Pilih Engineer atau Travel Blogger? Kalau Saya sih di-Switch Aja...

Monday, December 05, 2016


"Apa alasan kalian masuk jurusan perkapalan?" Seorang dosen di salah satu perguruan tinggi teknik di Surabaya mengajukan pertanyaan di depan kelas, di hadapan para mahasiswa yang belum genap seminggu menyandang sebutan anak kuliahan. 

"Saya suka laut, Pak." Jawaban polos dari satu-satunya makhluk berjenis kelamin perempuan di ruang itu bikin seisi kelas tertawa, dan sang dosen hanya geleng-geleng kepala. Mungkin sang dosen bingung hendak berkomentar apa. Jawaban mahasiswi itu jelas jauh dari jawaban yang diharapkan keluar dari mulut seorang calon sarjana Teknik Perkapalan. Tapi saya tau, jawaban mahasiswi itu adalah yang paling jujur dibanding jawaban-jawaban cerdas mahasiswa lain. Dari mana saya tau? Tentu saja saya tau. Karena mahasiswi itu adalah... saya. 

***
Foto jaman kuliah, jadi satu-satunya makhluk paling manis di ruang kelas :)

Ucapan adalah doa. Dan Tuhan mengabulkan apa yang pernah saya ucapkan di ruang kuliah, bertahun lalu. Untuk mewujudkan kesukaan saya pada laut, Tuhan menghadiahi saya pemandangan laut setiap hari. Iya, setiap hari dari jendela kantor, saya bisa puas-puasin ngeliat laut. Emang kerjanya apa sih? 

My Job My Adventure

Ini kerjaan saya :)

Saya adalah engineer di salah satu perusahaan shipyard atau industri pembuatan kapal di Batam. Ini sesuai dengan background pendidikan saya di jurusan Teknik Perkapalan. Kerjaan saya lebih banyak di depan komputer, karena berhubungan langsung dengan design atau gambar kapal. Sesekali saja saya turun mengecek ke lapangan, ke workshop, atau naik turun kapal yang masih dalam proses pengerjaan. 

 Eh bajunya bisa nyala.. #norak

Pekerjaan saya memang tidak jauh-jauh dari laut. Beberapa kali saya juga ikut sea trial, untuk menguji performa dan kelayakan kapal sewaktu berlayar di laut. Bagian ini yang paling saya suka. Selain karena itu artinya kapal produksi kami sudah hampir selesai, dengan sea trial saya juga bisa refreshing. Seru loh ikut berlayar selama beberapa jam di laut. Ini yang namanya my job my adventure

 Bisa kerja sambil piknik di tengah laut :D

Selain engineer, saya juga seorang travel blogger. Saya mulai nge-blog sejak tahun 2007. Awalnya cuma sekadar menyalurkan hobi curhat menulis aja. Tapi lama-lama saya merasa keasikan sendiri. Dan akhirnya, sejak dua tahun terakhir ini saya tidak lagi menganggap kegiatan nge-blog cuma sekadar hobi aja. Dan sebagai travel blogger, saya pun menganggap bahwa acara jalan-jalan, menghadiri event atau festival, itu juga bagian dari pekerjaan.

Engineer vs Travel Blogger

Saya menekuni dunia blogging sama seriusnya seperti saya menggeluti dunia perkapalan. Saat ini, kalau disuruh memilih untuk menekuni salah satunya saja, terus terang saya belum bisa. Bagi saya, keduanya merupakan penyeimbang antara otak kanan dan otak kiri. Jadi saya harus bisa membagi waktu antara jadi engineer dan travel blogger. Caranya? Saya harus pandai-pandai switchable me.

Percayalah, saya bisa sampai di tempat ini salah satu alasannya adalah karena saya blogger

Di saat teman-teman kantor saya lainnya asik dengan drama Korea atau bahkan memilih tidur untuk memanfaatkan jam istirahat, saat itulah saya mulai nge-blog. Draft postingan biasanya sudah saya bikin di HP. 

Untuk 1 postingan di blog, kadang saya perlu waktu 2 sampai 3 hari. Kadang malah lebih. Lama ya? Iya. Soalnya saya cuma bisa menulis kalau ada waktu luang aja. Pulang ke rumah saya udah gak ada waktu untuk duduk manis di depan laptop kecuali larut malam kalau anak sudah tidur. Kalau di rumah, profesi saya udah beda lagi. Bukan lagi engineer dan travel blogger, tapi mamah muda ibu rumah tangga yang kerjaan utamanya ngurus anak dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Maklum, kami gak dibantu ART, jadi semua kami kerjakan berdua, saya dan suami. 

Karena di rumah, jarang bisa leluasa buka laptop, saat ini saya lebih suka membuat draft tulisan di HP, karena bagi saya itu lebih praktis. Laptop ACER Aspire milik saya ukurannya terlalu besar dan cukup berat untuk dibawa kemana-mana. Dengan HP, saya bisa ngedraft tulisan di mana aja. Sambil nunggu bus jemputan kantor, di dalam bus, bahkan sambil nungguin cucian. 

***

Sebagai travel blogger, beberapa kali saya mendapat kesempatan jalan-jalan gratis. Ada yang karena hadiah sebagai pemenang lomba blog, ada juga yang merupakan undangan dari instansi atau brand. Sebagai karyawan dengan jatah cuti terbatas, undangan jalan-jalan itu kadang bikin saya dilema. Selama ini sih bos di kantor selalu kasih ijin. Cuma ya gitu, kerjaan di kantor harus beres. Dan jangan protes kalau sewaktu-waktu ditelepon suruh ngecek email kerjaan. 

 Traveling ke Lombok karena menang lomba blog

Ini juga yang kadang bikin dilema. Mau traveling bawa laptop, berat. Tapi kalau gak bawa, nanti jadi gak bisa kerja. Beberapa kali akhirnya saya memilih untuk tidak membawa laptop, dan hanya mengandalkan HP untuk berkirim email kerjaan. Seperti waktu mengikuti Lampung Krakatau Festival beberapa waktu lalu. Saya sengaja tidak bawa laptop karena alasan berat dan pastinya ribet. Tapi ternyata saat itu ada email kerjaan berisi drawing yang harus saya cek. 

Email bisa saya buka lewat HP. Tapi setelah email terbuka saya tidak bisa melakukan apapun, karena di HP saya tidak ada applikasi untuk membuka file AutoCAD. Terpaksa saya minta bantuan teman di kantor untuk meng-convert file tersebut dalam bentuk pdf agar saya bisa mengeceknya lewat HP. Ribet ya? 

Acer Switch Alpha 12 untuk Kamu yang Mobile

Sebenarnya gak ribet, kalau saja saya sudah mengenal yang namanya Acer Switch Alpha 12. Ini merupakan inovasi terbaru dari Acer berupa notebook hybrid 2in1 pertama yang menggunakan teknologi LiquidLoop, yaitu sistem pendingin tanpa kipas. Notebook ini diciptakan bagi siapa pun yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Perangkat ini dapat dengan mudah di-switch dari notebook menjadi tablet atau sebaliknya, disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ada beberapa fitur unggulan dari Acer Switch Alpha 12 ini yang bikin saya naksir berat. Mau tau apa aja?

 5 Fitur Unggulan Acer Switch Alpha 12

Processor Intel Core i Series

Processor Intel Core i Series generasi ke-6 yang disematkan pada notebook Acer Switch Alpha 12 ini memiliki kinerja yang handal namun hemat energi. Pastinya mendukung banget untuk pekerjaan kita sehari-hari, terutama buat yang memiliki mobilitas tinggi dan sering harus switch dari profesi satu ke profesi lainnya. 

Teknologi Acer LiquidLoop

 Teknologi Acer LiquidLoop, sistem pendingin tanpa kipas

Seperti yang sudah saya singgung sedikit tadi di atas, inovasi terbaru dari Acer ini adalah menggunakan teknologi LiquidLoop, yaitu sistem pendingin tanpa kipas. Sebagaimana kita ketahui, kipas pada notebook itu diperlukan untuk mencegah terjadinya overheating. Tapi biasanya, kipas konvensional ini suaranya berisik dan cukup mengganggu kita yang perlu konsentrasi dalam bekerja. Nah, teknologi LiquidLoop ini mengandalkan pipa berisi cairan pendingin untuk menstabilkan suhu processor Intel Core i Series secara optimal. Karena tanpa kipas, otomatis tidak ada suara berisik yang ditimbulkan. Jadi kita bisa kerja dengan tenang.

Desain Slim, Light dan Fleksibel

Bagi kita yang mobile, tentunya bakal hepi kalau ada perangkat notebook yang bobotnya ringan, dengan desain yang slim dan fleksibel. Nah Acer Switch Alpha 12 ini adalah jawabannya. Dengan bobot yang hanya 1.25 kg pastinya gak bakal bikin pegel punggung kalau harus dibawa kemana-mana. Iya kan?

 Notebook 2 in 1 yang fleksibel

Acer Switch Alpha 12 ini juga fleksibel banget. Desainnya memang switchable, artinya mudah untuk di-switch dari mode notebook ke tablet ataupun sebaliknya. Cocok buat orang-orang seperti saya yang sering terpaksa harus bisa menulis kapan dan di mana pun. 

Transfer Data Cepat

Acer Switch Alpha 12 ini menggunakan port USB type-C dengan USB 3.1 gen 1. Dengan port tersebut kita bisa mentransfer data dengan kecepatan hingga 5 Gbps. Ini bisa 10 kali lipat lebih kencang dibanding kalau menggunakan USB 2.0 looh.. Asik banget kan?

 Transfer data lebih cepat dengan USB type-C

Acer BlueLight Shield, Melindungi Mata dari Radiasi

Profesi saya mengharuskan saya untuk berlama-lama menatap layar komputer. Pastinya ini gak bagus buat kesehatan mata saya. Nah, Acer Switch Alpha 12 ini pengertian banget, karena sudah dilengkapi dengan fitur BlueLight Shield, yang mampu melindungi mata kita dari paparan emisi cahaya biru yang menyebabkan mata lelah dan kering. 

Dengan adanya BlueLight Shield ini, pastinya gak khawatir lagi meski harus berlama-lama menatap layar komputer. 

***

Swear saya naksir banget ama Acer Switch Alpha 12 ini. Notebook kayak gini yang emang saya impi-impikan untuk menunjang kerja saya sebagai engineer juga travel blogger. Performanya emang cocok buat mereka yang multi tasking kayak saya..

Sekarang udah gak penasaran lagi kan, bagaimana suka duka saya switch dari profesi satu ke profesi lainnya. Ribet ya? Enggak juga. Karena saya menikmatinya dan menjalankannya dengan bahagia. Jadi, kenapa harus mengorbankan salah satu profesi atau hobi kalau kita bisa menjalankan semuanya secara bersamaan? It's time to switchable me..

http://funblogging.web.id/acer-switchable-me.html

You Might Also Like

62 komentar

  1. Merupakan kebahagiaan tersendiri jika keduanya bisa dilakukan..antara hoby yang menghasilkan kepuasan hati dan pekerjaan tetap yang hasilnya ditunggu pasti setiap bulannya..heheheh BTW Desain Acer nya bagus ya...apalgi punya pelindung mata dari cahaya.. keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Sarah, senengnya dobel-dobel ya :) Saya juga naksir ama si Acer Switch Alpha 12 ini :)

      Delete
  2. wuih kerennn kali lah mba dee ini, bisa ngatur waktu sedemikian rupa buat keluarga, buat karier sebagai enginer dan hobby nya sebagai penulis dan pejalan makin ngefans eaaa. BTW itu laptop keluaran terbaru ya mba, keceh yah dari penampilannya aja keliatan canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang keteteran juga kok, Sad :D tapi emang karena ngejalaninnya hepi, jadi yaaa gitu deh :)
      Iya Sad, keceh ya notebooknya. Aku juga naksir..

      Delete
  3. Bu travel engineer kesayangankuuuu....kamu seindah dan secanggih Acer *mata lope lope

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiiih.... sayangnya aku nggak se-slim si Acer Switch Alpha 12 ini yaa :D

      Delete
  4. enginer, mahmud, blogger :D
    kalo gw: karyawan, jones :( *pilu kakak...pilu*

    ReplyDelete
  5. Sama mbak, bawa badan dah berat ditambah laptop jadul yg nggak kalah berar. Butuhh laptop hybrid gini, biar lebih ringkas, ringan dan asyik buat kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbaaak... body udah berat, jangan ditambah lagi sama berat beban lainnya yaa :D

      Delete
  6. Baca posting ini rasanya jadi butuh laptop hybrid hihihihihi...

    Cocok nih buat saya yang kadang kerja, kadang ngeblog hehehehe...

    Btw baju kerjanya yang nyala keren kok mbak :D

    ReplyDelete
  7. Mana foto pake dasternya? harusnya bikin meme #MahmudChallenge mbak hahahaha.

    Kalo ibukku di rumah bisanya bikin kapal selam "doang" lha ini mbak Dee bikin kapal beneran. Kece bana bana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayaaaan... Aku malah lebih suka kapal selam dari Palembang ituu. Swear!

      Delete
  8. salut banget sama, mbak de bisa menyeimbangkan antara kerjaan dan hobi plus jadi mahmud juga,, Btw si acernya kerem banget yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kadang keteteran juga kok.. tapi dinikmatin aja :)
      Iyah. Acernya keren. Aku juga naksir..

      Delete
  9. Buah memang jatuh tak jauh dari pohonnya ya! Kan nenek moyangnya seorang pelaut :)

    ReplyDelete
  10. Oh, men! Pantas saya heran ternyata ini penyebabnya mbak Dian suka traveling eh nggak nyambung ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disambung-sambungin aja Bai, biar nyambung :D

      Delete
  11. buatin aku kapal donk mba..yg bisa melayari hatimu hahaha...btw mba dee keren ya..semoga menang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aisshh... kita layar ke Anambas yuuuk :D

      Delete
  12. Dapat info baru deh, baru tahu yg namanya laptop hybrid. Praktis euy, dibawa kemana-mana. Kudu masuk dalam daftar yang pengen dibeli berikutnya, nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini juga udah masuk wish list.. Mupeng euy...

      Delete
  13. Seruuuu ya bisa jalanin profesi sekaligus hobi.. keren mba Dian. Eh btw, di foto yg pake warepack yang bisa nyala, mba Dee kurusan ya? *eh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. itu foto kapan ya Chay? Atau mungkin itu efek dari lampu di bajunya ya? huahahaha

      Delete
  14. Uwow anak kapal, keren banget mbaknya :) langka bgt emang perempuan ambil jurusan itu, sukses mba mampir jg yu k blogku, ikutan lomba acer jg ni hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perempuan jadi makhluk langka kalo di kapal :) Makasih ya udah mampir sini.. Salam kenal..

      Delete
  15. Diaannnn..ternyata basic kita sama2 teknik yaa... cuma cita-citaku gak kesampaian, malah kecemplung jadi birokrat. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah mbak Wid anak teknik juga toh? Toss! Gpp mbak, nyemplung jadi birokrat.. Ilmu dan wawasannya jadi lebih luas kan?

      Delete
  16. Aku malah nggak pernah kebayang hidup di sekeliling laut dan sehari-hari dekat dengan laut karena dari kecil dikelilingi gunung dan gunung haha. Mahmud kece dan produktif. 4 Jempol deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, aku gak nyangka juga bakal tinggal deket-deket laut begini, hahaha... Tapi seru juga sih ternyata...
      Makasih teteh keceh..

      Delete
  17. Cie yang makhluk paling manis di kelas :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya paling manis, soalnya yang lainnya cowok semua... :D

      Delete
  18. Pekerjaan yang sesuai dengan kesukaan emang asyik banget. Membuat pekerjaan pun jadi menyenangkan.

    ReplyDelete
  19. My job my adventure, ini taglinenya sejuta makna. Hai pecinta warna hitam, jadi apa aja, sukses selalu ya mba Dee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih Manda..
      Manda juga ya, sukses selalu :*

      Delete
  20. Wuih... Asyik banget tiap hari liat laut. Bisa sering liat sunset n sunrise. Liburan pun g perlu ke laut lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburannya pengen ke sawah ama gunung... di sini ga ada sawah ama gunung soalnya:D

      Delete
  21. Keren nih... Engginer yang Ngeblog.
    jadi tertarik ama acer nya nih...
    beli ah... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. saya juga naksir berat ama Acernya :)

      Delete
  22. Wah, manta keren deh Acer Switch Alpha 12 ini. Gak ribet kalo dibawa dan aplikasinya mantap ngerjain tugas kantor. Siip.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget.. Gak ribet buat dibawa kemana-mana..

      Delete
  23. Asyik ya mbak bisa melihat laut suka suka,kapan aja. Senang Kalo bisa berfungsi ganda seperti Acer switch alpha 12, sambil mengerjakan kerjaan ngelanjutkan hobi. Atau kebalikannya juga bisakan #Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak.. kesampaian hari-hari tengok laut :D
      Iya, senang juga kalo kerjaan ama hobi bisa saling switch kayak Acer switch alpha 12 ini :)

      Delete
  24. Replies
    1. Makasih Robbi... Ini cuma curhat kok hahaha..

      Delete
  25. Asyik banget lho kalau cuma sendiri di dalam kelas, pasti disayang ya, kakaa...

    Aku juga naksir berat nih sama Acer Switch Alpha 12 ini. Fitur unggulannya itu, melelehkanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. disayang dosen dan temen-temen sekelas hahaha...
      Sama kak, aku juga naksir berat ama si Acer switch alpha ini

      Delete
  26. 3 peran sekaligus, selagi masih bs di jalanin knp ga ya mbak, keren ih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya keteteran juga sih Yan... Tapi dinikmatin aja :)

      Delete
  27. asyik ya bisa jalan jalan terus ... apalagi gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe enakan bisa jalan2 kauak Ahmad ah...

      Delete
  28. Udah lama juga yaa ngeblog dari 2007, zaman segitu aku masih SMU kak #laluDigampar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMU?? Kemaren ngakunya masih SMP? Gimana sih... :p

      Delete
  29. Saya juga naksir sama #switchableme ala Acer Switch Alpha 12 :D Keren ulasannya Mbak Dee!

    ReplyDelete
  30. wah.. seru juga, ditengah kesibukan jadi seorang engineer. masih sempat ngeblog.. ditambah lagi masih bisa jalan jalan dan jadi seorang petualang.. keren...

    ReplyDelete
  31. saya pingin jadi petani yang bisa switch jadi travel blogger :)

    ReplyDelete
  32. kelihatannya quote "choose a job you love, you will never have to work a day in your life" bener-bener teraplikasikan di kehidupan travellingnya mbak ya hehehe

    ReplyDelete