Memanjakan Rasa di The Pier Cafe & Grill

Monday, April 18, 2016


Akhir pekan lalu, saya dan suami kebetulan belum ada rencana kemana-mana. Jadi sewaktu saya mengusulkan untuk makan di luar dengan suasana yang agak beda, suami langsung OK. Suasana agak beda seperti apa yang saya cari? Saya sendiri belum tau.. Jujur sih, kadang semakin banyak pilihan tempat makan justru bikin kita jadi semakin bingung. Kalau sudah mentok begini, biasanya saya buka-buka blog atau instagram temen yang hobi makan. Dari sana biasanya saya dapet ide mau makan apa dan di mana. 

Kali ini, saya tergoda oleh postingan sahabat saya, Danan Wahyu, tentang sebuah cafe yang berada di pinggir laut, tak jauh dari pelabuhan fery international Harbour Bay. Namanya The Pier Cafe & Grill. Kepiawaian Danan menuangkan pengalamannya bersantap di The Pier Cafe & Grill lewat kata juga foto, bikin saya semakin penasaran dengan cafe yang satu ini. Dan sepertinya, apa yang ditawarkan cafe ini cukup mewakili apa yang saya mau. Menikmati makan malam bersama keluarga tercinta, dalam suasana yang sedikit berbeda.  

***

Cafe Cantik dengan Pernik yang Tematik

Disambut jangkar kapal di depan pintu

Senja belum berganti malam sewaktu kami sampai di The Pier Cafe & Grill. Sebagai penggemar pernik unik, saya langsung jatuh cinta pada ornamen-ornamen bernuansa laut dan dermaga yang tersebar di setiap sudut cafe ini. 

 Area indoor

Bar

Masuk ke dalam cafe, mata saya disambut meja dan kursi kayu berwarna coklat yang memberikan kesan hangat dan nyaman. Sebuah lemari pajangan berwarna putih di salah satu sudut ruang itu langsung mengunci pandangan saya. Sumpah! Pajangan-pajangan betema laut  yang tertata rapi di lemari itu lucuk bingooo! #alaydetected 

 Pajangannya lucuk-lucuk yaaa...

 Kayaknya enak deh duduk di kursi itu.. :D

 Ngeliat ini rasanya pengen pesen trus dibungkus bawa pulang ke rumah :D

Dua buah mesin permainan dart online di sudut lain cafe ini menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa pengunjung kecil terlihat antusias dan penasaran dengan mesin permainan ini. Begitu juga dengan Lala. Bocah kriwil itu berhenti cukup lama di depan mesin permainan. 

 Bocah-bocah yang penasaran...

Semoga dapat sunset bagus - pesan di WA dari Danan itu membuat saya gegas menuju area outdoor. Di sini suasananya sudah mulai ramai. Beberapa meja terlihat sudah dipenuhi pengunjung. 

Cafe Cantik dengan Suasana Asik

Suasana di area outdoor

Di salah satu meja terlihat rombongan mahmud (baca: mamah-mamah muda) sedang asik ngobrol sambil menikmati hidangan. Sepertinya mereka sedang arisan. Di meja lain saya melihat ada satu keluarga yang sedang asik bercengkrama sambil menikmati senja. The Pier Cafe & Grill ini memang cocok buat dijadiin tempat kumpul-kumpul ama teman atau keluarga. Bukan cuma untuk menikmati makanan, tapi juga untuk menikmati suasana. 

 Rombongan mahmud yang lagi asik arisan

Kalau cuaca cerah, pemandangan matahari tenggelam dari tempat ini pasti cakep banget. Tapi sayang sore itu awan gelap bergayut manja di langit Batam. Memupuskan harapan untuk menikmati sunset yang istimewa. Kecewa? Tentu aja enggak. Rugi banget kalo nyimpen kecewa di tempat yang kece begini.

 Mendung bergayut manja

Demi apa anak gue pose begini... lol :D

Malam menjelang, kerlip lampu dari kapal-kapal yang lego jangkar di perairan tak jauh dari kawasan Harbour Bay menjadi pemandangan menarik. Sesekali terlihat ada fery tujuan Singapura yang melintas. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, The Pier Cafe & Grill ini memang berlokasi tak jauh dari pelabuhan fery international Harbour Bay. Jadi lalu lalang kapal di sini adalah pemandangan yang wajar. 

 Lampu-lampu kapal di kejauhan

Cafe Cantik dengan Pilihan Menu Menarik


Sewaktu memilih menu, kami sempat kebingungan melihat banyaknya pilihan menu yang ditawarkan The Pier Cafe & Grill ini. Mulai dari aneka olahan seafood, western food, sampai mediteranian food. Semuanya terlihat menggugah selera. 

Ini cuma sebagian menu looh...

Sesuai namanya, sajian utama cafe ini adalah hidangan dengan konsep grill alias bakar-bakaran. Dengan merogoh kocek sebesar 143 ribu rupiah/orang, kamu sudah bisa menikmati satu set menu barbeque yang bisa kamu bakar sesuka hati di atas meja masing-masing. Seru kan?  

Tapi kali ini, kami sedang ingin mencoba menu lain. Setelah menimbang dan memilih cukup lama, akhirnya saya memutuskan untuk memesan sup ikan ukuran kecil, kepiting soka telur asin, dan delight combo untuk Lala. Delight combo ini berisi telur mata sapi, nugget ayam, sosis, kentang goreng, dan kacang merah. Untuk bocah yang picky eater seperti Lala, menu delight combo ini sepertinya boleh juga. 

 Delight Combo

Untuk minumnya saya memesan Shirley Temple. Dari deskripsi yang saya baca di buku menu, minuman ini terdiri dari campuran lemonade, lime juice, dan sirup grenadine. Saya tergelitik dengan tulisan yang tertera di sana, beautiful girls love this. Oke.. i choose this one, because i'm beautiful, and i know it! *grin

 Beautiful girls love this...

Suami memesan Virgin Sangria. Dia tergoda ama penampakan si virgin yang berisi potongan buah segar seperti apel, peach, anggur, jeruk keprok, perasan lemon dan kayu manis. Hmm.. saya sendiri pas ngebaca deskripsinya langsung nelen ludah saking ngebayangin segernya minuman ini. 

Tidak menunggu lama, pesanan kami pun datang satu per satu. Saya cukup takjub ngeliat sepanci sup ikan yang diantar ke meja kami. Setelah dijelaskan barulah saya mafhum bahwa sup ikan ukuran kecil di sini itu artinya adalah sepanci gede seperti ini. Sup ikan disajikan dalam panci dengan tungku pemanas di bawahnya, agar sup yang disajikan tetap hangat. Begitu tutup pancinya dibuka, aroma sup ikan yang segar langsung menguar di udara, wangi bangeeet.. Isiannya juga menggoda, potongan ikannya terlihat mendominasi di dalam panci. Sementara sayuran lain seperti irisan wortel dan tomat hijau cukup sebagai figuran saja. Sejumput nori yang ditambahkan ke dalam sup ikan ini bikin rasanya semakin kaya. Hmmm...

 Porsi small itu ternyata segede ini sodara...

Sup ikan ini rasanya segeeerr banget

Kepiting soka telur asin tampil cantik penuh warna dengan irisan cabe merah dan bawang bombay. Sebagai garnishnya ada daun selada, irisan timun, irisan tomat, dan daun peterseli. Telur asinnya membalur si kepiting soka dengan sempurna. Tekstur masir dari si telur asin terasa yummi kala berpadu dengan gurihnya daging kepiting soka. 

 Kepiting soka telur asin

Delight Combo pesanan Lala juga datang dengan tampilan cantik, dan dalam porsi yang cukup besar. Bocah kriwil yang picky eater itu makan dengan gelisah dan terkesan buru-buru ingin menyudahi acara makan. Sebentar-sebentar menoleh ke arah panggung. Pahamlah saya, bocah ini pasti pengen buru-buru main. Karena dia melihat saat itu, di atas panggung bocah-bocah kecil sepantaran dia tengah asik bermain di atas panggung.

 Mari makaaaan...

 Delight Combo

Dan benar saja, sewaktu telur ceplok, kentang goreng, chicken nugget, dan sosis dalam piringnya habis si bocah langsung lari ke arah panggung. Dan dengan PD-nya bergaya ala vokalis band. #anakguemahgituorangnya

Langsung bergaya ala vokalis band.. Niru siapa ini bocah.. *tepok jidat!

Sementara Lala asik mengeksplorasi panggung, yang memang disediakan untuk menghibur para tamu cafe, saya dan suami pun asik menikmati makanan yang tersaji di depan kami... Puas rasanya saya ngegadoin sepanci sup ikan yang rasanya seger banget itu.

 Minuman ini rasanya segeerrrrr banget!

Alhamdulillah.. perut kenyang, hati senang, pikiran pun tenang, ayo goyang dumang... Sesekali, menikmati makan malam bersama keluarga atau teman dalam suasana beda seperti ini tentu gak ada salahnya. Gak usah jauh-jauh keluar kota, cukup dengan menikmati makanan sambil ngeliatin kapal-kapal yang lalu lalang seperti ini udah bisa bikin pikiran rileks dan suasana hati jadi adem kok. Ya, gak salah lagi.. The Pier Cafe & Grill ini adalah tempat yang cocok untuk memanjakan rasa.

Akhir pekan bingung mau kemana? Kenapa gak coba ajak teman atau keluarga kamu nongkrong di The Pier Cafe & Grill? 

The Pier Batam - Cafe n Grill
Kawasan Harbour Bay, Blok R no. 09
Kel. Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Batam
Telp +62 778 408 1702 / +62 778 408 2900
www.thepierbatam.com

You Might Also Like

31 komentar

  1. wow... view nya asik ya mbak dee.. menunya pun banyak pilihannya...
    btw si kriwil lala selalu menebarkan pesona lucunya...gemes deh aku....hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak, The Pier ini viewnya asik banget.. makan malam sambil nikmatin suasana pinggir laut :)
      Hahahaha.. iya mbak Sarah.. si kriwil itu ada-ada aja tingkahnya *tepokjidat!

      Delete
  2. Mengingatkan Granny Nest Lampung perabotannya. Hai hai dek Lalaaa :) eh enak banget duduk pinggir laut gitu, pasti bikin galau para jomblo. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya.. aku pernah liat Granny Nest di blogmu.. Suka ama cafe yang punya pernik manis kayak gini :)
      Hahahaha.. yang jomblo galau mau ikutan duduk? atau mau ikutan jadi backing vocal? :D

      Delete
  3. hahahaha lalaaaa..lala...itu cowok sampe terpesonah ya xixixixi
    asik ya mbak tempatnya,itu supnya lumayan juga,porsi kecil segede itu pancinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. terpesona ato nggumun yo mbak.. :D Ini bocah dateng-dateng langsung ambil mic.. :D
      Iya mbak, sup ikannya beneran bikin aku takjub.. porsinya banyak bangeeet

      Delete
  4. Aku kesini jaman asean jazz festival

    ReplyDelete
  5. Wah pernak-perniknya lucuuuk, Ivon pasti ngebet pengin beli juga kalo liat itu hi3
    Lala seperti biasanya selalu gokil, ayo kapan video Lalanya dibikin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ajakin Ivone ke sini Wan... :)
      Iya niih mau bikin belum sempat-sempat.. Emaknya Lala suka (sok) sibuk siiih... :D

      Delete
  6. Wahhh keren tempatnya, hiasannya juga lucuk2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. hiasannya bikin pengen dibawa pulang #eh...

      Delete
  7. Wadooooh aku kalo kesana bingung mau makan apaa, semua doyan. Terus jg hrs ya bw kamera, fotogenic!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betul.. Kudu bawa kamera buat poto-poto.. Sayang kalo tempat kece begini dicuekin ya.. :)

      Delete
  8. NICE MOMENT, tempatnya indah sekali, Subhanallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempatnya emang cakep.. Mkasih udah mampir yaa... :)

      Delete
  9. Kalo mkn di tempat mengasyikkan sperti ini bikin betah aja berlama2 menikmati view laut yg eksoktis.Parahnya lagi gk mau pulang wkkks

    ReplyDelete
  10. Suasannya itu bikin ngilerrr kalo ngeliatnya, mau donk di ajakain kesana

    ReplyDelete
  11. Kalo tempatnya kayak begini mah ane juga betah nertahun2 #jadi pelayan

    ReplyDelete
  12. Tempatnya cakep mbak, sblm baca liat foto2nya dulu, kirain bukan di Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir ke sana Yan kalo malem Minggu.. :)

      Delete
  13. Aku bacanya asyik banget sambil nelan ludah.. Kesini ah.
    Makasih infonya mba Dian.. asyik banget ini tempat buat nongki malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Chay... iya tempatnya emang paling asik kalo buat nongki malem-malem. Apalagi kalo malem Minggu.. :)

      Delete
  14. WOW! Menarik sekali ulasannya mbak.. Masuk list place-to-go kita ah... Kayaknya kudu cobain sup ikannya yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mr. BD.. Iya, sup ikannya segerr.. porsinya banyaaak :D

      Delete
  15. Nongkrong manja kalo sore sambil menunggu makan malam itu nikmat banget memandang laut

    ReplyDelete
  16. biasanya saya dulu ke d'patros

    jadi ada rekomendasi tempat lain

    thank you kak dian

    ReplyDelete
  17. Hihi, jadi kangen deh sama tempat keceh yang satu ini..

    ReplyDelete