Gedung Gonggong dan Parade Kapal Hias Meriahkan Puncak FBK 2016

Monday, October 31, 2016


Ribuan manusia memadati kawasan tepi laut Tanjungpinang. Sabtu 29 Oktober 2016 lalu merupakan puncak dari acara Festival Bahari Kepri 2016. Sebuah festival yang dihelat sebagai bagian dari rangkaian event Sail Karimata 2016. Acara yang berlangsung sejak tanggal 20 Oktober ini tak hanya menarik perhatian warga Tanjungpinang. Tapi juga wisatawan dari luar kota bahkan manca negara.

Peresmian Gedung Gonggong

Pada malam itu juga, sebuah landmark yang pastinya akan menjadi kebanggaan warga Tanjungpinang diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Semua mata tertuju pada satu bangunan unik berbentuk gonggong yang berada di tengah-tengah Taman Laman Boenda. Itulah Gedung Gonggong. Bangunan baru yang akan menjadi salah satu icon pariwisata Tanjungpinang.

Gedung Gonggong

Dipilihnya gonggong sebagai bentuk dari bangunan ini tentunya bukan tanpa alasan. Gonggong adalah hidangan laut sejenis siput yang merupakan primadona di wilayah Kepri. Tak hanya lezat, hidangan laut yang satu ini juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram gonggong, terdapat 4,1% karbohidrat dengan nilai gizi 1,4 kalori, 31,19 protein dengan nilai gizi 124,8 kalori, dan 24,9% lemak dengan nilai gizi 224,1 kalori (sumber: dinkesbabar.org). 

Gonggong ini memang dengan mudah bisa dijumpai di perairan Kepri. Tak heran kalau akhirnya dijadikan simbol atau ikon pariwisata di sini. Mulai dari souvenir, hingga motif batik. Dan kini, dibangun sebuah gedung berbentuk gonggong. Gedung Gonggong ini akan difungsikan sebagai pusat informasi pariwisata di Tanjungpinang.


Bentuk gedungnya yang unik pasti akan jadi spot foto yang menarik. Terlebih saat malam hari. Cahaya lampu warna-warni yang berpendar membuat tampilan Gedung Gonggong pun jadi berubah-ubah warna. Cantik. 

Parade Kapal Hias

Pesta kembang api meriahkan malam puncak FBK

Tak hanya peresmian Gedung Gonggong, malam puncak acara Festival Bahari Kepri juga dimeriahkan oleh parade kapal hias. Ada 88 kapal hias yang ikut serta memeriahkan parade yang diberi nama Festival Sungai Carang ini. Pesertanya terdiri dari perwakilan kampung, kabupaten dan kota di Provinsi Kepri, instansi pemerintah, perusahaan BUMN, juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kepri. Kawasan laut Tanjungpinang malam itu benar-benar penuh warna.

Laut Tanjungpinang penuh warna

Sebagai provinsi yang merupakan pintu gerbang wisata bahari, sudah seharusnya Kepri menampilkan atraksi wisata yang seperti ini. Kental dengan nuansa bahari, namun tak menghilangkan unsur budaya Melayu-nya.


You Might Also Like

23 komentar

  1. Aku baru lihat saat proses pengerjaannya aja. Ternyata cakep bentuk jadinya, ditambah lampu-lampu yang menyinari saat malam.
    Ngarep banget bisa ke Tanjungpinang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke Tanjungpinang lagi mas.. Ada satu warung kopi yang recommended. Kayaknya kemaren mas Yopie bum kesana deeh...

      Delete
  2. Replies
    1. Eh tetangga :)
      Salam dari Batam yaaaaa

      Delete
  3. Asas keren gedungnya,bakal nul yg salvo disana^^

    ReplyDelete
  4. Gedungnya kece ya mbak, kyk landmark luar negeri.

    ReplyDelete
  5. Bagus banget, semoga besok Kalo jadi ke Anambas bisa mampir ke Tanjung pinang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa nyobain gonggong juga yaaa :)

      Delete
  6. ih keren sekali nih acara dan gedungnya unik , malam hari lihat kapal hias begini jadi mau lihat juga ke sana

    ReplyDelete
  7. Cahaya lampunya bikin gedungnya makin indah. Keinget gedung keong yang ada di Jakarta, tapi yang ini jauh lebih kece :D

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini Yan.. Main ke Kepri lagi. Kemaren belum sempat ke Bintan kan?

      Delete
  8. Wih keren sekali yak.... itu mantab banget....
    perlu dicoba nih ke rip selanjutnya...

    ReplyDelete
  9. pas malam peresmian ini kami pulang cuma buat mandi doang, eh setelah mandi malah mager: malas gerak, nyesel deh skrg, dapat acaranya pas pidato2 doang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami udah gak inget mandi kak :D
      Tengah malem sampe hotel baru pada mandi... :D

      Delete
  10. luar biasa sekali gedung gonggong ini, memang pantas menjadi icon kepri

    go go go #jelajahkepri #bukubloggerkepri #bloggerkepri #visitkepri #gedunggonggong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah. Suka banget ngeliat bentuk bangunannya :)

      Delete
  11. Sayang banget gak bawa kamera satu lagi yang bisa nge zoom perahu hias meskipun jaraknya jauh. Hasil hunting kemaren banyak yang blur huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kukirain teteh bawa kamera yang itu.. Pasti keren tuh buat foto-foto kapal hiasnya. Hasil fotoku juga banyak yang blur. Untung sempat naik ke atas itu. Dari situ baru dapet hasil foto yang lumayan..

      Delete
  12. Meriah banget mbak festivalnya. Suka lihat gedung gonggongnya. Ikonik sekali. Pingin juga suatu saat nonton festival kepri

    ReplyDelete