Tahu Kupat Magelang Bikin Lidah Bergoyang

Wednesday, December 23, 2015


Dalam perjalanan dari Jogja menuju Temanggung, adik saya mengajak singgah di sebuah warung tahu kupat yang cukup terkenal di Magelang. Tahu kupat atau biasa juga disebut kupat tahu ini memang merupakan kuliner khas Magelang. Pertama kali mencicipinya bertahun lalu, saya langsung suka ama paduan rasanya yang segar dan sedikit manis.

 Nunggu pesanan, pose dulu :D

Lama gak menyantap tahu kupat, akhirnya kesampaian juga di Batam. Ada yang jual kupat tahu Magelang gak jauh dari tempat tinggal saya. Menurut saya rasanya enak. Sama seperti kupat tahu yang pernah saya cicipi di Magelang dulu. Apalagi kalo ditambah irisan mendoan. Wuidiiih.. Rasanya makin mantap! Tapi sayang, tempat dimana warung kupat tahu ini berada dibongkar, soalnya di tempat itu mau dibangun ruko. Sampai sekarang saya ga tau, warungnya pindah kemana?

Oiya, saya hampir lupa ngejelasin, kayak apa sih kupat tahu ini? Kupat tahu ini pastinya sih terdiri dari kupat alias ketupat dan tahu goreng yang dipotong kotak, trus ditambah irisan kol dan toge yang direbus. Sebagai pelengkapnya ditambah kacang tanah yang diulek kasar bareng bawang putih dan cabe. Jumlah cabenya bisa direquest sesuai keinginan kita. Mau yang pedas, sedang, atau tidak pedas sama sekali. Trus terakhir, disiram pake kuah yang rasanya sedikit manis dan seger banget. Dan yang terpenting, bebas pengawet dan vetsin. Lebih mantap kalo ditambah irisan mendoan. 

Balik lagi ke Magelang, ternyata adik saya mengajak singgah di warung Tahu Kupat Pelopor Mbok Bakowi. Warung bercat biru ini katanya merupakan salah satu warung tahu kupat yang cukup femes di Magelang. Letaknya persis di depan Stasiun Blabak. Errr.. mungkin lebih tepat kalo dibilang bekas stasiun kali ya, soalnya stasiunnya emang udah gak ada. Tapi rupanya nama Stasiun Blabak sudah terlanjur melekat hingga saat ini. 

 Tahu Kupat Pelopor

Sesuai namanya, Tahu Kupat Pelopor Mbok Bakowi ini sudah beroperasi sejak tahun 1965. Sebagai pelopor di bidang per-tahu kupat-an, soal rasa sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi, layak diacungi jempol! Rasanya juara! Saya suka perpaduan rasa pedas, manis, dan segarnya. Semua terasa pas di lidah. Menulis ini saja, saya sudah membayangkan nikmatnya si tahu kupat. #lapiler... 

 Tahu kupat ini enaaaak!

Warungnya sederhana aja, tapi pengunjungnya rame banget. Cuma ada beberapa meja kayu dan kursi-kursi plastik. Sebuah etalase di bagian depan warung juga berfungsi sebagai tempat meracik tahu kupat. Jadi kita bisa menyaksikan langsung proses pembuatan tahu kupat ini... 

 Pemiliknya mungkin penggemar warna biru :D

 Bisa sambil ngeliat proses penyajiannya...

Kalo kamu lagi berkendara dari Jogja menuju Magelang, coba deh mampir di warung Tahu Kupat Pelopor ini. Soal harga gak perlu kuatir. Seporsi tahu kupat harganya cuma 8ribu rupiah. Jelas gak akan bikin dompet kamu bolong kan? 

 Daftar harganya. Terjangkau kan?

Mari makaaaan....

Tahu Kupat Pelopor Mbok Bakowi
Jl. Raya Blabak Magelang (depan Stasiun Blabak)
Telp: (0293) 3820455
Jam buka: 09.30 - 21.30 WIB

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku suka banget nih tahu kupatnya mba, segeeeeerrrr

    ReplyDelete
  2. aarkk mendadak ngiler aku mbak,lama g makan tahu kupat^^

    ReplyDelete
  3. Kupat tahu Magelang mirip sama kupat tahu Purworejo...kalo di Purworejo biasanya pake kecp buatan sendiri dari campuran gula jawa dg salam, serai, lengkuas....hmm enaaak

    ReplyDelete
  4. Wadah kerupuknya unik, kayak kap lampu hahaha

    ReplyDelete