Serunya Berwisata ala Cowboy di De Ranch Lembang

Wednesday, June 22, 2016


Tak perlu jauh-jauh mengajak sang buah hati ke luar negeri hanya untuk sekadar menikmati sensasi seperti layaknya di film-film cowboy. Datang saja ke Lembang, tepatnya di Jalan Maribaya nomor 17, Lembang. Jaraknya kurang lebih sekitar 200 meter dari pertigaan pasar Lembang. 

Berada di ketinggian 1242 mdpl dan dikelilingi oleh bukit hijau yang menyegarkan mata, area seluas 5 Ha ini awalnya adalah merupakan tempat pemeliharaan kuda tunggang, dan beberapa ekor sapi perah. Melihat potensi yang sangat memungkinkan untuk mengembangkan area ini menjadi sebuah tempat wisata, akhirnya pada bulan Desember 2007, De' Ranch resmi dibuka untuk umum sebagai tempat wisata kuda ala cowboy yang mengusung tema: food, leisure and knowledge. 

 Semua hepiii...

Sesuai dengan tagline-nya, Wisata Kuda ala Cowboy, De' Ranch memang sengaja di desain layaknya perkampungan cowboy di Amerika. Kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati suasana ala kampung cowboy ini, cukup dengan membayar Rp 5.000 per orang. Tiket masuk itu pun bisa kita tukarkan dengan segelas susu segar beraneka rasa. Anak-anak saya hepi banget waktu diajak ke sini.

Berkuda di De' Ranch

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke De' Ranch tanpa mencoba berkuda. Dengan membayar Rp 25.000 per orang, kita pun bisa menikmati sensasi berkuda mengelilingi area De' Ranch sambil bergaya layaknya cowboy sungguhan dengan menggunakan kostum yang telah disediakan. Ada rompi kulit dan topi cowboy yang memang disediakan buat kamu yang akan berkuda. Farrel, ponakan saya seneng banget waktu bisa naik kuda keliling De'Ranch. Kayak yang di film-film, katanya..

 Farrel naik kuda di De' Ranch

Kalau kamu atau si kecil belum terbiasa menunggang kuda, jangan khawatir. Karena ada pemandu yang akan menuntun kuda tungganganmu berkeliling area De' Ranch. Jadi kamu dan si kecil tetap bisa duduk santai di atas punggung kuda tanpa perlu merasa khawatir atau takut. 

Ada batasan bagi orang dewasa yang ingin menunggang kuda di De' Ranch. Yaitu berat badan tidak melebihi 80 kilogram. Dan satu kuda hanya untuk satu penunggang. Tidak diperkenankan untuk berboncengan. Kasian kudanya, hehehe...

Bagi kamu yang tidak ingin menunggang kuda, bisa mencoba berkeliling area De' Ranch dengan naik delman. 1 delman bisa dinaiki 3 orang dewasa. Tarifnya hanya Rp 30.000 per putaran. 

Aneka Permainan di De' Ranch

Selain menunggang kuda, di De' Ranch juga terdapat aneka permainan lain yang tentu akan membuat para buah hati betah. Ada flying fox, balon air, sepeda balita, panahan, trampolin, dan masih banyak lagi. Harga permainan di sini berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 30.000 per anak. Hamparan rumput yang luas, dan suasana yang teduh karena dinaungi pepohonan rindang juga akan membuat si kecil puas berlarian. 

 Pemandangannya bikin seger mata yaa...

Salah satu permainan yang pasti akan sangat disenangi oleh si kecil adalah Gold Hunter. Di sini si kecil akan bermain menjadi penambang emas. Anak-anak harus menggali dan mengayak pasirnya agar emas-emasnya muncul. Emas-emas itu kemudian dikumpulkan lalu ditimbang. Ada hadiah yang tentu akan membuat si kecil semakin bersemangat mengumpulkan emas. 

 Arena permainan Gold Hunter

Tak hanya sekadar bermain, Di De' Ranch, si kecil juga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman lain seperti belajar merawat sapi perah, belajar memerah susu sapi, belajar merawat kuda, belajar memandikan dan memberi makan kuda, serta belajar menjaga kebersihan kandang kuda. 

Selain itu, si kecil juga bisa mencoba berkreasi membuat cookies khas De' Ranch yang nikmat dan cocok sebagai teman minum teh di sore hari. Setelah jadi, cookies-nya boleh dibawa pulang dan si kecil akan mendapat sertifikat. Seru banget ya...

Kuliner dan Belanja

Lelah bermain dan mencoba berbagai pengalaman seru, tentu membuat kita lapar kan? Tak perlu khawatir, karena di De' Ranch juga ada food court yang diberi nama Pelana Hall yang menyediakan berbagai macam jenis makanan, mulai dari menu lokal hingga western seperti nasi goreng, soto ayam, ayam penyet, sampai iga bakar juga ada. Harga makanannya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per porsi. 

Di De' Ranch juga terdapat factory outlet dan toko oleh-oleh yang menjual pernak-pernik khas De' Ranch. Terdapat juga pasar tanaman yang menyediakan bermacam jenis tanaman hias. 

Jam operasional

De' Ranch buka setiap hari, kecuali hari Senin. Jam operasional pada hari biasa adalah mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Seementara pada akhir pekan atau hari libur nasional, De' Ranch buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. 

 De' Ranch

Baiknya sih memang menginap di Lembang ya, biar puas main seharian di sini. Mulai jam buka, sampai tutup.. Masalah penginapan, gak usah khawatir.. Karena banyak terdapat pilihan hotel di Lembang.

Jadi, tunggu apa lagi? Ajak keluarga anda berlibur ke De' Ranch. Dan biarkan si kecil bermain sambil belajar, berinteraksi langsung dengan alam sekitar, sambil meraup segudang pengalaman seru yang tak terlupakan. Dan tentu saja, mewujudkan impian kanak-kanaknya, menjadi cowboy seperti yang ada di film-film. Yihaaaa!

You Might Also Like

51 komentar

  1. Replies
    1. Seru naik kudanya.. muternya lumayan jauh loh...

      Delete
  2. Aku belum pernah ke De Ranch nih mbak. Waktu ke Bandung tahun lalu sudah berencana mau ke sini, eh pas udah sampai di Bandung malah berubah pingin ke Tangkuban perahu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmaren aku ke De Ranch setelah pulang dari Tangkuban Perahu, mbak... Searah soalnya. Mumpung di sana jadi sekalian. Yang kelewat malah Floating marketnya..

      Delete
  3. Aih senangnyaaaa...
    Lembang masih sedingin dulu ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mbaaak.. Terutama kalo malem... :)

      Delete
  4. Wah aku beberapa kali ke Bandung belum kesampaian nih ke De Ranch. Pak Suami males macet2an ke arah Lembang
    Ntar ku kilik2 lagi deh pake postingan ini biar mupeng dia hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kemaren pas aku kesana gak terlalu macet sih ke arah Lembang.. Apa mungkin karena tengah malam ya? hehehe.. Macetnya justru pas udah masuk Bandung :D

      Delete
  5. Yuuk kita ke Lembang rame-rame, pasti seru anak-anak naik kuda bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yuk! Kapaaaaan? Nunggu Aira udah gedean dikit kali ya... :)

      Delete
  6. Iya. Aku juga pengen naik kuda trus pake pakaian ala-ala ksatria wanita gitu. Haha.

    ReplyDelete
  7. dulu pas ke Lembang belum tahu tempat ini, jadi nggak kesini, sayang banget...

    anggiputri.com

    ReplyDelete
  8. Aku liatnya si berbi yg pernah kesini. Instagramable bgt ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Diba.. Tempatnya keceh, instagramable banget!

      Delete
  9. Aku dari dulu kepengen naik kuda. Kalau buat org dewasa ada gak ya naik kudanya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, Pril.. Asal beratnya gak melebihi 80 kg.. Aku kemaren juga naik kok :)

      Delete
  10. Ini kok murah2 banget ya? Masuk 5000, naek kuda 25000 keliling jauh. Semoga pas saya ke sana nanti harga ga naek, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Omali, murah meriah... 5ribu itu masih ditukar dengan segelas susu murni lagi...

      Delete
  11. mau naik kudanya....
    EM, di sini kulinernya ada yang berbau kuda gak mbak?
    Misal susu kuda dan sate kuda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada, San... Kulinernya standard aja, gak ada daging kuda :D

      Delete
  12. Beberapa kali ke Lembang tapi tak pernah ke sini. Jadi pengen dah. Jadi cowboy.

    ReplyDelete
  13. asyik... suasananya mirip kek cowboy di LN mba
    eh tapi, heran tuh mbak, liburannya ada di awal pekan. xixixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suasananya mirip film cowboy di tipi-tipi :D

      Delete
  14. aku paling suaka ama jus strwberry disini kak enak

    ReplyDelete
  15. Asma pingin naik kuda, tapi belum tak turuti, pasti dia suka kalo ke sana

    ReplyDelete
  16. seru juga ya main gold hunter^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seru... anak-anak pada betah :D

      Delete
  17. Asik ya buat jalan2 sambil foto2 di sini, apalagi udaranya sejuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas... udaranya yang sejuk itu bikin betah...

      Delete
  18. Menarik banget ke sini. Kirain cuma ada di Malaysia, ternyata di Jawa Barat ada.

    ReplyDelete
  19. Pas saya pertama liat fotonya kirain memang di luar negeri, eh ternyata di lembang haha

    ReplyDelete
  20. wow keren... gak ada penyewaan kostum cowboy nya juga di sana ? andai saja di bali ada tempat khusus wisata ala cowboy, pasti saya suka mampir sana. hehehehehhe.. penge naik kuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmaren itu kostumnya free buat yang naik kuda, mbak..

      Delete
  21. Arrgghhh... Miss this place so much!

    ReplyDelete
  22. Aseliii kayak bukan di Indonesia. Aku kayak balik kampung ke Texas (chicken) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. berarti kita sekampung donk, Yan... Texas Fried Chicken :D

      Delete
  23. Aku pengen banget naik kuda di sini. Kayaknya kok seru. Hhaha penginan :D

    ReplyDelete
  24. Naik kuda trus pake topi lebar pasti cakep banget dah pas hasil fotonya, hehe..

    ReplyDelete