ASUS Incredible Race | Dari Pokemon Go Sampai Tari Bali

Tuesday, September 13, 2016



Together we can face any challenges as deep as the ocean and as high as the sky - Sonia Gandhi

Dalam rundown yang dikirimkan ASUS bersamaan dengan undangan, tertulis acara di hari kedua dalam rangkaian ASUS Zenvolution Launch adalah Incredible Race. Sebaris pesan pun dikirimkan lewat email agar para undangan juga tak lupa membawa sepatu lari/sneaker. Nah loh! Kami pun mulai kasak kusuk penasaran. Jangan-jangan bakal diajakin Bali Run niih.. *grin

***

Hari Kamis, 8 September 2016 pagi, saya dan Oline turun ke restoran yang ternyata berada persis di tepi kolam renang. Duh! Pagi-pagi begini ngeliat kolam renang bawaannya pengen nyebur aja deh, hehehe...

Restoran sudah rame dipenuhi undangan ASUS yang pagi itu kompak pake kaos warna putih bertuliskan ASUS Incredible Race. Wajah para peserta yang semangat berbanding terbalik dengan wajah langit yang terlihat muram. Kawasan Nusa Dua Bali pagi itu diselimuti mendung. Bahkan sempat turun hujan sebentar waktu kami sedang sarapan. Pihak panitia rupanya sudah memperkirakan hal ini. Karena itulah semua peserta dibekali jas hujan yang dibagikan malam sebelumnya. Sekali lagi saya acungi jempol untuk panitia event ini.

 Sarapan dulu biar kuat menghadapi kenyataan

Jam 8.30 WITA semua peserta sudah harus berkumpul di Hotel Inaya Putri Bali yang merupakan start point ASUS Incredible Race. Jadi abis sarapan, kami pun buru-buru berangkat. Naik apa? Jalan kaki doonk.. Ya, itung-itung pemanasan sebelum race.

Jalan pagi dengan cuaca yang mendung menggoda itu asik banget. Apalagi kalo jalannya rame-rame dan ngelewatin banyak spot dan objek yang cekrek-able. Jadinya jalan lima langkah cekrek, lima langkah cekrek lagi, gituuuu terus sepanjang jalan. Yaa, kan sekalian nyobain kameranya Zenfone 3 yang ternyata emang bikin nagih.

 Nemu payung di jalan aja bawaannya pengen moto :D

 Jalan dikit cekrek.. Foto pinjem punya Evrina

Incradible Race, Cara Asik Buat Kenalan ama Zenfone 3

Buat yang masih penasaran apa itu Incredible Race, saya kasih tau deh... Incredible Race ini sebenarnya adalah cara asik untuk lebih mengenal fitur-fitur yang ada dalam Zenfone 3. Kenapa saya bilang cara asik? Karena ASUS mengemasnya dalam sebuah variety games yang seru.

Jadi akan ada 10 station yang tersebar di kawasan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) yang harus didatangi oleh para peserta, yaitu Low Light Station, Design Station, Performance and Battery Station, Long Exposure 32 Station, Display Station, Sonic Master Station, EIS Station, HDR Station, OIS Station, dan 4K Station. Kira-kira udah kebayang belum bakal disuruh ngapain aja di station-station itu?

Nah di tiap-tiap station ini nanti akan ada tugas-tugas yang harus diselesaikan. Dan semua tugasnya berkaitan dengan fitur-fitur yang ada di Zenfone 3. Makanya dalam Incredible Race ini, semua peserta wajib membawa Zenfone 3 yang sudah dibagiin waktu acara launching Zenvolution kemaren. Kami semua memang dibekali Zenfone 3 beserta starter pack Simpati yang sudah terisi paket data aktif. Pokoknya tinggal pake deh...

 Zenfone 3 buat bekal ikutan Incredible Race

Untuk menyelesaikan tugas-tugas di semua station Incredible Race ini, para peserta dibagi dalam kelompok-kelompok. Saya bersama Oline, Evrina, Aldy Terren, kang Didno, mbak Widyanti, Afifah dan 13 orang lainnya dari media kebagian tim 23 dalam Incredible Race ini. Yess, 20 orang dari berbagai daerah di Indonesia, berbagai latar belakang profesi, dan berbagai lapisan umur, hehehe.. *langsung sungkem ke bu Hesma. Kami ber-20 ini akan ditemani oleh Nathalie yang bertugas sebagai fasilitator untuk tim 23. Sebagai kepala suku ketua tim, kami mendaulat Kang Didno.

 Tim 23 sebelum berangkat.

Setiap berhasil menyelesaikan tugas di station, tim akan mendapat poin. 1 poin nilainya Rp 100.000. Poin tertinggi di setiap station adalah 20. Dan tau nggak, ASUS sudah menyiapkan hadiah cash dengan total Rp 109.000 untuk Incredible Race ini. Wow!

Incredible Race gelaran ASUS ini juga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori "Permainan dengan Jumlah Peserta Terbanyak oleh Perusahaan IT". Emang gokil beneran deh ASUS ini!

Sebelum berangkat, masing-masing peserta dibekali dengan voucher makan siang senilai Rp 150.000 yang berlaku di 10 restoran yang ada di kawasan Bali Collection. Trus juga dikasih voucher air mineral dan minuman isotonik yang bisa ditukar di pos-pos yang bakal dilewati sewaktu race. Dan masih ditambah uang saku sebesar Rp 50.000 per orang.

 Bekal dari ASUS buat ikutan Incredible Race

Berburu Pokemon dan Belajar Tari Bali

Incredible Race dimulaaai! Ada QR code yang harus discan untuk mengetahui station mana yang harus dituju. Tiap tim menuju station yang berbeda-beda sesuai hasil yang terbaca dari QR code. Untuk station pertama, ternyata tim 23 harus menuju ke Melati Room di Hotel Novotel. Rupanya ini adalah Sonic Master Station. 

 Sonic Master Station

Di sini kami harus menebak judul lagu yang diputar dari music player di Zenbook 3. Dari 25 lagu yang diputar tim 23 berhasil menebak 20 lagu. Yang itu artinya kami mendapat score 20 point dari station pertama ini. Yeeeeay! Sebuah awal yang bagus yang bikin kami jadi semangat menuju station berikutnya.

 Hepi berhasil menebak 20 lagu. Foto pinjem punya Kang Didno

Dari hasil scan QR code, tim kami harus berjalan ke arah BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center). Lumayan juga jaraknya, lebih dari 2km. Kami jalan sambil ngobrol dan becanda. Jadi capeknya gak terasa. Saya dan beberapa teman malah asik main Pokemon Go. Lumayan bisa netasin banyak telur sambil jalan. *cuma yang main pokemon yang tau apa artinya, hehehe... Ternyata di salah satu station, yaitu Permormance & Battery Station, para peserta disuruh memainkan game Pokemon Go. Sayang tim kami gak nyampe ke station itu. Jadi kami main Pokemonnya sambil jalan aja *grin

 Jalan kaki sambil nyari Pokemon. Foto punya Evrina

Station kedua untuk tim 23 adalah EIS (Electronic Image Stabilization) Station. Di sini kami diajak keliling kawasan ITDC naik mobil sejenis tuk-tuk yang bagian sampingnya terbuka. Nah sambil keliling naik mobil itu, kami harus merekam video sepanjang perjalanan. Di sini terlihat bahwa fitur EIS yang ada di Zenfone 3 ini memungkinkan kita merekam video dengan hasil gambar yang stabil meskipun sedang berada di dalam mobil yang melaju.

 Keliling naik mobil kayu

Setelah diajak keliling, kami pun diminta untuk menjawab 10 pertanyaan tentang apa yang kita lihat dan rekam di sepanjang jalan tadi. Pertanyaannya sebenernya gak susah, cuma gak terduga aja.. seperti ada berapa pintu masuk Bali Collection? Atau ada berapa logo Incredible Race yang terpasang di jalan? Dari 10 pertanyaan kami cuma bisa menjawab benar 8 pertanyaan. 1 jawaban benar nilainya 2 point. Jadi total point kami di EIS Station ini adalah 16.

Menuju station ke-3 yaitu Uluwatu Room di BNDCC, kami sempat salah jalan. Udah jalan jauh ke arah kanan sekitar 1 km-an dari EIS Station, yang bener ternyata ke arah kiri. Oalaah... deket banget harusnya. Tapi karena salah jalan ya terpaksa kudu balik arah, hehehe.. Tapi biarpun salah arah dan kudu jalan lebih jauh kami tetep becanda dan ketawa-ketawa. Pokoknya apapun itu, semua dibawa asik aja.

Station ke-3 adalah 4K Station. Ternyata di sini kami harus nari ngikutin gerakan dua penari Bali yang ada di situ. Sementara yang lain nari, 1 orang bertugas memvideokan menggunakan fitur 4K yang ada di Zenfone 3. Asli ini gokil bangeeet! Tau kan gerakan tari Bali itu kayak gimana? Gerakannya cepet.. jadi susah nirunya. Akhirnya tari Bali ala tim 23 dianugerahi 17 point oleh juri. Tepuk tangaaan!

 Dua penari Bali di 4K Station

Hasil screenshot dari youtube punya Kang Didno :D
Makan Siang di Bali Collection

Hasil QR code selanjutnya mengharuskan kami menuju Water Blow. Tapi berhubung sudah jam 12 siang, jadi kami langsung menuju Bali Collection untuk makan siang. Di Bali Collection ini, ada 10 restoran bertanda ASUS yang bisa dipilih oleh peserta Incredible Race. Tim kami langsung belok ke restoran pertama yang terlihat. Udah capek dan laper cyiiin! 

 Nunggu makan cekrek dulu. Foto by Evrina

Saya memesan paket Seafood Island dan minumnya pineapple juice. Nunggu makanannya lama, kami sampe ngantuk-ngantuk nungguinnya. Untungnya tim kami datang duluan di restoran itu. Jadi meskipun lama nunggu makanannya, tapi setidaknya kami bisa ontime. Jam 1 siang kami semua sudah selesai makan, dan siap untuk jalan lagi.

 Mari makaaaaan.... 

Abis makan foto bareng di Bali Collection

Masih Sanggup Berjalan?
Kami langsung menuju ke Water Blow yang ternyata berada di kawasan Peninsula Island. Di sini tantangan OIS (Optical Image Stabilization) Station sudah menunggu kami. Di OIS Station ini kami harus memotret gambar yang digantung di pohon sambil berdiri di atas sebilah bambu. Setelah memotret, kami harus menyeberangi bambu itu.

 Motret sambil berdiri di atas bambu itu susah, jendral!

Hasil foto yang diambil harus jelas, gak boleh blur. Sumpah! Ternyata susah banget motret sambil berdiri di atas bambu. Saya cuma berhasil motret aja, tapi gak berhasil melewati bambu. Di sini tim 23 cuma berhasil mendapatkan score 15 point.

Matahari bersinar semakin terik. Bikin kondisi tubuh jadi makin cepat lelah. Tapi perjuangan belum usai. Kami masih semangat menyelesaikan race. Hasil QR code selanjutnya membawa kami ke kawasan The Bay. HDR Station sudah menunggu kami.

 Ikutan Incredible Race sambil cuci mata :)

Di HDR Station ini kami harus mencari objek seperti yang ada di 20 lembar foto yang ditunjukkan panitia. Bukan cuma sekadar mencari, tapi kami juga harus memotretnya dengan hasil semirip mungkin dengan foto milik panitia.

Kami pun berpencar untuk mendapatkan foto. Saya, Evrina, dan Afifah memilih jalan ke arah luar, sementara teman-teman lain berpencar di area pantai. Motret di bawah terik matahari itu susah-susah gampang. Tapi dengan Zenfone 3 masalah yang susah-susah gampang itu bisa diatasi dengan mode HDR.

 Ini salah satu objek yang harus kami foto di HDR Station

Di HDR Station ini kami cuma berhasil menemukan 15 objek yang sesuai dengan foto milik panitia. Lokasi objeknya ada yang cukup jauh. Jadi kami cuma dapat 15 point di station ini.

Beberapa menit jelang pukul 15, sepertinya kami masih punya 1 kesempatan di station berikutnya. Hasil scan QR code menunjukkan salah satu ruang di Courtyard Hotel. Demi mendengar nama Courtyard, bawaannya udah pengen pulang ke kamar aja, kebayang kasurnya yang empuk hehehe...

Menuju pos terakhir rasanya udah mulai gempor. Jarak 2km rasanya jadi berlipat-lipat jauhnya. Tapi saya salut banget ama kekompakan tim 23 ini, semangatnya juga badai. Kalo berada di lingkungan yang seperti ini, otomatis kita juga bakal ketularan kan? Nathalie, fasilitator kami aja ngaku salut ama kekompakan dan cara kami menikmati perjalanan.

Station ke-6 buat kami adalah Low Light Station. Sesuai namanya, di sini kami harus menjajal fitur low light mode yang ada di Zenfone 3. Ada 20 benda yang harus kami foto. Jadi 1 orang kebagian moto 1 benda. Ke-20 benda ini letaknya sengaja disebar di ruangan. Jadi benda-benda itu harus dicari dulu.

Karena judulnya adalah Low Light Station, jadi ruangannya sengaja dibikin gelap gulita. Dan kami pun motretnya gak boleh pake flash. Kalau ketahuan pake flash bakal didiskualifikasi. Benda yang mau difoto pun gak boleh dipindah, harus tetap ada di tempatnya semula.

Saya kebagian motret pajangan burung hantu yang ada di nakas tempat tidur. Pas liat hasilnya, saya jadi takjub sendiri. Di dalam ruangan yang gelap gulita begitu, hasil foto pake Zenfone 3 masih terlihat jelas.

 Motret burung hantu di ruangan gelap gulita jadinya begini...

Score untuk tim 23 di Low Light Station ini adalah 15 point. Ada 2 teman yang didiskualifikasi. Sebenernya sih bukan karena sengaja mau motret pake flash, tapi pas ngaktifin kameranya, flashnya belum dimatiin. Jadi gugur deh. Trus ada juga teman yang salah motret objek. Hehehe...

We are the Champion, My Friends...

Lagu We are the Champion-nya Queen menyambut kami di garis finish di lapangan kantor ITDC. Duh! Lagunya bikin baper.. rasanya kami udah kayak pemenang yang mengharumkan nama bangsa dan negara deh :) Seneng banget rasanya waktu dapet medali finisher. Kami seneng bisa ngelewatin semua station bareng-bareng, tetep kompak dan hepi sepanjang jalan meski kaki gempor dan baju basah kuyup karena keringet. Hehehe...

 Seneng itu.. bisa nyampe finish bareng-baren. Foto by Nathalie 

Ikutan pose gigit medali biar kekinian. Halah!

Sekali lagi saya salut ama tim ASUS yang udah mempersiapkan Incredible Race ini dengan sangat baik. Semua terorganisir dengan rapi. Banyak pelajaran menarik yang bisa dipetik di sini. Bukan cuma pengetahuan tentang keunggulan fitur Zenfone 3 yang ternyata emang WOW banget. Tapi juga tentang semangat menjaga kekompakan. Menjaga mood supaya tetap dalam kondisi prima. Walaupun nyasar, salah jawab, tetep ketawa ketiwi hepi.

 we started together, and we are going to finish together

Makasih ASUS, makasih Nathalie, makasih temen-temen tim 23.. Yess! We are the champion, my friends....

You Might Also Like

26 komentar

  1. wah asik banget bu..asus terus nih isiannya..btw..mupeng saya sama smartphone nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... kebetulan baru pulang dari event-nya ASUS, dan emang banyak yang pengen diceritain :)

      Delete
    2. Hehehe... kebetulan baru pulang dari event-nya ASUS, dan emang banyak yang pengen diceritain :)

      Delete
  2. serunya, btw..fotonya gede ya, lama downloadnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak seru bangeeet!
      Foto-fotonya aku resize kayak biasa kok kak..

      Delete
  3. Berarti saya tidak salah pilih nih asus memang terbaik dan yang saya rasakan selama memakai asus nyaman dan tahan lama juga jadi betah deh pakai asusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas. Saya juga udah pake ASUS sejak jaman Zenfone 5. Sampe sekarang masih awet gak pernah ngadat :)

      Delete
  4. aih..keren dan asyik bingit plus dapat hp baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ana.. rejeki blogger sholeha. #eaaaa

      Delete
  5. Seru banget ya, bikin ngiri maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget.. saya juga kemaren gak nyangka bisa diundang ke acara keren itu :)

      Delete
  6. Waaahhh rangakain kegiatan acaranya rata-rata dekat timpat tinggal saya ni mba, apaalagi btdc dan waterblow biasa jadi tmpt jogging hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya yaa... kemaren sempat ngeliat gak rombongan ASUS seliweran di sekitar sana waktu race ini?

      Delete
  7. Ini foto-fotonya diambil pake Asus juga mba Dian? kece2 banget.. seru yaa

    ReplyDelete
  8. Eh ada kak Opi dari Palembang Post. Tau gitu aku titip salam ama dia deh mba Di.. hahaha

    ReplyDelete
  9. Seru banget acaranya. nggak cuman diem di meja, tapi ada acara seru gerakkan badan. Sehat. MAuuuu itu Zenfone 3 nya, buat jalan jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Zulfa.. asli seru banget acaranya. Luar biasa banget nih kemasan acara launchingnya ASUS

      Delete
  10. widih seru banget acara asus, emang ya asus manjain banget apara blogger di peluncuran zenfone 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, dimanjain banget ama ASUS. Sampe pada gagal move on, hehehe...

      Delete
  11. seru mbakkk, kebayang nih kaki waktu itu rasanya kayak mau copot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, gempor banget rasanya... apalagi waktu mau jalan ke pos yang di Courtyard itu.. rasanya beraaaaaaat banget!

      Delete
  12. Suka nih yang begini. Endorse, tapi fun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget bang Uma.. kemasan acaranya benr-bener menarik!

      Delete