Lebaran Staycation at Swiss-belINN Batam

Tuesday, July 12, 2016

Setelah memastikan kalau lebaran kali ini kami gak bisa mudik ke Surabaya, saya pun mulai browsing hotel untuk staycation. Pastinya pilih hotel yang ada kolam renangnya, tapi yang budgetnya gak mahal-mahal amat. Setelah membandingkan hotel dan harga dari beberapa situs pemesanan online, akhirnya saya memilih Swiss-belINN dari applikasi Traveloka. Alhamdulillah banget dapet harga yang lumayan bagus.

Saya bilang harganya bagus soalnya libur lebaran itu kan peak season ya, jadi bisa dapet harga 300 ribu/malam di Swiss-belINN itu udah lumayan banget. Dan bener aja, beberapa hari kemudian saya iseng ngecek lagi di Traveloka, harganya udah dua kali lipat untuk kamar bertype sama dan di tanggal yang sama seperti yang kami ambil.

***

Hari terakhir puasa, disaat orang-orang mulai memadati bandara, pelabuhan, stasiun, maupun terminal untuk mudik ke kampung halaman, kami sekeluarga asik menikmati lalu lintas Kota Batam yang tetap ramai seperti hari-hari biasa. Cuaca di Batam sedang panas-panasnya. Bikin kami pengen buru-buru sampai di Swiss-belINN. Gak sabar pengen segera bobo-bobo syantiek di hotel.

Swiss-belINN Batam

Enjoy Staycation at Swiss-belINN

Siang itu suasana di Swiss-belINN lumayan sepi. Di tempat parkir cuma ada dua mobil. Kami pun menuju ke bangunan hotel. Jangan salah, soalnya di Swiss-belINN ini selain hotel, juga ada apartment. Untuk hotelnya sendiri, ada 96 kamar. Sementara apartment ada 68 ruang yang terdiri dari kamar tidur, ruang makan, dan dapur.

Kamar nomor 305

Suasana kamar terang

Kamar nomor 305 yang kami tempati terasa cukup nyaman. Sinar matahari leluasa masuk dari jendela besar di salah satu sudut kamar. Lala langsung asik dengan chanel Disney Junior. Saya pun langsung Pe-We selonjoran di kursi sambil menikmati buku Baiat Cinta di Tanah Badui yang belum selesai saya baca. Trus suami? Begitu masuk kamar dia langsung ambil posisi di kasur empuk dan wusss... terbang ke alam mimpi.

Buku dan secangkir kopi...

Kamar type superior tempat kami menginap itu ukurannya sedang saja, tidak terlalu luas Tapi karena system pencahayaan di dalam kamar bagus, jadi kamar itu terkesan lega. Perabotan yang didominasi warna coklat memberi kesan hangat dan nyaman.

Perabotan warna coklat

Kamar mandi nyaman bersih

Dua hari menginap di Swiss-belINN aktivitas kami cuma males-malesan di kamar (sambil nonton TV, baca buku, online memanfaatkan wifi hotel yang kenceng), berenang, males-malesan lagi di kamar, berenang lagi, gituuu aja terus. Pokoknya judulnya bener-bener menikmati suasana dan fasilitas yang disediakan Swiss-belINN

Wifi-nya kenceng banget...

Lala gak bosan-bosannya ngajak berenang. Kebetulan waktu itu kolam renangnya lagi sepi. Jadi puas banget berenangnya. Serasa di kolam renang pribadi deh...

Fasilitas hotel lainnya yang juga gak kami lewatkan adalah fitness center. Ruang fitness di Swiss-belINN ini letaknya tak jauh dari pos security, terpisah dari bangunan hotel dan apartment. Tempatnya cukup nyaman, dengan dikelilingi dinding kaca berukuran besar.

Fitness center

Ada Ketupat dan Opor Ayam di Hari Raya

Swiss-belINN ini lokasinya dekat dengan Masjid Raya Baitus Syakur di Jodoh, Batam. Cuma sekitar 400 meter aja. Jadi kami cukup jalan kaki santai dari hotel untuk menunaikan sholat Idul Fitri di masjid.

Masjid Raya Baitus Syakur

Habis sholat Ied sempat ngerasa sedih. Di hari lebaran begini, disaat yang lain bisa berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman, kami cuma merayakannya bertiga di kamar hotel. Minta maaf ke orang tua cuma lewat telepon. Sedih banget rasanya...

Beres urusan maaf-maafan, kami pun turun ke restoran di lantai 1. Surprise dan hepi banget waktu ngeliat ada ketupat, opor ayam, dan rendang dalam menu sarapan yang disediakan pihak hotel. Alhamdulillah... bisa sedikit mengobati rasa kangen rumah.

Ketupat, rendang, opor ayam...

Menu sarapan di Swiss-belINN variatif dan beragam banget. Selain ketupat, opor ayam, dan rendang yang udah saya sebut tadi, ada juga bihun, pasta, soup, bubur ayam, aneka roti dan pastry, salad, buah potong, dan fresh juice. Mau minta omelette, sosis panggang, atau roti panggang juga busa. Yang seru, disediakan juga kentang rebus dan singkong rebus. Jadi buat yang gak bisa makan gorengan atau makanan berlemak, tetap bisa menikmati sarapan di sini.

soup

fresh juice

soup tahu

singkong rebus

Untuk rasa, saya gak perlu komentar lagi deh. Soalnya hotel jaringan Swiss-bel, termasuk Swiss-belINN, dan Swiss Inn, terkenal makanannya pasti enak. Menu sarapannya juga berganti setiap hari. Jadi selama dua hari menginap di sana, kami menikmati sarapan dengan menu yang berbeda.

menu hari pertama

menu hari kedua

***

Kesimpulannya, kami cukup puas menginap dua hari di Swiss-belINN. Buat kamu yang lagi liburan di Batam, dan pengen menikmati suasana yang lebih tenang, Swiss-belINN ini layak untuk dicoba. Makanan di sini enak-enak, apalagi roti dan pastry-nya.

Swiss-belINN Batam
Jalan Prambanan no. 1, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Batam.