Main Air di Saygon Waterpark

Friday, November 18, 2016

saygon waterpark, waterpark, wisata pasuruan, waterpark pasuruan

Yang namanya bocah, emang paling seneng kalo diajak main air. Waktu mudik ke Surabaya bulan September lalu, para krucils (anak plus ponakan) kompakan ngajak main air di Saygon Waterpark. Wahana permainan air yang berada di Pasuruan ini baru dibuka pada bulan Juni tahun 2015 lalu. Jadi masih terbilang baru. Dan kebetulan kami belum pernah nyoba main di sana. 

Di hari Sabtu yang gak bisa dibilang cerah itu kami berangkat sedikit kesiangan. Rencana berangkat jam 8 pagi dari Surabaya, biar bisa puas main air, molor jadi jam 10. Plus ada kejadian dodol salah keluar tol. Dari Sidoarjo, niatnya mau lewat tol ke arah Malang, lah kok bisa-bisanya malah ambil jalan ke arah Surabaya. Dan dodolnya, semua yang ada di dalem mobil itu gak ngeh saking serunya ngobrol dan cerita-cerita. Jadinya putar balik lagi ke jalan yang benar. Dan itu artinya, kami semakin lama di jalan, hehehe... 

Akhirnya kami sampai di tujuan pas jam makan siang. Sebenarnya, lokasinya Saygon Waterpark ini cukup strategis dan mudah dijangkau karena berada di jalur Surabaya-Malang. Kalau dari arah Surabaya, setelah keluar tol Pandaan, terus aja ambil jalan ke arah Malang. Perhatiin aja papan petunjuk arah, lokasinya ada di sebelah kiri jalan. Pokoknya sebelum Kebun Raya Purwodadi. 

 SAYGON

Sepotong Kisah dalam Sepiring Nasi

Berhubung sudah masuk jam makan siang, dan perut juga udah keroncongan, jadi kami cari makan dulu. Pas banget di parkirannya Saygon Waterpark banyak warung nasi. Kami pun menuju ke salah satu warung. Pilihan menunya cukup beragam. Sambil makan kami banyak ngobrol dengan ibu pemilik warung.

"Waterpark ini milik Haji Roeslan," si ibu membuka cerita. Kami pun asik menyimak sambil menikmati makan siang. Haji Roeslan yang dimaksud si ibu adalah seorang pengusaha sukses yang lahir dan besar di Purwosari. Beliau sengaja membuat waterpark di Pasuruan ini supaya warga sekitar gak perlu jauh-jauh lagi kalau mencari hiburan. Selain itu tentu juga bisa jadi lahan rejeki bagi warga sekitar. 

 Ada pesawat dan truk di waterpark

Para krucils tentu sudah gak sabar pengen buru-buru main air. Jadi begitu selesai makan langsung pada ngacir ke waterpark. Terpaksa acara ngobrol-ngobrol seru ama ibu pemilik warung harus disudahi.

Welcome to Saygon Waterpark

Setelah membayar tiket seharga Rp 50.000/orang, kami pun langsung masuk ke dalam waterpark. Harga Rp 50.000/orang itu untuk weekend. Kalau weekdays harga tiketnya Rp 35.000/orang. Untuk anak-anak di bawah 90 cm gratis. Kemaren si Lala dikasih free ama mas-mas penjaganya. Padahal tingginya udah lebih dari 90 cm. Hehehe makasih ya mas :D

 Gelang tanda masuk

Poto bareng :)

Yang bikin Saygon Waterpark ini berbeda dari waterpark-waterpark lainnya adalah keberadaan pesawat boeing 737 di area kolam bermain. Itu adalah pesawat asli yang sudah habis masa terbangnya pada akhir Januari 2015 lalu. Sengaja diboyong ke Pasuruan oleh ownernya buat melengkapi wahana-wahana di waterpark ini.

 Ada pesawat di kolam berenang

Pengunjung bisa naik ke pesawat ini dengan membayar tiket seharga Rp 20.000/orang. Begitu masuk, para krucils pengen nyoba naik ke pesawat. Apalagi waktu dibilangin ama seorang petugas, kalo bisa masuk ke bagian kokpit dan mencoba simulator menerbangkan pesawat. Tapi ternyata ada jam-jam tertentu untuk mencoba wahana yang satu ini. Sementara para krucils juga udah gak sabar pengen nyebur. Jadi daripada nunggu, mending nyebur dulu deh. Nanti masuk pesawatnya sebelum pulang aja. Ok, deal. Para krucils langsung hepi. Gak pake aba-aba lagi, semua langsung kompakan nyebur. 

 Yang pada gak sabar pengen nyebur...

Yang penting mereka hepi... :D

Wahana air di Saygon Waterpark ini cukup lengkap. Selain kolam dengan seluncuran dan ember tumpah, juga ada water slide, kolam arus, kolam ombak, dan kolam olympic yang memang disediakan untuk lomba renang. 

 Banyak tempat buat main air

 Ada banyak water slide

Banyak seluncuran 

Kolam ombak

Menunggu Ombak Datang

Yang paling seru di sini adalah kolam ombak. Tiap beberapa jam sekali kolam ombak dimulai. Durasinya cuma sekitar 15 menit aja. Jadi selama kolam ombak berlangsung, para pengunjung yang bermain diwajibkan menggunakan pelampung. Seru banget sewaktu tiba-tiba datang deburan ombak seperti di laut, dan para pengunjung terayun-ayun bersama pelampungnya. Kalo waktunya habis, air kolamnya balik tenang lagi seperti biasa. 

 Menunggu ombak datang

Kolam ombak ini merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Jadi begitu diumumkan lewat pengeras suara bahwa kolam ombak akan segera dimulai, para pengunjung la gsung bersiap-siap dengan pelampungnya menunggu datangnya ombak. Asli seru banget!

Gagal Naik Pesawat

Lagi asik-asiknya para krucils main air, dari pengeras suara terdengar pengumuman bahwa wahana pesawat sudah dibuka, dan itu adalah sesi terakhir. Gak jadi deh tour pesawat sambil main-main ke dalam kokpit. Tau sendiri kan gimana para krucils itu kalo udah main di waterpark begini? Pastinya gak ada yang mau berenti.. Akhirnya kami sekeluarga yang jadi pengunjung terakhir hari itu. 

 Sampe udah gak ada orang lain...

Abis ganti baju, si Lala nagih naik pesawat. Hahaha... #tepokjidat

***
Saygon Waterpark ini cukup asik. Tapi karena lahannya gak terlalu luas, sepertinya kalo pengunjung lagi banyak bakal umpel-umpelan juga ya. Untungnya waktu kami kesana, pengunjungnya gak terlalu rame. 


But Ok lah. Apalagi wahana dan fasilitasnya cukup lengkap juga. Ada mushola, food court, ATM, dan penginapan. Iya, ada penginapannya juga looh.. Namanya Saygon Inn. Harga kamar type standard Rp 350.000 untuk weekdays dan Rp 450.000 untuk weekend. Ada juga type family room. Harganya Rp 400.000 untuk weekdays dan Rp 500.000 untuk weekend. Harga sudah termasuk sarapan dan tiket masuk waterpark

 Saygon Inn.. Terasnya doank...

Oiya, buat kamu yang mau main dan cobain wahana-wahana di Saygon Waterpark, jangan datang hari Senin ya.. Soalnya setiap hari Senin mereka libur. 

Bonus pemandangan ini waktu pulang :)

Saygon Waterpark
Sengon - Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
Telp: 0343 - 6755 888, 6755 999

You Might Also Like

37 komentar

  1. Seru habis. Jadi pengin nyobain sama ponakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain.. siap-siap aja ponakannya gak mau diajak pulang ya.. hehehe

      Delete
  2. Mbak, itu kalo nginep sekeluarga, gratis tiketnya buat berapa orang? Hihihi, pingin ajakin anak-anak ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejumlah yang nginep Nis.. Kalo kamu nginep sekeluarga ya berarti bisa gratis semua tuh.. Asma sama Ilmi kan masih bisa free :)

      Delete
  3. Aiman bakal gak mau pulang nih kalo kolamnya seru banget. Pasti juga minta naik pesawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Wan.. aku nyesel banget kemaren gak sempat naik pesawatnya.. Anak-anak juga masih penasaran...

      Delete
  4. Penasaran dengan kolam ombaknya. Pasti seru tuh kalo terombang-ambing di sana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget.. Cuma 15 menit, dan gak setiap saat, makanya ditunggu-tunggu banget..

      Delete
  5. Gak terlalu jauh dari Malang nih, bisa dijadikan tempat refreshing pas weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget.. Lumayan buat alternatif liburan keluarga

      Delete
  6. Seru deh banyak seluncurannya di sana. Penasaran ma pesawatnya. Jagoanku pasti bakal suka kalo diajak ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga sampe sekarang masih penasaran ama pesawatnya.. Penasaran ama ruang kokpit hehehe

      Delete
  7. Kok bisa muter-muter gitu sih jalannya? Efek keasyikan ngobrol tuh. Tapi terobati pas datang ke lokasi kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya, saking asiknya ngobrol sampe gak ngeh semua :D

      Delete
  8. Asik dapat 1 tiket free. Mau ke sini juga ah kalo kantor libur. Siapa tahu bisa dijadikan bahan tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya belum banyak deh yang nulis tentang tempat ini, padahal tempatnya asik looh :)

      Delete
  9. Pesona lala tlah menghipnotis oom yang jaga, akhirnya lala masuk nya free...hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. mungkin karena body dia yang imut itulah kak, makanya oomnya kasih free aja buat dia

      Delete
  10. Ah serunya main air. Kepengin juga tapi anak-anak lagi nggregesi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga cepet sembuh anak2nya mbak.. Biar bisa diajak cebur2an :)

      Delete
  11. Dari di Siak sampe dah pindah ke Subang,gagal terus ngajak anak main air...seru ya mbak,unik ada pesawatmya

    ReplyDelete
  12. Seruuuunya main air ya Lala... duuuh senangnya..
    Waah, ntar main ke Pasuruan, mampir sini ah...basah2 manja say eh di Saygon.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk tante Chaya.. kapan lagi mau cebur2an ama Lala?

      Delete
  13. Wah seru banget mainnya Lala
    Btw itu pesawat nangkring manis disitu, jadi daya tarik tersendiri memang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Arni.. pesawat itu jadi salah satu daya tarik wahana ini..

      Delete
  14. ownernya baik banget ya..bangun untuk orang daerahnya biar bisa nikmati keseruan waterpark juga...btw.gimana boyong pesawat segede gitu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih itu pesawat dibagi jadi beberapa bagian, trus dibawa pake kontainer, soalnya ijin terbangnya sudah habis. Sampe Pasuruan baru disatuin lagi potongan2nya.. Kalo diperhatiin jelas, emang kelihatan sih bekas las-lasannya..

      Delete
  15. udah lama banget aku belum main air lagi di waterpark, dirimu jauh juga ya mbak ngebolangnya, suka sama ending pemandangannya

    ReplyDelete
  16. Namanya kok malah mengingatkanku pada Saigon ya hihiiii.. padahal ga ada hubungannya ya. Itu unik loh ada ombak2nya, klo water park kan biasanya cuma kolam arus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Saygon yang ini katanya pledetan dari kata Sengon mbak, nama desa tempat wahana ini :D

      Delete
  17. Kreatif ya, bisa ngenalin ke anak2 alat transportasi. Dan tentunya jadi seru karena bisa nginap berbonus waterboom, yeaaaay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Manda.. Hepi2nya dapet, nambah pengetahuan juga :)

      Delete