Meneropong Pesona Teluk Lampung dari Munca

Tuesday, January 17, 2017



Indra mengurangi laju mobil sewaktu melewati ruas jalan R.E. Martadinata. Tak lama kemudian ia pun memilih menghentikan mobil tak jauh dari gerbang Pantai Tirtayasa. Tadi kami sempat salah belok. Mas Yopie yang duduk di sebelah Indra menghubungi seseorang lewat telepon. Mencoba memastikan supaya kami gak salah belok lagi. 

"Putar balik, Om! Nanti kita belok persis di sebelah Panti Asuhan."

Tanpa banyak komentar, Indra putar balik mengikuti arahan mas Yopie. Tak lama kemudian, kami melihat plang nama Panti Asuhan Sholawatul Falah, tak jauh dari tempat kami putar balik tadi. Indra pun membelokkan mobil ke arah kiri, tepat di samping Panti Asuhan. Sepertinya kali ini, kami sudah berada di jalan yang benar.

 Ancer-ancer buat belok ke Bukit Munca

***
Hari itu, 1 Agustus 2016, seharusnya saya balik ke Batam setelah 5 hari jalan-jalan di Lampung. Tapi berhubung pesawat saya reschedule, terpaksa saya harus extend. Dari yang rencananya cuma 5 hari di Lampung, nambah jadi 7 hari. Bukannya galau, saya malah hepi. Itu artinya, saya jadi punya waktu lebih untuk mengenal Lampung. 

Jujur saja, setelah terbuai suasana damai Gedung Batin, terpesona keindahan Air Terjun Putri Malu, terbius pesona Gigi Hiu dan Teluk Kiluan, saya semakin penasaran dengan Lampung  yang ternyata diam-diam menyimpan banyak harta karun ini. Rasanya, tak berlebihan kalau kalimat 'Lampung, the Treasure of Sumatra' disematkan menjadi tagline pariwisata dari provinsi di ujung selatan Pulau Sumatra ini. 

Dan siang itu, saya jalan-jalan ditemani dua blogger keceh asal Lampung. Yaitu mas Yopie Pangkey (www.yopiefranz.com) yang juga pemilik akun @kelilinglampung_ dan Indra Pradya (www.duniaindra.com). Tujuan kami adalah Munca. Sebuah tempat wisata baru yang cukup ngehits di kalangan anak muda Lampung. Kebetulan mereka berdua juga belum pernah ke tempat ini. 

Pesona Munca

Berada di perbatasan antara Bandar Lampung dan Kabupaten Pesawaran, tempat ini cukup mudah dijangkau. Jalan menuju Munca juga cukup mudah untuk ditempuh. Baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tinggal ikuti saja jalan kecil di samping Panti Asuhan Sholawatul Falah yang semakin lama semakin menanjak. Maklum, karena Munca memang berada di atas bukit.

 Kondisi jalan menuju Munca. Foto by mas Yopie

Ternyata tempat ini memang sedang ngehits. Terbukti dengan ramainya pengunjung siang itu. Padahal hari itu bukan hari libur loh. Beberapa pengunjung terlihat masih mengenakan seragam sekolah. Sepertinya mereka sengaja singgah dulu di sini sepulang sekolah.

 Welcome to Munca Teropong Laut

Tiket masuknya cukup murah. Hanya 5 ribu rupiah per orang. Tempat ini dinamakan Munca Teropong Laut. Ada juga yang menyebutnya Muncak. Diambil dari nama desa dimana tempat ini berada. Dari atas bukit Munca, pengunjung bisa menikmati hamparan pesisir Teluk Lampung lengkap dengan pulau-pulau kecil yang masuk dalam teritori Kabupaten Pesawaran. Mungkin karena inilah tempat ini disebut Teropong Laut. Karena dari atas sini, kita bisa leluasa menikmati landscape Teluk Lampung tanpa ada penghalang.

 Pemandangan Teluk Lampung dari Munca

Dengan view yang memanjakan mata, akses yang cukup mudah, dan tiket masuk yang terbilang murah, tak heran kalau tempat ini ramai dikunjungi. Bahkan pengunjung rela antri demi sebuah foto yang pastinya bakal keceh kalo diposting di instagram. Dan lagi-lagi kekuatan media sosial khususnya instagram memegang peranan penting dalam mem-viralkan tempat ini. Tempat-tempat wisata seperti ini belakangan memang semakin marak di Indonesia. Hampir di setiap daerah punya tempat wisata seperti ini.

 Muncak

Salah satu spot untuk berfoto

 Tempatnya cukup asik buat nyantai 

 Cieee yang mojok...

Tak hanya menyajikan spot keceh untuk berfoto, di Munca juga ada kantin yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Tempatnya yang asik dengan semilir angin sepoi-sepoi memang cocok dipakai untuk tempat bersantai. Kebayang gak sih ngobrol sambil ngopi-ngopi di atas situ?

 Kantin di Munca

Akhirnya punya foto keceh di sini. Foto by mas Yopie

Indra Pradya, travel blogger asal Lampung

Kembali ke Munca

Masih di bulan Agustus 2016, beberapa minggu kemudian saya kembali lagi ke Munca. Pada kunjungan kedua ini saya pergi rame-rame ama teman-teman blogger yang diundang Disparekraf Lampung untuk mengikuti event Lampung Krakatau Festival 2016.

Genk TBC was here... :D

Jadi hari itu, sehari setelah kami mengunjungi Gunung Anak Krakatau, kami semua diajak ke Munca oleh mas Yopie. Selang beberapa minggu saja dari kunjungan pertama saya, sudah terlihat beberapa spot berfoto baru di sini.

 Payung warna warni ini belum ada waktu kunjungan pertama saya ke Munca

 Viewnya keceh ya.. Abaikan modelnya hahaha...

Yayan aka Omnduut, travel blogger asal Palembang

Katerina (www.travelerien.com) travel blogger asal Jakarta

Karena akhir pekan, jumlah pengunjung pun jadi lebih ramai. Rasanya susah banget bisa berfoto di salah satu spot tanpa penampakan pengunjung lain. Percayalah, di balik foto-foto cetar yang kami bagi di medsos itu, ada cerita dan usaha yang tak biasa...

 Mau foto tanpa penampakan pengunjung lain itu, susah!

Udah bergaya keceh, tiba2 ada yang muncul di frame itu rasanya nyebelin banget, hahaha..

***

Keberadaan Munca Teropong Laut ini semakin menambah deret panjang tempat wisata yang ada di Lampung. Kalo menurut saya, Lampung ini beruntung dianugerahi paket komplit. Mulai dari gunung, laut, pulau, pantai, kuliner, budaya, sampai wisata kekinian, semua ada. Saya pun merasa beruntung. Karena dalam 2 kali kunjungan ke Lampung, saya ditemani oleh mas Yopie, salah seorang penggiat pariwisata Lampung. Memang sih, saya baru mengunjungi beberapa tempat aja. Makanya saya pengen banget bisa balik lagi ke Lampung. Saya kan belum ke Liwa, belum ke Way Kambas, belum ke Pulau Pisang, belum ke Pahawang.. Aah masih banyak banget yang beluuuum... 

Eh, ngomong-ngomong soal trip ke Lampung, buat kamu yang gak punya temen jalan bareng, kenapa gak coba pakai jasa travel organizer aja? Coba intip Go Vakansi deh. Mereka punya paket open trip ke Pahawang looh.. Bukan cuma ke Pahawang aja sih. Go Vakansi juga menyediakan pilihan paket trip ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Tinggal pilih aja mana yang sesuai dengan keinginan kamu.

 Mau trip kemana hari ini?

Atau mungkin kamu udah punya rencana sendiri? Kenapa gak ambil custom trip aja? Kamu bebas nentuin sendiri liburanmu, sesuai budget yang kamu punya. Pilih tanggal, pilih lokasi, hubungi CS Go Vakansi untuk konfirmasi, bayar, trus tinggal packing deh.. Gak ada minimum person untuk custom trip ini. Jadi mau pergi sendirian atau berdua pun, bakal tetep diurusin ama Go Vakansi. Asik banget kaaan?

Tunggu apa lagi? Let's Fun Let's Go-Vakansi..

 Custom trip bareng Go Vakansi

You Might Also Like

31 komentar

  1. Cakep benar ya Lampung, moga tahun ini ada kesempatan kesana aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dew.. Lampung punya banyak tempat cakep.. Aamiin, semoga tahun ini ada kesempatan kesana ya mbak..

      Delete
  2. beeeh Kalo dengar Lampung...aku selalu terbayang gigi hiu....teluk kiluan.. Btw Govakansi punya paket ke pahawang ?? wah seru ni...secara itu kan pulau untuk snorkeling.. kepoin website go vakansi ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Sarah, Go Vakansi ada open trip ke Pahawang looh.. Pastinya seru dan gak pake ribet. Hehehe.. tunggu ya, tulisan tentang Gigi Hiu bakal nyusul setelah ini.. :D

      Delete
  3. Kemarin cuma sebentar di Lampung, jadi ya gak semoat kemana2. Hiks.

    ReplyDelete
  4. Wah kok aku jadi agak tamvvan gitu ya di postingan ini. Trus kenapa itu Dijah Pink nongol paling atas? hahaha.

    Jujur aja, aku gak puas waktu itu. Ngerasa sebentar dan susah buat foto. Rame banget kan ya. Mungkin ke sana kudu hari biasa.

    Btw, baru tahu juga tentang go-Vakansi (bacanya keinget sama Varanasi hahaha). Keren juga nih situs.

    Mbak Dee hayuk main ke Palembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. soalnya ternyataaaa, fotonya Dijah Pink itu paling banyak di kameraku. Dan entah kenapa juga, posenya selalu keceh hahaha...
      Insya Allah ke Palembang soon.. Pokoknya pengen makan pempek sampek puas hehehe

      Delete
  5. Waaah, teluknya cuantiq tenan inih ... mupeng

    ReplyDelete
  6. Tempat-tempat macam Munca ini banyak banget di Indonesia. Namanya pun macam-macam sesuai dengan kaidah bahasa setempat. Di Banten dan Jawa Barat disebutnya Panenjoan -- (Bahasa Indonesia: Peninjauan), lokasi untuk melihat pemandangan dari suatu ketinggian tertentu. Di kawasan geopark Ciletuh, Sukabumi pun ada.

    Btw, itu Mbar Rien klo lagi ngetrip jadi 'gila' juga tho ternyata :D

    *tutup mata*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, Die.. Tempat-tempat wisata seperti ini banyak banget di Indonesia. Hampir di setiap daerah kayaknya ada deh..

      Eh dirimu belum pernah ngetrip bareng mbak Rien kah?

      Delete
    2. Udah pernah sih .... ke Jakarta.

      Tadinya mau diajak juga ke Lampung sini. Tapi Baim ada jadwal di lain tempat. Hiks :'(

      Delete
  7. Aaahh seruuu seruuuu, jadi kangeeeenn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk.. kapan kita ngetrip bareng lagi, Manda?

      Delete
  8. Suka tempat-tempat wisata kalo bernuansa alam

    ReplyDelete
  9. Aiiih semoga aku bisa ngetrip sama Go-Vakansi ke Pahawang. Aminkan sodara-sodara. 😁😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... Aku juga pengen banget teh.. :)

      Delete
  10. wah jadi pengen main ke Lampung terus mampir buat foto2 di Munca

    ReplyDelete
  11. Wah bisa dicoba ini ya Go Vakansi, apalagi bisa custom trip secara kalau travelling ama anak-anak itu ada aja dramanya. Kan ga enak misal traveling bareng orang banyak.

    ReplyDelete
  12. wahhh keren dan bbagus banget tuh tempatnya... jadi pengen kesana... kapan ya?hhe

    ReplyDelete
  13. Tempatnya bagus buat foto-foto ya mbak. Makin ramai tampaknya. Sayang area parkirnya belum memadai. Belum ada tempat khusus parkir. Masih di pinggir jalan yang sempit dan agak membahayakan karena di pinggir tebing/jurang. Mudah-mudahan nantinya tersedia.

    Sudah beberapa kali ke Lampung, belum pernah ke Pahawang. Pingin juga ngerasaian ngetrip bareng Go Vakansi :)

    Seru jalan-jalan bareng mbak Dian dkk. Moga terulang lagi di lain waktu dan di lain destinasi ya

    ReplyDelete
  14. Ada hikmahnya pesawat reschedule ya..
    btw, aku yang puluhan tahun tinggal di Lampung aja belum sepenuhnya eksplorasi tempat2 bagus di Lampung.
    Kapan ke Lampung lagi?

    ReplyDelete
  15. Terakhir ke Lampung 8 tahun lalu..
    Kapan2 kutulis juga ah..

    Nice story.
    Tfs

    ReplyDelete
  16. keren euym dari dulu banyak baca tentang lampung jadi pingin ke sana

    ReplyDelete
  17. Duh, jadi ingat momen saat aku pengen pose kekinian. Jantungku ke luar mau jumpalitan.
    Serem, bow! Tapi keangkuhanku yang menang, meski sekujur badan gemetaran, narsis kudu dilaksanakan. Bruakakaka...

    Kalau ke Palembang, mau doong ikutan, lalu melirik dompet dalam pelukan.


    ReplyDelete
  18. pingin juga explre kelampung siap baca tulisan mbak dee

    ReplyDelete
  19. Viewnya cakep banget, apalagi pose yang pada poto itu bak potomodel :D

    ReplyDelete
  20. udah lama nih pengin ke lampung,makin banyak tempat yang ngehits lagi

    ReplyDelete
  21. Udah lma ga ke lmpung nih, kmpung nya ibu....
    Liat ini jdi pngen ke lnpung.... 😊😊😊

    ReplyDelete