tas kamera yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Salah satunya adalah tas kamera national geographic. Untuk saat ini, saya lebih nyaman dengan tas kamera model slingshot atau selempang. Ya saat ini kebutuhan saya memang masih sebatas hunting foto ringan untuk melengkapi bahan tulisan di blog atau koran dan majalah. Tas kamera model selempang ini tentu memudahkan saya kalau sewaktu-waktu perlu mengeluarkan kamera dengan cepat. 

Tas kamera model selempang juga sudah dilengkapi dengan sekat yang tebal tapi lembut. Jadi buat kamu yang biasa bepergian membawa lensa lebih dari satu, gak usah khawatir. Lensa-lensa kameramu gak bakalan 'berantem' di dalam tas, karena masing-masing sudah disediakan 'ruang' sendiri. Sewaktu naik kendaraan umum atau berada di antrian, saya gak perlu khawatir kamera bakal kebentur-bentur, karena sudah tersimpan rapi di dalam tas khusus.

Tapi buat kamu yang memang menggeluti dunia fotografi secara serius, pastinya akan memilih tas kamera yang lebih sesuai. Misalnya model backpack, yang memiliki lebih banyak sekat untuk menyimpan segala peralatan tempurmu. Jadi ya memang bagusnya disesuaikan saja dengan kebutuhan. 

3. Pilih Tas Kamera yang Dilengkapi Pelindung

Selain sekat yang tebal tapi lembut untuk melindungi kamera dari guncangan dan benturan, sebaiknya pilihlah tas kamera yang dilengkapi dengan rain cover. Emang penting ya? Kalau menurut saya sih penting. Terutama buat kamu yang suka traveling. Rain cover selain bisa melindungi kamera dari kebasahan, juga bisa melindungi tas kamera dari kotor. Terutama kalo pas naik ojek ngelewatin jalan yang bechek. 

***

Kalo bagi saya sih, itu saja beberapa pertimbangan dalam memilih tas kamera. Mungkin teman-teman ada yang mau menambahkan? 

You Might Also Like

8 komentar

  1. Tas kamera memang penting, biar aman. Wajib punta Yang ada rain cover

    ReplyDelete
  2. Duh klo pakek kamera bagus dan mahal pastinya harus pakek tas khusus dong sayang kan klo sampe lecet-lecet tu benda hehe

    ReplyDelete
  3. Gue juga punya tas khusus kamera, biar kamera dan perangkatnya safety.. udah ngelakuin sesuai tips dr mba Adventurose sik. Ama satu lagi mba, tas kameranya selain nyaman dipake, eyecatching buat dipake jalan.. ehehe

    ReplyDelete
  4. kalo aku biasanya gabung ama pakain dll, kayaknya perlu beli yg khusus deh, soalnya sering dipaksa biar muat, kameranya gede sih

    ReplyDelete
  5. kalau cuman bawa kamera sama chargernya doang trus dimasukin dalam tas ditutup pakai kain kayak karungan gitu gmana

    ReplyDelete
  6. Saya lagi cari tas kamera nih. Sayang kamera hadiah yang mahhhal itu gak dijaga :)

    ReplyDelete
  7. tas kamera kalo mirrorless udah ada badannya sendiri, cuma aku jarang pake akibatnya lecet :(((

    ReplyDelete
  8. Ane biasanya pakai rensel sih mbak.
    cuma kurang efektif. kalau pakai tas kamera yang nyamping gitu pundaknya suka pegel sebelah. Hehehe

    ReplyDelete