2015... It's All About Friendship

Friday, January 01, 2016


Friends are like stars. Not always seen but they're always there - anonymous

2015 baru saja berlalu. Banyak kejutan yang saya dapat sepanjang tahun 2015 kemarin. Kejutan yang manis. Bahkan, rasanya jauh lebih manis dari apa yang berani saya bayangkan. Kejutan-kejutan manis itu datang lewat perantara para sahabat. Berkah silaturahim. Meski silaturahim itu hanya lewat dunia maya :)

Januari - 2015 diawali dengan sebuah tawaran menarik dari seorang sahabat, sebut saja inisialnya Katerina (inisialnya lengkap bener, hehehe) berupa peluang kerjasama dengan salah satu perusahaan e-commerce marketplace terbesar di Indonesia. Alhamdullilah, kesempatan ini benar-benar bikin semangat ngeblog saya yang sempat ngedrop karena #gagalmoveon dari Multiply, akhirnya bangkit lagi. Malah bisa dibilang lebih rajin dari jaman ngeMPi dulu. Sejak kerjasama dengan perusahaan e-commerce ini, dalam sebulan saya targetkan untuk mem-posting minimal 10 tulisan di blog. 

Awal tahun 2015 saya juga menanam tekad untuk mulai rajin lagi kirim tulisan ke media. Alhamdulillah, saya dikelilingi sahabat-sahabat yang rajin ngelempar kompor panas berisi letupan semangat. Gimana gak cepet 'terbakar' kalau kompor panas itu dilempar oleh mereka yang tulisan-tulisan perjalanannya hampir tiap minggu tayang di media. Mbak Irawati Prillia (www.keluargapelancong.net), mbak Zulfa (www.emakmbolang.com), dan mbak Katerina (www.travelerien.com) gak pernah bosan mengompori saya dengan tulisan-tulisan yang saling bergantian tayang di media. 

Di akhir Januari,  kenalan ama temen-temen baru yang lucuk-lucuk. Mereka menamakan diri sebagai Anak Pulau. Katanya sih komunitas jalan-jalan explore pulau-pulau di sekitar Batam, tapi pada kenyataannya di grup WA suka pada ribut olah vocal pake voice note, sama ribut banget kalo kuis. Mereka temen-temen yang nyenengin, lengkap dengan segala drama-dramanya ;)

Kemping bareng Anak Pulau di Pulau Putri

Februari - Sudah lama saya ingin punya kesempatan menimba ilmu tentang travel writing langsung dari ahlinya, tapi sayang kesempatan seperti ini terbilang langka di Batam. Alhamdulillah kesempatan itu datang juga di bulan Februari ini lewat sebuah acara sharing session yang disampaikan oleh Danan (www.dananwahyu.com), seorang narablog yang kerap menjuarai perlombaan menulis dari berbagai brand ternama. Sharing dari Danan ini hadir bagai siraman bensin yang tepat menyiram letupan api semangat yang tengah gencar dikobarkan oleh sahabat-sahabat saya di sebuah grup bernama BM (jangan dibaca Black Market ya..) di Facebook. Grup ini adalah booster semangat buat saya. 

 Jadi ngerasa mungil berdiri di sebelah Danan :D

Tak ada satu pun peristiwa di dunia ini yang terjadi secara kebetulan. Dan apapun itu, pasti menyimpan rencana terbaik dari-Nya. Perkenalan saya dengan para blogger baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong di grup BM menjadi pembuka pintu-pintu rejeki lain buat saya. Tak melulu soal materi, rejeki berupa jalinan persahabatan yang tulus dan ilmu yang selalu dibagi itu jauh lebih berarti buat saya. Makasih mbak Irawati Prillia, mbak Katerina, mbak Zulfa, mbak Ima (www.tamasyaku.com), Lestari (www.jejaksematawayang.com), Ihwan dan Ivone (www.keluargabiru.com), Priyo (www.anotherorion.com), teh Lina (www.linasasmita.com), Haryadi Yansyah (www.omnduut.com), mbak Dedew (www.dewirieka.com), Zahra (www.ijaah.com), Fatah (www.lafatah.wordpress.com), mbak Uniek (www.uniekkaswarganti.com), mbak Indri (www.syauqiya.com), Una (www.sittirasuna.com), mbak Eky (www.fardelynhacky.com), dan Hani (www.honeyliciouz.com)

Maret - Apa yang saya tanam sejak akhir tahun 2014, dan semakin gencar di awal tahun 2015 mulai membuahkan hasil. 3 tulisan perjalanan saya dimuat di media. Tulisan tentang Pulau Penyengat tayang di harian Kedaulatan Rakyat, tulisan tentang Pulau Ubin dimuat di majalah My Lovely Holidays, dan tulisan tentang Chinese Garden mejeng di majalah Anakku. 

 Tulisan tentang Pulau Ubin di majalah My Lovely Holidays

April - Bergabung menjadi relawan Kelas Inspirasi Batam merupakan salah satu my best moment in life. Ini yang saya rasakan setelah selesai berbagi inspirasi di SDN 006 Batuaji. Meski mungkin hanya sedikit, tapi saya ngerasa seneng karena udah bisa berbagi pada generasi penerus bangsa tentang impian dan cita-cita. Dan yang jauh lebih penting, bersama para relawan KIB, saya seolah menemukan keluarga baru. Dari mereka saya belajar banyak hal, tentang ketulusan dan semangat untuk terus menebar inspirasi.

 Bersama murid-murid kelas 6 di SDN 006 Batuaji

Mei - Akhirnya bisa kopdar ama Haryadi Yansyah, blogger Palembang pemilik blog www.omnduut.com. Saya kenal Yayan, begitu biasa saya memanggilnya, sejak jaman di Multiply dulu. Ya, meskipun kenalnya justru beberapa minggu sebelum Multiply bubar, tapi alhamdulillah pertemanan kami berlanjut sampai sekarang.

 Mungil banget ya gueeee.... #tutupmuka

Juni - Bulan ini saya hepi banget. Saya menjadi salah satu yang beruntung menang lomba blog #TiketGratisTraveloka. Tulisan saya Tentang Rindu yang Harus Dibayar Lunas, yang saya tulis sepenuh hati untuk Etin, sahabat yang paling ingin saya temui ternyata menarik perhatian juri. Hadiahnya? 2 tiket PP citilink ke destinasi manapun di Indonesia. Berhubung saya emang pengeeen banget ketemu Etin, jadi dengan tanpa ragu saya memilih penerbangan Batam-Padang. Demi rindu yang harus dibayar lunas ;)

Di bulan ini, untuk pertama kalinya saya diminta untuk sharing tentang dunia kepenulisan. Kesempatan ini datang lewat Kasiyanto, seorang teman yang saya kenal di Kelas Inspirasi Batam. Dengan kemampuan menulis yang bahkan belum ada seujung kuku pun, saya diminta untuk berbicara di depan anak-anak penerima beasiswa dari Daarut Tauhid. Rasanya nano-nano banget! Ini pengalaman yang luar biasa buat saya.  

 Bersama adik-adik penerima beasiswa Daarut Tauhid

Juli - The power of friendship. Kekuatan rindu dan doa akhirnya mengantarkan saya ke Padang, #eciyeee.... Sambil menikmati indahnya Ranah Minang, saya bisa temu kangen ama sahabat yang udah 9 tahun gak ketemu. Karena hadiahnya 2 tiket PP, saya bisa ngajak Lala sekalian. Trus suami beli tiket sendiri, jadilah kami sekalian liburan keluarga, hahaha... 

 Akhirnya bisa ketemuan sekalian ama keluarga masing-masing :)

Agustus - Finally I meet them! Sahabat maya itu akhirnya menjelma nyata dalam sebuah perjalanan seru keliling Semarang. Bisa bertemu langsung dengan satu per satu sahabat maya itu rasanya tak terbayangkan. Apalagi kalo ketemuannya rame-rame, wuiiih... Senengnya dobel-dobel! Akhirnya bisa ketemu langsung ama mbak Rien, Lestari, mbak Ima & mas Elton, Ihwan, Ivone, mbak Uniek, mbak Indri, mbak Dedew, dan yang gak nyangka bisa ketemu juga ama Ozie temen di pesantren dulu.

 Lawang Sewu jadi saksi... cieee....

Serunya ketemu sahabat dari dunia maya itu, rasanya kita udah kenal deket ama mereka. Menebak-nebak, kira-kira sosok aslinya sama gak ya dengan apa yang selama ini ditampilkan di blognya? Alhamdulillah, setelah bertemu dan jalan bareng mereka, saya makin bersyukur karena diijinkan berada dalam lingkaran pertemanan yang positif seperti ini. Kalau yang lain saling ribut sikut-sikutan rebutan job review, kami malah asik berbagi rejeki, saling support atas pencapaian teman lain. 

 Tuhan gak pernah salah mengetuk pintu rejeki, jadi gak perlu deh saling serobot rejeki orang ;)

September - Bulan ini, meski asap menyelimuti sebagian wilayah Indonesia bagian barat, termasuk Batam, tapi saya merasa hati saya penuh warna. Bukan.. Saya bukannya tak berempati atas apa yang dirasakan saudara-saudara saya di Sumatra sana, tapi di bulan ini saya bersyukur masih bisa ambil bagian dalam kegiatan KIB hinterland. Berbagi inspirasi dan keceriaan dengan bocah-bocah di SDN 005 Galang di Pulau Panjang. Sekali lagi saya bersyukur, dipertemukan dengan sahabat-sahabat yang memiliki energi positif seperti para relawan KIB ini. 

 Di antara murid-murid kelas 4 SDN 005 Galang di Pulau Panjang

Oktober - Jadi pemenang lomba review OPPO FYI Experience Tour, jadi pemenang lomba hari batik Parador, dan menang lomba menulis blog yang diselenggaralan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB. Bulan ini saya benar-benar ketiban rejeki nomplok. Alhamdulillah banget!
Di bulan ini saya juga berkesempatan berpartisipasi di Kelas Inspirasi Tanjungpinang. Nambah pengalaman baru, dan pastinya nambah saudara baru lagi :)

 Ikutan OPPO FYI Exp Tour, dan menang lomba review :)

Mereka adalah saudara :)

November - Saya menjejak Bumi Seribu Masjid untuk yang ke-3 kalinya. Tapi perjalanan kali ini tak kalah istimewanya dengan 2 kunjungan saya sebelumnya. Kali ini saya mengunjungi Lombok dalam rangka #TWGathering2015 yang diselenggarakan oleh BPPD NTB. Hepi banget rasanya bisa punya kesempatan kenal dan jalan bareng para blogger femes, seperti mbak Indri Juwono (www.tindaktandukarsitek.com), Adie Riyanto (www.adiedoes.blogspot.com), Pungky Prayitno (www.pungkyprayitno.com), Lutfi Retno (www.kotakpermen.com), Yusuf Nugraha (www.nusalogi.com), Subhan (www.subhanhanyahans.wordpress.com), Maisya Farhati (www.maisyafarhati.com), Ikhsan Anugerah (www.ikhsananugrah18.blogspot.com), Zahra (www.ijaah.com), dan Ema Kaktus (www.kaktusgenius.com). Ini bener-bener pengalaman berharga buat saya. 

 Bersama para blogger peserta #TWGathering2015

Desember - Bulan ini sekali lagi saya berpartisipasi di hari inspirasi KIB5. Jadi dalam rentang tahun 2015 ini, saya ikutan 4 kali kegiatan Kelas Inspirasi. Alhamdulillah...  

Dan saya menutup tahun 2015 ini dengan aneka job review 4 penghargaan di dunia blogging, 29 tulisan di media, puluhan sahabat, dan beratus pengalaman berharga. Alhamdulillah #berkahngeblog tahun 2015 ini disponsori oleh para sahabat yang luar biasa! 

Terima kasih untuk 2015 yang penuh keajaiban ini, Tuhan... Sahabat-sahabat yang Kau kirim itu adalah rejeki tak ternilai...


 Friendship is sharing openly, laughing often, trusting always, and caring deeply - anonymous

1 Januari 2016
Selamat tahun baru 2016, dari lantai 8 Harbour Bay Amir Hotel

You Might Also Like

47 komentar

  1. Wowwwww, Mbak Dee An ciamik soro. Moga tahun ini tambah gemilang, Mbak... aamiin. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku banyak belajar dari mbak Ira nih :) Makasih ya, mbak..
      Sukses selalu juga buat mbak Ira...

      Delete
  2. Sebuah kebanggaan bisa ketemu mbak Dee dan temen-temen yang lain :) sisanya, semoga tahun depan ^_^ amiiinnn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, akhirnya bisa ketemu Yayan yang ternyata aslinya sama nyenenginnya seperti postingan-postingan di blognya :)

      Delete
  3. Duh, dalem dalem dalem. Nuhun yak udah nyebut namaku di tulisan ini. Terhura, eh terharuuu :))) *nyari lap pel*

    ReplyDelete
    Replies
    1. #sodorinkainpel....
      Insya Allah kita ketemu dan jalan bareng lagi ya.. Tahun ini, tahun depan, dan tahun-tahun berikutnya.. aamiin...

      Delete
  4. Woooooo kerennya
    Sukses terus ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses selalu juga buat mbak Arni ya :)

      Delete
  5. Alhamdulillah.... Seneng akhirnya bisa ketemu mba Dee An yang namanya sering kutemukan di buku dan blog ^_^ Semoga semakin produktif ya mba dan keluarganya pun senantiasa bahagia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnyaaaaa... bisa ketemuan ama Zahra yang aslinya lebih cantik dan baik ini :) Moga kita bisa ketemu dan jalan bareng lagi ya, neng... Sukses selalu juga buat Zahra :)

      Delete
  6. Aku terharu baca tulisan ini T_T

    Semoga semua pencapaian-pencapaian baik mbak Dian selama ini bermanfaat dan berkah bagi hidup mbak Dian di masa yang akan datang.

    Tidak ada yang lebih indah selain mengenal, dekat, dan tetap terjalin dengan teman-teman baik yang selama ini berada dalam lingkungan yang positif.

    Sukses selalu buat mbak Dian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rieeeeeen... Makasih yaaa udah selalu jadi kompor selama ini, udah jadi pembuka rejeki buat aku juga temen-temen BM lainnya.. Allah yang bales ya, mbak :)

      Delete
  7. dan aku dapet siraman bensin juga donk tahun 2015, gegara gabung *uhuk!* alhmadulilah bisa nabung untuk piknik ke eropa.

    mungkin yg belum kesampean tahun 2015, nulis ke media cetak. hahahhah masih ngga pede dan ngerasa ngga sempet *kebanyakan mikir*

    tapi tahun 2015 seru banget emak banyak impian yg kesampean , piknik yg tadinya mimpi, kumpul dengan temen blogger batam.

    kayaknya aku musti bikin kilas balik untuk mengucap rasa sukur. walau kadang banyak cerita ngga manis tapi Tuhan tahu saat yg tepat memberikan rejeki... rejeki ngga cuma materi, tapi sahabat2 baru, saudara2 baru...

    *numpang curhat*


    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng ya akhirnya bisa kumpul-kumpul tiap hari ama blogger Batam, meski cuma lewat WA.. hahahaha....

      *sodorin kopi ama cemilan buat temen curhat :)

      Delete
  8. Kok aku ikut merasa bangga ya mbak bacanya.. :')
    Proud of you mbak dee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah sekian lama numpang ngintipin blognya, akhirnya bisa juga ketemuan ama owner blog femes jalankemanagitu.com :)

      Delete
  9. Speechless aku baca ini. Alhamdulillah, banyak banget ya berkah di tahun 2015 ini. Selain dimuat di media, jalan2 gratis, menang lomba ini itu, dan ketemu teman2 baru. Senang sekali juga akhirnya bisa bertemu langsung sama mbak Dee An (taunya itu dulu namanya dari Lalu Abdul Fatah). Semoga 2016 lebih banyak lagi ya capaian prestasinya.

    Btw, mbak-mbak yang ditulis inisialnya itu eksis banget sih di mana-mana. Di media cetak jugak. hahaha

    *dijorokin ke jurang* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahahahaha... mbak yang itu emang eksis banget.. Eksis karena baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong :)
      Seneng akhirnya bisa kenal dan ketemu langsung ama Aurel, eh Adie Riyanto :D

      Delete
  10. Selamat untuk pencapaiannya ya mba dee.. Bangga bisa mengenalmu.. Bisa dekat dan bersahabat di dunia maya.. Setuju banget bahwa persahabatan itu tersirat dan tersurat. Semoga 2016 kita ketemu lagi di belahan bumiNya yaa.. Aamiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Imaaa.. aku juga seneeeeng banget bisa kenal dan ketemu langsung ama dirimu yang manis dan baik hati ituuu :)
      Aaamiin.. Moga kita bis aketemu lagi dan jalan bareng lagi yaa... Sekalian selfie bareng pastinya, hehehe...

      Delete
  11. idiiihhh yang baca aja ikut merasakan kesenangannya palagi mbak deenya...ketika mbak dapat banyak ilmu, tetaplah berbagi ilmu juga pada yang kami2 yang masih miskin ilmu ni mbk... semoga sehat selalu ya mbak..biar terus bisa berbagi dimanapun kapanpun dan dalam bentuk apapun..meski hanya sebuah informasi dari dumay...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng juga akhirnya bisa kenal ama mbak Sarah lewat Anak Pulau :)
      Kapan kita halan-halan bareng lagi mbak? :)

      Delete
  12. Aku baru ngeh kalo ternyata selisi tinggi badanmu ama Yayan lumayan juga yak, duh ntar kalo kopdar aku harus pake high heels neh :D
    Selamat ya Dee atas semua pencapainmu di tahun 2015 ini, semoga tahun 2016 makin meningkat, aamiin.
    Trus makasih atas persahabatan yang telah terjalin selama ini, dari MP-Mozaik hingga sekarang di JJS, senang bisa mengenal seorang wanita petualang yang tangguh sepertimu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... pake high heels 10 senti, Wan biar PD bediri di sebelah Yayan :D
      Makasih juga, Wan.. udah jadi temen curcol yang menyenangkan selama ini :) Pencapaian keluargabiru di tahun 2015 ini juga amazing banget looh... Sukses selalu ya...

      Delete
    2. Nggak sekalian pake enggrang aja Wan? jajajajajaja.

      Delete
  13. Bahagianya bisa bertemu dengan blogger keren sepertimu Mba Dee, semoga pertemanan kita abadi selamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Unieeeek... Setelah sebuku beberapa tahun yang lalu, akhirnya kesampaian juga ketemu ama mbak Uniek yang rame dan renyah, serenyah kerupuk di warung mbak Tum, hehehehe...
      Aamiin.. aamiin.. semoga pertemanan kita abadi ya mbak :)

      Delete
  14. Seneng bisa ketemu Mbak Dian hehe.. Sebelumnya sering denger nama Dee An, terutama pas Fatah publish buku hehe.. Eh ternyata ketemu di Lombok. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini icha yang dulu juga ngeblog di Multiply kah?

      Delete
    2. tahun 2015 beneran marvelous buat banyak blogger yo mbak, aku juga ngerasa gitu

      Delete
    3. Hahahahahaha... blogger galau, Cha.. Ganti-ganti nama pena :D :D
      Seneng bisa kenal Icha, meskipun cuma sempat ngobrol-ngobrol bentar.. Mudahan next time kita bisa jalan bareng lagi ya :)

      Delete
    4. Priyo, iya... Icha ini dulu MPers juga. Tapi waktu di MP aku belum kenal dia...

      Delete
    5. Makasih banget atas ilmu dan sharing-sharingnya ya, Yo.. Makasih juga udah sering jadi perantara rejeki buat aku juga temen-temen lainnya.. Allah yang bales ya :)

      Delete
  15. Keren sekali Mbak 2015 muuu... aku juga ikut terbakar... terbakar ngapain yaaa :v Selamat untuk tahun 2015-nya, happy new yearrr!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2015 mu juga keren banget, dear.... Perjalanan-perjalananmu di tahun 2015 kemaren WOW banget looh.. Pengen banget ketemu dirimu niih.. Waktu di Surabaya dan Lombok kemaren kita selisipan jalan ya :D

      Delete
  16. luaaarrr biasa.. 2015 keren abis ya kak :)
    mugi2 saya bisa ketemuan ama kak Dian di tahun ini, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Aku pengen banget ke Aceh, Yud..
      Jadiin resolusi 2016 ah.. Pengen ke Aceh, pengen ketemu ama blogger Aceh yang famous ini :) aamiin...

      Delete
  17. Bahagia banget ya mbak menemukan banyak sahabat, apalagi dapet hadiah menang lomba , hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. bahagianya jadi dobel-dobel :)

      Delete
  18. Tahun yang LUAR BIASA buat Mbak Dian ya...sibuk dan menghasilkan banyak hal...tapi setuju, pertemanan selalu membuka pintu rejeki yang lebih luas..bahkan lebih dari sekedar materi. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Punya temen yang selalu menularkan aura positif itu merupakan rejeki tak ternilai :)

      Delete
  19. Duh, kapan ketemu akunya ya, Mba Dian .. :(

    #BerbagiLewatKata | http://www.noerazhka.com/2016/01/08/ngebet-makan-di-solo/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Padahal aku udah ke Semarang, dan dirimu jug audah nyampe Batam. Tapi emang belum jodoh kita ya... :(

      Delete
  20. Alhamdulillah serunyaaa 2015 mba dee, semoga 2016 makin kinclong prestasinya, makin semangat berbagi lewat tulisan aamiin :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Seneng bisa ketemu penulis keren dan humble sepertimu, mbak :)

      Delete
  21. wah keren, mereview satu persatu apa yang terjadi di tiap bulannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. kebetulan tiap bulan ada cerita menarik bersama para sahabat :)

      Delete