Gurun Pasir Instagramable di Busung, Bintan

Tuesday, March 07, 2017


One's destination is never a place, but a new way of seeing things - Henry Miller

Pulau Bintan seolah tak berhenti menyuguhkan destinasi-destinasi wisata baru. Tiap kali ke Bintan, rasanya adaaaa aja tempat baru. Dan bagusnya, tempat-tempat wisata di Bintan itu dikelola dengan baik. Sebut saja Treasure Bay, kolam renang yang diklaim sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara. Atau White SandsIsland, pulau berpasir putih yang bikin kita serasa berada di pulau pribadi. Tak heran kalau setiap akhir pekan, penyeberangan ke Bintan selalu ramai. 

Salah satu yang tak kalah menariknya adalah Gurun Pasir yang ada di Desa Busung. Tempat ini sempat viral di instagram. Tau kan, di jaman serba able begini, orang gak bisa-an ngeliat tempat bagus sedikit ajah. Pasti bawaannya pengen foto-foto trus posting di media sosial. Hasilnya, gak perlu waktu lama tempat itu bakalan rame dikunjungi. 

Bisa buat main petak umpet juga niih...

Balik lagi ke gurun pasir yang dikenal dengan nama Gurun Pasir Busung ini. Awal terjadinya gurun pasir ini tentu berbeda dengan gurun pasir yang ada di Afrika sana. Yang terjadi karena proses pelapukan batuan karena perbedaan temperatur yang sangat tinggi antara siang dan malam. Proses pelapukan ini berlangsung selama ribuan tahun bahkan jutaan tahun. 

Tapi kalo Gurun Pasir Busung, ini bukan terjadi karena faktor alam yang melewati proses pelapukan selama jutaan tahun. Gurun Pasir Busung ini sebenarnya adalah korban luka alam.  Area ini merupakan bekas galian tambang pasir. Aktivitas penambangannya sudah dihentikan, tapi bekasnya ditinggalkan begitu saja. #habismanissepahdibuang

Nah bekas tambang pasir inilah yang akhirnya viral dan jadi tempat wisata baru di Bintan. 

Baca juga tulisan saya tentang Bukit Jaddih di Madura

 Main sepeda di gurun pasir

Another side of Gurun Pasir Busung

Hal ini rupanya memunculkan ide-ide kreatif dari penduduk setempat. Untuk lebih mempertegas nuansa gurun pasir, warga Desa Busung pun mendatangkan unta. Tentu saja bukan unta betulan. Tapi unta yang dibuat dari triplek, dan dicat hingga menyerupai unta asli. Kreatif banget kan? Jadi pengunjung yang datang kesini bisa berfoto ala-ala seolah sedang berada di gurun pasir betulan. 

 Ada unta di gurun pasir... 

Untuk bisa berfoto sepuasnya dengan si unta, pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar 5ribu rupiah. Penduduk setempat rupanya tau betul cara memanfaatkan peluang. Karena tau tempat ini sedang ngehits di dunia maya, mereka pun memanfaatkannya untuk mendulang rezeki. 

Bulan Desember lalu, sewaktu saya dan keluarga mampir ke sini, cuma ada unta saja. Tapi sebulan kemudian, saya dengar kabar kalau binatang-binatang yang ada di gurun pasir ini sudah semakin banyak. Saya dikirimin fotonya ama mbak Menik, family travel blogger yang mampir ke Gurun Pasir Busung bulan Januari lalu. Di sana sekarang bukan cuma ada unta, tapi sudah ada gajah, kuda, jerapah, bahkan dinosaurus. Gurun pasirnya jadi makin ramai, hehehe.. 

 Ada gajah di gurun pasir

 eh ada T-Rex juga...

Gurun pasirnya jadi rame ya...

Kalau kamu penasaran ama binatang-binatang padang pasir ini, dateng aja langsung ke Bintan. Gurun Pasir ini lokasinya ada di pinggir jalan kok. Tepatnya di Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan. Cuma sekitar 15 menit kalau naik kendaraan dari Tanjung Uban. Gak ada tiket masuk kalau mau menikmati gurun pasir ala-ala ini. Cuma dipungut ongkos parkir aja sebesar Rp 5 ribu per mobil. 

Catatan: Cuaca di Gurun Pasir Busung ini panas banget. Jadi saya sarankan untuk memakai topi atau pelindung kepala. Satu lagi, meski ini cuma area bekas penggalian pasir, jangan dikotori dengan sampah ya...

Senyum manis si ibu akan menyambut kamu di Gurun Pasir Busung

Oiya, tulisan tentang Gurun Pasir Busung ini ada di Buku Jelajah Kepri loh. Ditulis oleh fotografer keceh asal Pulau Bintan, Robbi Hafzan. Kamu sudah punya bukunya? Kalau belum punya, boleh kok pesan ke saya.. #eaaaa...

You Might Also Like

38 komentar

  1. Mantabbb..... Ada blog saye juge... Hehehe....

    ReplyDelete
  2. hihihi.. kreatif banget yaaa warga bintan bikin 'mini zoo'.

    ReplyDelete
  3. eeaaa nulis sambil promo buku ni ceritanya...hahahha

    ReplyDelete
  4. Setuju mba Dian.. ini instagramable. Banyak spot foto kecenya.. Jadi berdoa makin keceng, semoga jadi acara kantor suami yg agendanya ada kesini jg akhir bln ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nis... Padahal cuma gindukan pasir biasa.. Tapi pas difoto lumayan keceh juga :D

      Delete
  5. Warbiyasak ya gurun pasir Bintan ini. Ada pulak T-rexnya.. haha Kalah gurun pasir di Arab sana.

    Nice post mba Dian.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya.. Gurun pasir di Indonesia ini emang warbiyasak ya :D

      Delete
  6. Awal kesana blom di kenakan biaya parkir dan juga gak ada binatang-binatangnya ah harus kesana lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Leh.. Sekarang makin rame. Jadi sekalian dimanfaatin ama warga sana

      Delete
  7. Saya belum kesana. Dari review mbak dee, jadi pengen bawa anak2 juga sepedaan. Planning yang selalu tertunda dari awal tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan siang-siang klo kesana Yung.. Panaaas!

      Delete
  8. Replies
    1. Hahaha itu sepedanya bawa sendiri Roy

      Delete
  9. What? Lala kesana pake sepeda, warbiasaq.
    Masyarakat sana kreatif ya mba, gambar hewannya keliatan hidup.
    Tempat loket parkirnya juga sweet banget, ada bunga dan senyum manis si ibu, walau tempatnya sederhana dan dari kayu, tapi tetep keliatan menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja bawa sepeda buat sepedaan di Lagoi, Eka.. Pas ngeliat hamparan pasir gini minta pulak dia main sepeda :D

      Delete
  10. Keren ya kalo angle fotonya dibagusin. Padahal cuma seuprit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang.. Pinter2 yang moto siih.. Aku ngeliat hasil fotonya Roby, trus Choty keceh2 banget

      Delete
  11. mau kesini dari dulu gak jadi jadi
    hahhaha

    aku tuh suka liat blognya mbak dee itu fotonya
    fotonya bagus...
    itu memang ada untanya ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih ya :)
      Iya Ir, mang ada 'unta' disana :D

      Delete
  12. udah dua kali lewat sini tapi kok nggak kepikiran mampir ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kak.. Dulu2 lewat ya lewat aja.. Tapi akhirnya penasaran juga :D

      Delete
  13. Wahhh berasa di Afrika ya Dee..pengen ke Batam, jalan2 dan ketemu Lalaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dew.. Serasa di Afrika :D ayoook sini ke Batam :)

      Delete
  14. Ini namanya destinasi yang menginspirasi1
    Etapi dari semua binatang, rasanya unta yang paling nendang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya betul kak.. Awalnya memang cuma unta. Tapi lama-lama nambah :D Besok2 ntah ada apa lagi di sini ;D

      Delete
  15. Kalo ini judulnya liburan ke arab nya Indonesia mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya bener. Anggap saja begitu ya :D

      Delete
  16. sampe ada dinosaurus segala pula 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. kreatif banget kan mereka?

      Delete
  17. Replies
    1. Iya mbak lucu... jadi kayak mini zoo :D

      Delete