Terpikat Pesona Lombok Barat: Gili Tangkong dan Bangko-Bangko

Friday, March 25, 2016


Malam sudah semakin larut. Tapi saya belum juga merasa ngantuk. Kopi yang baru beberapa menit lalu saya seduh sudah kehilangan panasnya. Rupanya pendingin ruang di kamar D’Grande Hotel ini menunaikan tugasnya dengan baik. Iseng saya membuka-buka folder di laptop yang berisi foto-foto traveling. Pastinya sih foto-foto traveling saya ya, bukan foto-foto travelingnya Nadine Chandrawinata.. #apasih.. #abaikan

Satu folder langsung menarik perhatian saya. Isinya foto-foto saya di Lombok 6 tahun yang lalu. Saya langsung baper.. Hahaha.. Gimana gak baper, long weekend udah di depan mata, tapi saya gak punya rencana liburan kemana-mana. Eh, lah kok malah ngebuka folder yang isinya foto-foto traveling. Langsung deh kebayang sunset di Senggigi, birunya laut dan putihnya pasir di Gili Trawangan, juga damainya Gili Meno. Dan rasanya makin ngenes sewaktu yang melintas adalah bayangan nasi balap puyung dan ayam bakar taliwang, hahahaha.. #baperataulaper?

 Sunset di salah satu sudut Pantai Senggigi

Saya mengunjungi Gili Trawangan di tahun 2009, pada tahun 2010 saya kembali lagi ke Lombok dan ganti mengunjungi tetangganya Gili Trawangan, yaitu si Gili Meno. Pasti banyak yang protes, ke Gili Trawangan kok bukannya sekalian ke Gili Meno dan Gili Air sih? Hehehe.. Suka-suka saya donk. Itu kan cara saya menikmati perjalanan. Dan ngomong-ngomong soal menikmati perjalanan, saya ngerasa lebih bisa menikmati suasana tenang dan damai di Gili Meno dibanding hingar bingarnya Gili Trawangan. 

 Terdampar di Gili Trawangan.. #halah!

Pantang Bengong di Gili Tangkong

Saya memang kurang suka keramaian. Tempat-tempat yang menawarkan ketenangan jauh lebih menarik perhatian saya. Seperti pulau atau pantai yang masih jarang dikunjungi orang. Berada di tempat kayak gitu bikin kita serasa berada di pantai atau bahkan pulau pribadi. Contohnya Gili Tangkong yang ada di Sekotong ini.  

 Gili Tangkong

Nama Gili Tangkong mungkin belum se-famous trio Gili Tra-Men-A di Lombok Utara. Gili Tangkong ini berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Atau sekitar 70 km dari Kota Mataram. 

 Gili Tangkong

Keberadaannya yang belum begitu terendus radar para penggiat traveling menjadikan Gili Tangkong adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang mendamba suasana tenang dan damai layaknya di pulau pribadi. Kita bisa bebas mau berenang, mau snorkeling, atau mau jumpalitan keliling pulau juga gak bakal ada yang larang. Apalagi kalau cuma sekadar numpang bengong meratapi nasib menikmati suasana.. Eh tapi, rasanya sayang banget ya kalo datang ke tempat secakep ini cuma buat bengong :D

 Eh ada yang bengong :D

Gili Tangkong ini, meski pasirnya tidak terlalu putih, tapi airnya jerniiiih banget. Selain itu, pulau yang luasnya hanya 28 hektar ini juga mempunyai kekayaan laut yang menakjubkan. Perairannya yang masih sangat terjaga memungkinkan aneka biota laut hidup dan tumbuh subur di sini. Jadi cocok banget buat yang hobi snorkeling. Gak bawa alat snorkeling? Gak usah bingung.. Kamu bisa nyewa alat snorkeling lengkap termasuk pelampung dan fin seharga Rp 70 ribu di Dermaga Tawun di Sekotong. Praktis kan?

Pastinya praktis, soalnya kalau mau ke Gili Tangkong, rute umumnya memang dari Dermaga Tawun. Dari sana nanti baru nyebrang naik perahu ketingting ke Gili Tangkong. 

 Tempatnya enak banget buat ngelamun :D

Pacu Adrenalin di Desert Point

Kalau Gili Tangkong recommended bagi para pencari ketenangan dan penggemar snorkeling, ada juga tempat keren bagi penggemar selancar di Lombok Barat. Namanya Desert Point atau dikenal juga dengan nama Bangko-Bangko. Tempat ini dinobatkan sebagai salah satu tujuan wisata selancar terfavorit di dunia looh.. Dan kerennya lagi, Desert Point menempati urutan ke-6 dari 10 pantai tujuan surfing dengan ombak terganas versi International Surfing Association.

 Desert Point

Desert Point alias Bangko-Bangko ini memiliki jenis ombak yang khas, yaitu 'ombak kiri', atau yang dikenal dengan istilah lefthand. Maksudnya, ketika berselancar dan terdorong ombak, hanya bisa meluncur ke sisi kiri. 

 Cieee... yang lagi selancar..

Selain dikenal sebagai pantai tujuan surfing dengan ombak terganas, Desert Point ini juga disebut-sebut sebagi pantai dengan ombak terbaik di dunia. Di sini kamu bisa menemukan ombak berbentuk dinding cekung selama 10 detik atau bahkan mencapai 20 detik lamanya dengan dinding terpanjang yang mencapai 300 meter, ini merupakan sebuah moment penting yang paling ditunggu oleh para peselancar.  Keren banget ya?

 Cieeee... yang abis ngerasain selancar di Bangko-Bangko

Nah, kalau kamu tertarik ingin mengunjungi Desert Point ini, sebaiknya pilih waktu antara bulan Mei sampai Oktober. Di mana pada bulan-bulan tersebut ombak sedang pasang.

Selain menawarkan keindahan ombak untuk berselancar, kondisi pantainya yang bervariasi dari datar, bergelombang dan berbukit dengan bebatuan alam yang tampak kokoh dan pasir putihnya yang menghiasi pantai di bagian barat kawasan juga sayang untuk dilewatkan begitu saja looh..

 Bangko-Bangko

Untuk menuju Desert Point ini kamu bisa mengambil rute Mataram – Sekotong – Desert Point dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kalau naik angkutan umum, kamu bisa mulai dari terminal Mandalika Bertais tujuan Lembar. Dari terminal Lembar lanjut naik angkutan umum jurusan Labuan Poh.

***

Eh, kok saya jadi makin baper gini ya abis ngomongin 2 destinasi wisata keren yang ada di Lombok Barat. Ini baru 2 loh yang diomongin, padahal aslinya masih banyak banget tempat wisata keren di kawasan Lombok Barat.

Oh my God! Gak kerasa adzan subuh udah berkumandang niih.. Udah ah, jangan baper mulu. Ketahuan banget kalo kurang piknik, hahahaha… #tutupfolderfotoliburan #gantibrowsingtiket #sayamahgituorangnya

25.03.2016 05:00 WIB - Ditulis dari kamar nomor 209 D'Grande Hotel Batam

You Might Also Like

18 komentar

  1. Replies
    1. Iya Emaaaa.... Aku kangen Lombooook :)

      Delete
  2. Aaaaaw ada putri duyung terdampaaaar :)))

    Mbak, kenalin dong sama mas-mas bule itu. Mau nggak mereka aku ajak ngopi tanpa sianida di Gili Tangkong? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. jadi kangen terdampar lagi, eh jadi kangen ke Lombok lagi :D Yuk ke Gili Tangkong.. Aku pengen ke Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, pokoknya semuaaaaa...

      Delete
  3. Ya Allah kapan aku bisa kesini >_< mau nabung ah,..

    PS: kenalin ama bulenya donk mbak buhahahahaha


    http://blog.benyricardo.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk nabung.. Aku juga pengen ke Lombok lagi.. Lombok itu bikin kangen... Hahahaha kenalan sendiri donk :D

      Delete
  4. Potonya cakep-cakep ...tempatnya keren euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempatnya keren, dan bikin kangen pastinya... :)

      Delete
  5. Duh sayang banget waktu ke Lombok ga sempet ke Gili tangkong :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada alasan untuk balik lagi ke Lombok kan? :)

      Delete
  6. duh keren keren amat sih dilombok nih.....pernah sekali kelombok gk puas lah blom explore yang ini yang itu, hadehhh...semoga suatu saat nanti bisa main sana lagi. btw ada putri duyung terdampar tuh mba...gk ditolongin tuh aihh.........

    ReplyDelete
  7. Panorama Bangko-Bangko cantik banget ya, Mbak Dian :)

    ReplyDelete
  8. kalau udah baca cerita tentang lombok jadi kangen pengen balik kesana. Rasanya sedep dan menyenangkan hati

    ReplyDelete
  9. Gili Tangkong ini sebelah mana Gili Nanggu ya, mbak Dian? Saya baru sekali ke Lombok sih, tapi emang bikin nagih ingin balik lagi. Kalau bisa ke Gili Tangkong sama Bangko-Bangko :)

    ReplyDelete
  10. Gili tangkong, kece banget ya warna lautnya. Wah, lombok. Masih bikin penasaran..

    ReplyDelete
  11. mbak dian kangen lombok, nah aku ??? mimpi kelombok gak nyata2...huhuhuhu ....itu lombok ?? beneran lombok ??? aku mimpi aja lgi deh ada di lombok...hhhhhhaaaa menghela nafas panjang, kalo dah baca2 tentang si lombok ini...

    ReplyDelete
  12. Adalah iri dengki ketika membaca tulisan ini dari blogger yg bukan dari Lombok sedangkan aku yg udah bertahun2 di Lombok belum pernah kesini. Hiksss :(

    ReplyDelete