Buka Puasa dengan Hidangan Nusantara di D' Merlion Hotel

Thursday, June 16, 2016


Ramadan tahun ini sepertinya saya jadi lebih sering buka puasa bareng temen-temen Blogger Kepri. Setelah beberapa hari yang lalu kami menikmati Gallery Ramadan di da Vienna Boutique Hotel, kini giliran mencicipi menu Selera Nusantara di D' Merlion Hotel. Dan setelah ini pun, masih ada beberapa acara buka puasa bareng teman-teman Blogger Kepri. 

***
Hari itu, Sabtu 11 Juni 2016, Batam diguyur hujan seharian. Bikin mager, alias males gerak, males ngapa-ngapain. Kalo gak inget ada undangan buka puasa, rasanya pengen bobo-bobo cantik aja nunggu bedug maghrib, sambil baca buku di rumah. Eh, tapi undangan buka puasanya kan dari tetangga sebelah. Jalan kaki juga gak nyampe 2 menit, hahaha...

5 menit sebelum jam 5.30 pm, saya, suami dan Lala baru keluar rumah. Jalan kaki ke D' Merlion Hotel. Masih gerimis. Kami jalan melipir lewat ruko yang sore itu sudah pada tutup. Kami sampai di D' Merlion bersamaan dengan teman blogger lainnya. 

Suasana Ramadan sudah terasa di lobby D' Merlion Hotel. Sebuah bedug dengan hiasan jam yang disetting sesuai waktu berbuka puasa untuk wilayah Batam teronggok manis di sudut ruangan. Seolah memang disiapkan untuk menyambut tamu-tamu yang datang untuk berbuka puasa. 

 Bedug dengan jam yang menunjukkan waktu berbuka

Setelah say hai dan basa-basi sebentar ama pak Didit Iskandar, General Manager D' Merlion Hotel, juga mas Sonny Tan dan mbak Rosma Ginting yang masing-masing menjabat sebagai Account Manager dan Sales Executive D' Merlion Hotel, mulailah kami menjelajah ke meja-meja tempat hidangan berbuka di siapkan. Bukan untuk buru-buru ngambil makanan, tapi untuk difoto, hehehe..

 Langsung sibuk foto-fotoin makanan

Model gepuk cabe ijo :D

Paling depan ada kurma, bola-bola ubi, kue koci, getas, pisang goreng keju, dan lupis yang disajikan dengan saus kinca gula merah. And you know what? Lupis ini jadi menu favorit kami sore itu. Jajanan pasar yang sudah mulai jarang ditemui ini rasanya begitu lembut, dan dipadukan dengan saus kinca bikin rasanya makin endess!

 kurma

 kue koci

 lupis dan saus kinca

 bola ubi dan kue getas

Bergeser ke meja hidangan utama, hari itu menunya ada gepuk cabe ijo, pindang patin, gulai nangka, dan tahu goreng. Gak ketinggalan sambal, acar, abon, ikan asin, dan kerupuk sebagai pelengkap. Gepuk cabe ijo-nya enak! Semua yang dateng kompakan bilang kalo gepuk cabe ijo olahan chef Bagus itu JUARAK! Dagingnya empuk, trus bumbunya nikmat meresap sempurna ke dagingnya. Nulis ini pun rasanya saya udah ngiler membayangkan si gepuk cabe ijo. Hmmm...

 Gulai nangka

 Tahu goreng

Gepuk cabe ijo

 Pindang patin

Pindang patinnya juga gak kalah enak. Suami saya sampai mengambil mangkok khusus buat ngegadoin kepala patinnya. Kami berdua emang sama-sama doyan ikan patin siih. Makanya hepi banget waktu ngeliat ada pindang patin dalam deretan menu, dan rasanya enak pula... 

 Kepala patin

Ada juga stall soto Mahakam dan soto Bandung. Buat saya, rasa soto Bandung-nya lebih seger. Cuma sayang, isinya kurang banyak, hehehe... 

 Soto Bandung

 Soto Mahakam

Untuk dessertnya ada es kopyor dan es cendol. Saya nyobain es kopyornya aja, udah gak sanggup mau nyicip es cendolnya. Kenyang euy.. Es kopyornya enak. Manisnya pas kalau buat saya yang emang udah manis ini

 Buah-buahan segar

 Es cendol

 Es kopyor

Selain es kopyor dan es cendol, ada juga sirup melon, teh dan wedang jahe. Dan dodolnya kami, baru nyadar pas mau pulang, kalau yang ada dalam teko sebelah teh itu adalah wedang jahe. Tadinya kami kira itu teh juga. Padahal kan enak banget nih diminum anget-anget sebagai pembatal puasa. Jadilah cuma saya, Danan, Chaya, dan mas Bams yang nyobain wedang jahenya. Enak dan anget di tenggorokan. 

 Sirup melon

Wedang jahe dan teh

Ternyata hidangan buka puasa di D' Merlion enak-enak looh. Buat yang tinggal di daerah Batuaji dan sekitarnya, kalau masih bingung cari tempat untuk buka puasa, saya saranin ke D' Merlion Hotel aja deh.. Rasa makanannya tidak mengecewakan di lidah. Harganya juga masih terbilang ramah di kantong, Rp 75.000 nett/pax. Kalo beli 10 pax, gratis 1 pax.. Lumayan banget kan :)

 Daftar menu buka puasa D' Merlion Hotel

Oiya, buka puasa di sini gak perlu khawatir melewatkan sholat maghrib. Di D' Merlion Hotel tersedia mushola yang cukup luas. Lengkap dengan mukena dan sarung.

Jadi? Mau buka puasa di mana nanti? 

Blogger Kepri dan staff D' Merlion Hotel mengucapkan Marhaban ya Ramadan...

D' Merlion Hotel
Blok A03-B11, Komplek Merlion Square
Jl. Marina, Tanjung Uncang, Batuaji, Batam
Telp: 0778 - 7412888

You Might Also Like

38 komentar

  1. alamaaak salah waktu liat postingan ini huahuahua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh maafkan aku, mbak Rieeeen....

      Delete
  2. Hmm perutku makin melilit neh bayangin gepuk cabai hijaunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gantian yo Wan.. kamu udah ngiming-imingi aku bakso Kepanjen, hahahahaha....

      Delete
  3. berkah ramadhan ya mbak...bisa sering silaturahmi dengan teman2..dan untuk D'Merlion saya sangat terkesan dengan kebersamaan disini, suasananya enak, makanan enak, dan staffnya juga ramah2 menyapa tamu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. aku pengen balik lagi buka puasa di sini. Yuk kapan kita janjian :)

      Delete
  4. Model gepuk cabe ijonya gak nahan.... hihihi

    ReplyDelete
  5. ia setujuuu, makanannya enaak, yg paling juarak gepuk cabe ijo sama es kopyornya seger, daging kelapanya juga tebel dan lembut.. nyamnyam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buatku yang juara itu gepuk cabe ijo, pindang patin, ama wedang jahenya Ka...

      Delete
  6. beneran 5 menit ya? haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. aslinya malah gak sampe 5 menit kok... 2 menitan lah..

      Delete
  7. wih mantab nih, bisa jadi salah satu referensi buka puasa.

    ReplyDelete
  8. Aduuuhhh...
    Siang siang liat patin itu bikin ngilerrr...

    Eh, rumah mb Dian deket D Merlion ternyata, jalan kaki sampe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Akut... deket banget ama D Merlion.. Jalan kaki gak sampe 5 menitan...

      Delete
  9. kmaren sempet bingung baca di gup, nanya2 dalam hati dmerlion dmn, eh ternyata deket bgt dari rumah :D

    ReplyDelete
  10. Menunya enaaak. Jadi lapeer. Besok coba masak gulai nangka ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nis.. alhamdulillah, makanannya enak-enak.. :)

      Delete
  11. Haha, untung liatnya malem-malem pas udah kenyang.. jadi amaaan. :)

    Wah, kepri ya? Kampung ibu disana, tapi saya malah belum pernah kesana :P

    ReplyDelete
  12. Pindang patin...?
    kolaborasi ikan pindang dan ikan patin dong....!?

    atau namanya saja.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindang patin itu nama masakannya mas.. yaaa sejenis gulai gitu lah...

      Delete
  13. alhamdulillah.. untung buka tulisan ini menjelang sahur... mana ada makanan favorite yudi lagi.. lupis.. (untung nggak boh rom rom ) :))
    coba klo baca nanti siang? jadi apa saya ini kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah.. suka lupis juga ya? Eh, di Aceh apa lupisnya sama ya kayak di Jawa?

      Delete
  14. Es Kopyornya nya menggoda selera nih....

    ReplyDelete
  15. Pindang patin, bola ubi... ah beberapa makanannya asing buat saya... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindang patin itu sejenis gulai.. kalo bola ubi itu aslinya ubi jalar dibentuk bola trus digoreng, ditaburi gula halus.. enak :)

      Delete
  16. waduh, pagi-pagi lihat yang beginian bikin ngiri, bdw saya suka yang makanan tradisionalnya mbak, kayak kurma ma getas :)
    sama yang cabai hijau itu, bikin ehem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. gepuk cabe hijau ya? Itu enak banget...

      Delete
  17. hiya ampunnnnn pingin buka puasa lagiiii hehehehe...kue koci itu mendut bukan mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya? Aku nyebutnya sih koci-koci mbak.. Kalo orang Bugis nyebutnya doko-doko...

      Delete
  18. e eh,itu yang sama kak ices..eh mas danan si lala mbak???

    ReplyDelete
  19. 75k nett lumayan, soalnya kalo makan di cafe2 ya segitu juga, mana pesennya lama. Masa iya buka puasa waktu isya *pengalaman*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Yan, ini lumayan murah tapi rasanya gak murahan...
      Hah? buka puasa waktu isya? waduuuh... gimana ceritanya itu?

      Delete