Surabi Bandung yuk, gaes!

Tuesday, December 29, 2015

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi

Aroma durian seketika menguar di sekitar kami. Membuat beberapa kepala reflek menoleh ke sumber bau. Beberapa di antara mereka terlihat begitu menikmati aromanya. Tapi ada juga yang cepat-cepat menutup hidung dan menatap tak suka ke arah sumber bau. Dan sialnya, aroma durian yang menguar tajam itu berasal dari piring yang ada di depan suami saya.  

Suami tersenyum sumringah memandang surabi pesanannya yang baru saja diantarkan. Surabi itu yang membuat udara di sekeliling kami menjadi beraroma durian, tepatnya dari saus duriannya yang kental dan berwarna kuning pucat. 

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi
 Surabi durian

Bagi penggemar durian, aroma yang seperti itu pastinya menggoda banget. Tapi buat mereka yang tidak suka, aroma durian yang tajam dan menyengat itu justru bikin mual. Dan saya, termasuk dalam golongan ini. Saya tidak suka durian. Titik. Jadi saya cuma bisa mengernyit sambil menutup hidung. Menurut suami saya, surabi duriannya enak banget. Saus duriannya bukan sekadar diberi perasa durian, tapi benar-benar dibuat dari buah durian asli. Pantas saja aromanya menyengat dan tajam khas durian beneran. Emang ada gitu ya durian boongan? *grin...

Untung tak lama kemudian surabi pesanan saya datang. Dan tentu saja, saya tidak memesan surabi durian. Yang saya pesan adalah surabi abon. Dengan taburan abon yang melimpah ditambah siraman saus pedas manis yang nikmat. Buat saya, saus pedas manisnya yang berwarna oranye terlihat lebih menggoda dibanding saus kuning pucat beraroma durian pesanan suami saya. 

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi
 Surabi abon

Untungnya surabi Bandung ini menyediakan surabi dengan berbagai macam topping, jadi kita bisa memesan sesuai selera. Selain topping durian dan abon seperti pesanan kami itu, ada juga topping nangka, keju, coklat, coklat keju, jagung keju, pisang keju, tempe, telur, dan masih banyak lagi sampe saya gak hapal satu per satu.. :D

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi
 Surabi coklat keju ini kesukaan Lala

Selain surabi durian, favorit suami saya adalah surabi jagung keju. Kalau saya sih lebih suka surabi dengan topping asin, seperti surabi abon atau surabi telur. Siraman saus pedas manisnya itu yang bikin rasanya jadi makin enak. Rasa surabinya sendiri sudah enak, teksturnya lembut, kelapanya juga terasa banget. Surabi-surabi ini dipanggang di atas tungku tanah liat yang bikin rasa dan aromanya jadi makin nikmat. 

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi
 Surabi telur dan surabi jagung keju

Saya penasaran ama surabi Bandung ini gara-gara kak Rina (www.jalanrina.com) yang hampir tiap hari kirim foto di grup WA kalo lagi makan surabi di sini. Dan hampir selalu juga yang dipostingnya adalah surabi durian. Lama-lama saya penasaran juga. Pastinya bukan penasaran ama surabi duriannya, tapi penasaran ama surabi telur dan abon, yang akhirnya justru jadi surabi favorit saya. 

Surabi Bandung ini ternyata juga jadi favorit temen-temen saya di komunitas Anak Pulau. Mereka sampe rela jauh-jauh dari Batam Center atau Nagoya cuma demi makan surabi ini. Malah seringnya kalo abis pada nge-pulau, pasti pada rame-rame singgah dulu makan surabi di sini sebelum pulang ke rumah masing-masing. 

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi
 Surabinya dimasak dulu...

"Surabi Bandung yuk, gaes!" ajakan seperti ini sering banget tiba-tiba muncul di grup WA Anak Pulau, dan biasanya selalu dapat sambutan hangat. Kalaupun gak ada yang menyambut, biasanya kak Rina tetap pergi sendiri makan surabi di sana. Kayaknya kakak yang satu ini bakal sakaw kalo dalam seminggu gak makan surabi, hahahaha.. 

Stand surabi Bandung ini kecil aja. Tempatnya pun masih 'numpang' di depan warung kopi tiam yang ada di Mall Top 100 Tembesi. Tapi pembelinya rame banget, sampe antri-antri. Kadang kita ngeliat antriannya gak panjang, cuma 1-2 orang aja. Tapi ternyata masing-masing orang itu beli surabi dibungkus sampe 5 bahkan 6 porsi. 

surabi bandung, surabi bandung batam, top 100 tembesi
 Stand-nya kecil aja...

Penasaran ama surabi Bandung yang paling femes di kawasan Batuaji ini? Cusss dateng aja ke Mall Top 100 Tembesi, Batuaji. Stand surabinya ada di depan kopitiam, di sebelah bank BTN Syariah. Kalo mau ke sana sorean aja, soalnya kalo lewat jam 7 malam biasanya surabinya udah abis. Seporsi surabi harganya berkisar antara 7 ribu - 10 ribu. Gak mahal-mahal banget, kan?

Surabi Bandung yuk, gaes!

You Might Also Like

15 komentar

  1. kirain surabi yang asin (toping telur,abon dll) itu nggak enak,aneh..ternyata enak banget ya mbak,aku dulu nyobain yang telur waktu di malang,henak ternyata....yang abon,bikin ngecess^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. ternyata malah lebih enak daripada surabi topping manis ya....

      Delete
  2. Surabi itu bikin kecanduan. Mudah2an ga "digulung" ama yg berwajib :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... yang berwajib pasti kecanduan juga kalo udah nyicipin ya :D

      Delete
  3. Kalo di Malang ada serabi imut, wes pernah nyoba lum Dee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah, Wan... Tulis donk tentang serabi imut...

      Delete
  4. Eh aku juga suka lho surabi ginian. Paling asyik di Bogor, arah ke Puncak. Kalau ke sana suka mampir. Harganya agak mahalan dikit sih, sekitar 12rb-an. Tapi, kalau disuruh makan duriannya doang gak mau. Gak tau sih, gak suka aja. Sering dapat cibiran orang paling merugi gara-gara gak suka durian. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak suka durian... Biar deh diledekin, lah wong emang gak suka kok.. :D

      Delete
  5. Belum ke sana lagi padahal udah kepengen banget eh untung dapat kiriman dari Bundanya Lala. Haha. Tengkyuuu muah muah muah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. itu juga langsung keingetan ama postingan teteh yang ngidam surabi, makanya dibungkusin :D

      Delete
  6. Sini cobain surabi bandung yang asli mba dee ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya.. kemaren waktu ke Bandung malah gak kepikiran nyobain surabi :D

      Delete
  7. Surabinya enak, tapi jauh bingiiitt -_____-

    ReplyDelete
  8. AKu tahu nyobak nang Bandung. Beuhhhhh ngantrine suwe tapi. ira

    ReplyDelete