Secangkir Kopi di Dr. Coffee

Friday, August 12, 2016

dr.coffee lampung, dr.coffee cafe lampung, cafe lampung, kopi lampung, robusta lampung

Rabu sore, 27 Juli 2016. Rintik gerimis menyambut saya di bandara Radin Intan, Lampung. Mbak Rien dari Jakarta, kak Rosanna dari Balikpapan, dan Rian dari Jogja sudah menunggu saya di resto Branti Angkasa. Saatnya untuk mencari Pokemon #kelilingLampung

Sore itu mbak Rien mengajak kami ke Dr. Coffee. Wow! Dengernya aja sudah bikin saya hepi. Ini akan jadi sambutan menarik di Lampung. Sampai di Dr. Coffee saya langsung pesan kopi tubruk robusta Lampung. Ini kopi kesukaan saya. Seneng banget rasanya bisa menikmatinya langsung di sini. 

dr.coffee lampung, dr.coffee cafe lampung, cafe lampung, kopi lampung, robusta lampung
 Kopi susu dengan Vietnam drip dan kopi tubruk robusta Lampung

dr.coffee lampung, dr.coffee cafe lampung, cafe lampung, kopi lampung, robusta lampung
 Ngopi tanpa sianida #eh

Mbak Rosanna memesan kopi susu dengan metode Vietnam drip. Sementara mbak Rien dan Rian tidak memesan apa-apa. Keduanya hanya asik foto-foto aneka pernik dan suasana cafe yang memang terlihat manis.  

dr.coffee lampung, dr.coffee cafe lampung, cafe lampung, kopi lampung, robusta lampung
 Toples-toples berisi biji kopi pilihan

French press

Saya pun ikut asik mengamati sudut cafe mungil ini. Toples-toples bening berisi biji-biji kopi pilihan dari berbagai daerah di Indonesia, berbagai macam alat seduh kopi seperti Vietnam drip dan french press terlihat menarik intuk diabadikan. Belum lagi dindingnya yang dipenuhi bingkai berisi quotes-quotes lucu tentang kopi. Seperti ini misalnya: "Depresso - The feeling you get when you've run out of coffee." Atau yang ini "you are the cream in my coffee."  Hehehe.. cocok nih buat nggombalin gebetan kamu yang doyan kopi.. *grin  

 Ada yang bisa dicontoh buat ngegombalin?

Saya dan mbak Rien sedang asik melihat-lihat aneka jenis kopi ketika akhirnya pandangan kami tertuju pada sesuatu yang menarik. Kotoran luwak. Ada dua plastik bening yang masing-masing berisi kotoran luwak liar dan satunya lagi kotoran luwak penangkaran. Kotoran luwak liar terlihat lebih bersih daripada kotoran luwak penangkaran. 

 Kotoran luwak. Lihat bedanya...

Kenapa bisa begitu? Mas barista di Dr. Coffee menjelaskan ke kami, luwak penangkaran itu sebenarnya ngerasa stress karena dikurung. Jadinya ngaruh ke kotorannya. Selain itu, kalau luwak liar bisa lebih bebas memilih makanan yang tersedia di alam. Dan mereka, memilih makanan yang memang disukainya. Beda dengan luwak penangkaran yang cuma bisa makan makanan yang sudah disediakan oleh manusia. Yaah... gak ada bedanya ama manusia kan? Siapa pun juga pasti bakalan ngerasa stress kalo hidup terkurung. Bener nggak? 

Kami masih mengobrol seru tentang kopi ketika mas Yopie menyusul kami di Dr. Coffee. Tak lama kemudian datang mbak Relinda, blogger Bengkulu yang kebetulan sedang ada urusan di Lampung bergabung dengan kami di Dr. Coffee. Acara ngobrol sore itu pun jadi makin seru.  

 Ngobrol seru di Dr. Coffee. Photo by: Katerina

***

Kedai kopi mungil yang nyaman ini milik mas Ali, salah seorang penggiat perkopian di Lampung. Sore itu kami sempat ketemu dan ngobrol seru seputar kopi dengan mas Ali. Sempat juga diajak nyicipin kopi seduh dingin atau bahasa kerennya cold brew coffee.

 Cold brew coffee

Sesuai namanya, kopi seduh dingin ini memang diseduh menggunakan air dingin. Kemudian didiamkan selama sekitar 12 jam atau lebih baru bisa dinikmati. Dengan diseduh air dingin seperti ini, kadar asam pada kopi akan turun. Sehingga kopi ini aman dinikmati bagi mereka yang menderita maag. 

Sore itu mas Ali banyak bercerita tentang kopi, khususnya kopi Lampung yang kebetulan pada hari itu jadi juara dalam ajang Festival Kopi Nusantara 2016. Beliau juga bercerita tentang perkembangkan kopi dunia. Tentang negara-negara peminum kopi terbanyak, yang ternyata, meskipun Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi, tapi daya konsumsi kopi orang Indonesia masih terbilang rendah. Itu sebabnya kenapa beliau cukup gencar mempromosikan kopi-kopi terbaik Indonesia, khususnya kopi Lampung. Dr. Coffee inilah salah satu wujud usaha beliau. 


Bahkan mas Ali punya ide untuk bekerja sama dengan hotel-hotel di Lampung agar menjadikan kopi Lampung sebagai welcome drink untuk para tamu. Wah.. ini menarik! Sudah seharusnya para tamu yang berkunjung ke Lampung disuguhi sesuatu yang memang khas dan terkenal dari Lampung. Semoga segera terwujud ya mas...  

Makasih banget ya, mas Ali.. buat ngobrol-ngobrolnya yang seru. Secangkir kopi robusta Lampung di Dr. Coffee sore itu jadi sambutan yang hangat dan manis banget buat saya.

Buat kamu penyuka kopi, dan kebetulan sedang berada di Lampung, saya saranin kamu mampir ke Dr. Coffee. Di sini kamu bisa lihat langsung proses roasting kopinya Hmmm.. saya langsung kebayang wanginya kopi yang lagi disangrai...

Buat kamu yang gak suka kopi, gak ada salahnya juga kok mampir di sini.. soalnya di sini juga menyediakan teh dalam berbagai varian. Selain itu, Dr. Coffee juga menjual kopi yang cocok buat dijadiin oleh-oleh. Ya kali kamu mau ngasih oleh-oleh kopi robusta Lampung buat saya.. *grin

 Drip bag dari Dr. Coffee ini bisa kamu jadiin oleh-oleh looh.. 

Ngupi pay...

Dr. Coffee - Kedai Kopi & Oleh-Oleh Kopi Lampung
Jl. Pagar Alam (Gang PU) nomor 44. Dekat Graha Mandala, Bandar Lampung
Telp: 08117861595/085789903322 (Ali)

You Might Also Like

32 komentar

  1. Luwak aja stress kalau terkurung apalagi Manusia, Apalagi yang kayak saya, Doyan banet kelayapan. Hehehe

    Tetep Ya, Luwak Liar lebih mantep..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha betul itu mbak... sampe gak isok mbolang maneh duh piye rasane yooo :D

      Delete
  2. Aku minum kopi kalo kepepet aja pas di perjalanan motoran ngantuk, penyebabnya karena aku insomnia jadi kalo tiap hari minum kopi bisa-bisa ga tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku minum kopi gak ngaruh i Wan.. biar abis ngopi juga kalo ngantuk yo tetep ae tidur.. hehehe

      Delete
  3. Ngajak mbak Dian ke sini sudah kuduga bakal kayak sorgaaaa haha

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Kopi dinginnya enak. Kalo dikasih aku mau lagi, hahahaha

      Delete
  5. Haaa pakai batik, ga aku banget ya hahaha....
    Ngupi pay.

    ReplyDelete
  6. Pengen nyobain kopi luwak liarnya. Enak kali ya , mbak Dian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren aku gak nyobain.. next visit semoga.. kemaren udah langsung pesen robusta Lampung aja soalnya.. favorit banget!

      Delete
  7. Hmmm ... kebayang harumnya kopi tuuu. Awak pernah ke Lampung, tapi belum pernah jalan-jalan. Ke Lampung cuma mengantar adik ipar nikahan. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. masuk ke kedai kopinya aja udah wangiiii...

      Delete
  8. wah serunya ngopi2 cantik kaya gitu tapi tanpa sianida kan #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. jangan ada sianida di antara kita :D

      Delete
  9. Pilihan kopinya banyak yaaa, aku juga suka kopi mbak, pengeeen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. pilihan kopinya banyak.. Tapi aku tetep milih robusta Lampung :D

      Delete
  10. kalo aku yang kesana judulnya " nge tea cantik di Dr.Coffee " hahahha memang gak pernah bisa menikmati rasa coffee..kasian ya diriku :(

    ReplyDelete
  11. Kalo di kasih sianida dikit pasti makin mantap hahaha
    Gw ampe detik ini blm bisa memahami enak nya ngopi itu apa ??? #BukanPecintaKopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku tau kok.. dirimu #bukanpecintakopi, dirimu kan cuma #pecintawanita :D

      Delete
  12. cobain kopi Merapi di Jogja juga kakak hehehehe :D

    ReplyDelete
  13. q kok pingin incip cold brew coffeenya ya.....nyess

    ReplyDelete
  14. itu kenapa foto aku dari belakang sich? Hadyuuhh gak banget

    ReplyDelete