Staycation di Kaliban Hotel Batam

Tuesday, January 19, 2016


"Apa? Taliban?!"
Dan kamera pun menyorot wajah pelaku zoom in zoom out ala ala sinetron di televisi. 

Hahaha.. abaikan adegan ala ala sinetron di atas, dan fokus pada kalimat pertama aja. Soalnya itu pertanyaan yang selalu saya dapat sewaktu saya bilang kalau mau menginap di Kaliban Hotel. Iya sih, nama Kaliban Hotel emang cuma beda satu huruf ama gerakan nasionalis yang ada di Afghanistan itu. Tapi swear deh, kali ini saya sama sekali gak ada niat ngebahas tentang Taliban, saya cuma mau cerita soal Kaliban Hotel. 

 Penampakan Kaliban Hotel

Suatu sore yang cerah di bulan Januari 2016, saya dan teh Lina pemilik akun www.linasasmita.com janjian ngajak keluarga masing-masing untuk nginep di Kaliban Hotel. Wuaaah.. dalam rangka apa nih? Gak ada, kami cuma pengen cari suasana baru aja. Menikmati weekend bersama keluarga sambil staycation alias pindah bobo di hotel yang masih terbilang baru ini. 

 Kaliban Hotel waktu malam cakep ya...

Yang paling hepi ama acara staycation di hotel kayak gini tuh pastinya para bocah ya... Dan kali ini, begitu tau kalo kami perginya barengan, si Chila dan Lala jadi dobel hepinya. Iya, mereka hepi karena jadi ada temen main. 

 Tuh yang hepi bisa main bareng...

 Lobby hotel

Kami sama-sama memesan kamar type Deluxe Twin. Saya dapet kamar nomor 210 dan teh Lina di kamar nomor 212. Kamarnya cukup nyaman dan bersih. Perabotan di dalam kamar pun terlihat serba baru. Wajar sih, secara hotel ini kan baru grand opening pada 7 Agustus 2015 yang lalu. Jadi ya.. emang masih baru. 

Kamar nomer 210

Saya suka ama desainnya yang minimalis dan terkesan manis. Di dalam kamar seluas 24,5 m2 ini hanya ada 2 buah tempat tidur ukuran single. Sebuah meja yang hanya berupa ambalan kayu menempel di dinding dilengkapi dengan sebuah kursi. Di sudut lainnya ada drawer dan gantungan baju yang menempel pada sebuah panel kayu. Perpaduan warna kuning, coklat, dan putih pada interior dan furnitur hotel ini memberikan kesan cerah dan dinamis. 

 Drawer dan gantungan baju

 Meja tulis dan kursi

Kamar mandinya juga minimalis

Didominasi warna kuning, coklat, dan putih

Menjelang senja, saya dan teh Lina naik ke roof top di atas lantai 7. Niatnya sih kami pengen hunting sunset, mumpung para bocah lagi sibuk main game dan nonton kartun di youtube ditemenin ayahnya. Btw wi-fi di hotel ini kenceng looh... Makanya para bocah itu betah :D

Tapi berhubung sore itu mataharinya malu-malu ngumpet terus di balik awan, jadinya kami berdua cuma ngobrol-ngobrol aja di atas. 

 View dari roof top

Di Kaliban Hotel ini ada 50 kamar. 5 kamar type superior, 20 kamar type deluxe king, 20 kamar type deluxe twin, dan 5 kamar type suite. Lokasinya cukup strategis, deket banget ama pelabuhan ferry Batam Center, bakalan cocok nih buat tamu-tamu dari negeri tetangga yang ingin liburan ke Batam. Jaraknya cuma sekitar 5 menit loh dari pelabuhan ferry Batam Center. Dari bandara Hang Nadim juga gak terlalu jauh, cuma sekitar 15-20 menit aja.

Harganya cukup terjangkau. Untuk kamar type superior rate-nya 380 ribu/malam/kamar. Dan untuk kamar type deluxe rate-nya 480 ribu/malam/kamar. Sementara type suite rate-nya 550 ribu/malam/kamar.

 Kamar type deluxe twin

Dari hotel ada fasilitas free shuttle antar dan jemput dengan tujuan pelabuhan ferry Batam Center, Mega Mall, dan Pusat Informasi Haji. Jadwalnya sehari 3 kali. Untuk antar setiap jam 10.00, 14.00, dan 17.00. Sementara untuk jemput setiap jam 14.00, 17.00, dan 20.00. 

 Langsung asik nonton tipi

Menginap di Kaliban Hotel gak perlu khawatir kalo tiba-tiba kelaparan tengah malam. Ada O Hana Restaurant yang siap melayani 24 jam. Jelang midnight, sewaktu Lala masih asik 'numpang' di kamar teh Lina dan gak mau balik ke kamar sendiri, saya dan suami memilih kencan nongkrong di resto yang ada di lantai 1 hotel ini.

 O Hana Restaurant

Saya pesan coffee latte, sementara suami lebih memilih hot chocolate. Sebagai teman ngobrol, kami pun memesan pisang goreng keju. Lengkaplah sudah acara kencan kami, mumpung gak diganggu Lala, hahaha... 

 Coffee latte dan hot chocolate

mari ngemil.... :D

Nongkrong di O Hana Restaurant yang menjadi satu dengan Coffee Story ini nyaman banget. Selain karena pilihan makanan dan minumannya banyak, harganya juga terbilang ramah di kantong. Saat ini kebetulan sedang ada promo lunch packet seharga 35ribu rupiah nett, udah termasuk nasi dengan pilihan lauk, plus es teh. Pilihan menu paketnya cukup beragam, ada nasi + soto ayam, nasi + ayam kungfao, nasi + ayam rica-rica, mie goreng seafood/ayam, nasi + ayam bakar, nasi goreng, juga kwetiaw goreng ayam/seafood. 


Minggunya, pagi-pagi banget kami sepedaan ke Engku Putri. Emang udah niat siih, jadinya emang udah prepare bawa sepeda. Abis capek sepedaan, balik ke hotel pas banget waktunya sarapan..

 Yang lagi sepedaan di Engku Putri

Untuk menu sarapan, ada nasi dengan pilihan lauk ayam kecap, bihun, sayur lodeh, dan sambal goreng kentang. Selain itu ada bubur kacang hijau, juga roti panggang. 

 Life begin after coffee

 Ngopi dulu bray....

 Gak janjian tapi kok bisa kompakan ya emak dan anaknya... :D

 Ngopi-ngopi di teras asik juga...

Bocah-bocah itu malah pada main perosotan di depan hotel :D

Staycation alias pindah bobo seperti ini seru juga looh.. Cara liburan seperti ini bisa jadi alternatif buat para fakir cuti seperti saya gini. Ada yang mau coba juga?

Kaliban Hotel
Komp. Purimas Residence Blok C 25-28. Batam Center. Batam
Telp: 0778 - 6000 008
www.kalibanhotel.com

You Might Also Like

28 komentar

  1. Replies
    1. Yang superior sekitar 400ribu, deluxe 500ribu, dan suite 600ribu mbak..

      Delete
  2. Tema dekorasinya kuning...my favourite color

    ReplyDelete
  3. Aku langsung tertarik liat penampilan luarnya, dua pembuang udara AC di tiap kamar itu mirip mata, lucu. Apalagi warnanya kuning cerah ceriaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata mbak Tintin kayak minion... heheheehe....

      Delete
    2. Haha iya betul, karena disusun sedemikian rupa jadinya seperti aksen.

      Suka dengan penataan cahanya baik eksterior ataupun interior.

      Delete
    3. Iya, Yan.. pertam akali ngeliat dari foto temen juga aku tertarik ama bentuk bangunannya yang lucuk itu :D

      Delete
  4. Taxi take pikir Taliban juga *dordordor :)

    Gara2 tulusan ini pingin staycation alias pindah bobok, slama INI di hotel klo keluar kota DLM rangka Liburan. Apalagi NAJIN paling suka klo diajak dihotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak pindah bobok rame-rame nanti kalo wes mudik ke Gresik yaaa... :D

      Delete
  5. cakep kak.. kenal dengan marcommnya nggak? langsung colek marcomm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Colek mas Bams Nektar... #gakbisamention :D

      Delete
  6. Nyaman dan segar hotelnya
    Nyaman, yg plg penting kamar mandi juga nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak... penting tuh kamar mandi yang nyaman :)

      Delete
  7. Sekarang ini hotel2 pada cerah dan unik2 ya mbak bentuknya...
    Interiornya cenderung minimalis pula ya. Kapan ya saya ke Batam?

    ReplyDelete
  8. Keren hotelnya,., bentuknya mengikuti era 2010-an dengan konsep yang minimalis.,
    Hotelnya terlihat seperti tempat wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... suka ama hotel yang minimalis dan manis seperti ini...

      Delete
  9. wah tertarik mbak lihat warna nya, cerah ceria. Tarifnya gimana mba? semoga gak mahal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tarifnya baru aku tambahin... Harganya berkisar antara 380 ribu - 600 ribuan...

      Delete
  10. hotelnya lucu ya mbak... bangunannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ir... bangunannya lucu... dari jalan raya keliatan ngejreng banget ya :D

      Delete
  11. mau pindah bobo jg ahk, bosen di kosan yg sumpek kyk kapal pecah ni. hahahah...
    slam blogger batam mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii... salam kenal juga sesama blogger Batam :)

      Delete
  12. wah bagus ya hotel kalibannya...pasti mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratenya berkisar antara 380 ribu - 600 ribu mas...

      Delete
  13. Kirain tadi mejanya cuma meja kecil aja, ternyata ada meja untuk nulis2. Lumayan gede ini kamarnya. Kamar mandinya juga. Cocok lah buat ngabur sejenak buat bayar utang postingan hahaha. Btw, ada wifinya gak? kok gak dibahas? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wifinya ada.. kenceng banget.. Bocah-bocah sampe kesenengan nonton kartun di yutub... Itu baru kutambahin di postingan tentang wifinya. Makasih ya diingetin... :D

      Delete