Berburu Camilan dalam Expo Gelar Produk Daerah 2015 di Mega Mall Batam

Wednesday, December 09, 2015


Teman-teman ada yang suka dateng ke pameran atau expo gak? Kalo saya sih jangan ditanya, saya tuh paling suka datang ke acara pameran atau expo. Terutama yang digelar oleh Dinas Pariwisata. Atau yang dihelat oleh Dinas Pertanian juga Dinas Perikanan dan Kelautan, itu seru juga looh. Rasanya seperti bisa keliling Indonesia dalam sekali jalan, hehehe..  

Di pameran pariwisata, biasanya saya memuaskan hasrat #maksudloooh?! untuk berburu harta karun. Hahaha.. harta karun bagi saya itu gak lebih dari selembar travel map, atau buku-buku pariwisata. Sukur-sukur kalo ada yang ngebonusin gantungan kunci, postcard, atau pernik-pernik lucu lainnya. Hepi banget pastinya :)

 Harta karun hasil berburu di pameran

Nah kalo pamerannya adalah hasil olahan produk pertanian atau perikanan, itu lebih bikin hepi lagi.. Soalnya bakalan banyak tester yang bisa diicip-icip di sana, hahaha... #dasartesterhunter. Kalo ada yang cocok, bungkus bawa pulang buat dilanjutin ngemilnya di rumah :) Gitu terus dari stand yang satu ke stand lainnya. 

Yang seru biasanya di event pameran kayak gitu kita bisa sekalian ngobrol-ngobrol ama penjaga standnya. Ngulik banyak hal tentang potensi suatu daerah itu seru banget looh. Kayak kemaren waktu ada Gelar Produk Daerah (GPD Expo 2015) di Mega Mall, Batam Center. 

 GPD Expo 2015

Awalnya saya ama temen saya, Damar gak sengaja 'terjebak' di area pameran itu. Kenapa saya bilang terjebak? Ya karena waktu itu kami emang gak ada rencana mau dateng ke pameran. Hari itu kami niatnya mau ikutan demo buruh di kantor Walikota, yang kebetulan lokasinya ada di belakang Mega Mall ini. Dengan niat mau ngadem bentar di mall, akhirnya kami berdua malah keasikan dan menikmati momen terjebak di area pameran ini. Gimana gak betah kalo setiap stand dengan ramahnya nyodorin tester yang boleh kami coba sebanyak kami mau.. #pasangmukatembok #pantangnolakrejeki

Di stand Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, kami berdua puas ngegadoin bawang goreng. Pastinya udah pada tau kan, kalo Palu emang terkenal ama bawang gorengnya yang gurih, wangi, dan crunchy itu. Dan yang kami baru tau, ternyata bawang yang dipake buat bikin bawang goreng ini emang bawang khusus, jadi bukan bawang biasa. Kalo saya bilang, tampilan si bawang yang khusus buat bawang ini adalah perpaduan dari bawang merah dan bawang putih. Warnanya gak semerah bawang merah biasa, tapi juga gak putih-putih banget. Begitu juga ukurannya, lebih langsing dari bawang merah biasa. 

 Ini bawang yang khusus buat bawang goreng

Kalo yang ini sih udah pasti pada tau... :D

Si Damar ngeborong beberapa bungkus bawang goreng buat persediaan logistik di kantor. Dan selama beberapa hari ke depan, apapun makanan kami, selalu ada taburan bawang goreng khas Palu yang menemani. Bukan itu aja, Damar juga dikasih umbi bawang buat ditanem, ya kali aja bisa tumbuh di Batam :)

 Transaksi bawang goreng :D

Cieee. yang dapet umbi bawang :D

Dari Sulawesi Tengah, kami bergeser ke Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan. Di sini, awalnya saya tergoda ama kopi kalosi yang dipajang di situ. Pas lagi ngobrol-ngobrol ama ibu penjaga standnya, kami ditawarin nyobain cemilan dari dangke. Tau kan, kalo dangke ini emang salah satu produk unggulan Enrekang? Dangke ini dikenal dengan nama keju Enrekang. Merupakan hasil fermentasi dari susu kerbau yang diolah secara tradisional. Teksturnya mirip tahu, tapi rasanya mirip keju. Makanya dinamain keju Enrekang. 

 Awalnya cuma tergoda sama ini...

Ini yang namanya dangke

Kami 'disuguhi' 2 toples kripik dangke. Satu toples rasa original, dan satu toples yang rasa pedas. Dengan tanpa malu-malu, kami berdua nyicipin suguhan itu sampe abis. Hahahaha.. si Damar pake jujur banget lagi, bilang kalo emang laper. Eh, si ibu yang baik hati itu malah ngebukain satu toples lagi yang isinya kacang telur. Udah deh, kami berdua langsung lupa dengan tujuan utama kami jauh-jauh dari Tanjung Uncang ke Batam Center. Dari pada terjebak di antara pendemo, mending terjebak di anatra cemilan begini kan? Hahahaha... 

 Kripik dangke ini enak!

Foto bareng setelah ngabisin 2 toples dangke :D

Abis ngebungkus dangke di Enrekang, kami pindah ke Balikpapan. Eh, belum-belum udah disodorin potongan cake, disuruh nyobain. Rasanya enak banget. Dan ternyata, itu adalah cake salak. Baru dengar ya? Kalo saya sih iya. Dan rupanya, di sini bukan cuma ada cake salak aja. Tapi ada bermacam makanan dan minuman yang semuanya merupakan hasil olahan salak. Ada pie salak, dodol salak, sari buah salak, dan yang paling unik adalah sambal salak. Orang Indonesia kreatif banget ya :)

 Aneka produk olahan salak

 Sari buah salak

 Pie salak

Dodol salak

Kata si ibu yang jaga stand, sambal salak ini enak buat cocolan amplang. Eh, abis bilang gitu si ibu langsung nyodorin amplang plus sambal salaknya buat kami cicipin. Beneran enak! Rasa sambal salaknya unik banget. Kerasa ada irisan-irisan salaknya di antara ulekan sambalnya. Si ibu yang jaga stand malah nyodorin aneka kripik lain buat kami coba cocolin ke sambal salak. Kami nyoba kripik pare. Tau pare kan? Biasanya kan pait tuh.. Tapi pas dijadiin kripik, trus dicocolin ke sambal salak, rasanya tuh enak banget. Rasa khas parenya gak ilang, tapi jadi crunchy plus pedes-pedes seger gimanaa gitu pas dicocol ke sambal salak. 

 Ini nih sambal salak..

Ada juga kurmat, alias kurma tomat. Kalo yang ini sih aslinya tomat, tapi dikeringkan dan diolah sedemikian rupa sampe hasilnya jadi mirip kurma, baik dari segi rasa maupun teksturnya. Katanya sih, ide ini datang di tengah anjlognya harga tomat di pasaran. Dari pada rugi begitu aja, akhirnya lahirlah ide untuk membuat kurmat ini. Yang ternyata, hasilnya cukup diterima di pasaran. Tuh kaaan.. Selalu aja ada jalan bagi orang-orang kreatif. 

 Kurmat aka Kurma Tomat

Saya langsung bungkus sambal salaknya plus amplang. Yang ternyata langsung ludes dijadiin cemilan ama temen-temen yang demo. Intinya, hari itu kami puas hunting cemilan dan harta karun di GPD Expo. Gimana gak puas kalo kami 'dijamu' sampai kenyang begitu, hehehe... Tapi yang terpenting, kami jadi tau banyak tentang hasil-hasil olahan produk pertanian Indonesia, mulai dari yang udah umum sampai yang unik-unik dan menarik. 

 Kain-kain tradisional yang bikin ngiler #kekepindompet

Di GPD Expo kemarin kami juga sempat ngeliat-liat kain traditional yang cakepnya bikin ngiler.. Tapi sayang waktu itu dompet lagi cekak, maklum tanggal tua. Jadi kain-kain tenunnya gak sempat kebeli. Padahal ada beberapa yang saya taksir. Eh, barusan saya intip di Zalora ada kain-kain tenun cantiknya. Langsung naksir, apalagi kan udah gajian niih..  Tapi saya belanjanya mau sekalian nunggu tanggal cantik 12-12 aja ah.. Ngepasin ama momen HARBOLNAS, alias Hari Belanja Online Nasional. Kan bakal ada diskon gede-gedean tuh di Zalora

 Naksir ama kain yang di tengah itu...

Kalo kamu, mau belanja apa? Pantengin dari sekarang deh, catet tanggalnya, biar barang incaran kamu gak lolos ke tangan orang lain... Yuk! Kita ramaikan HARBOLNAS!


You Might Also Like

28 komentar

  1. Aku juga rela terjebak diantara cemilan gini. Ajakin. Lemparin itu bawang gorengnya, aku sama najin suka ngemil bawang goreng. Bahkan dia paling suka makan nasi hangat sama bawang goreng aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Di kantor bawang gorengnya sampe dijadiin camilan :D

      Delete
    2. Iya mbak... Di kantor bawang gorengnya sampe dijadiin camilan :D

      Delete
  2. Sempet nyobain kopi kalosinya, mba? Jadi penasaran sama rasanya nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi kalosi enak.. Saya lebih suka yang robusta sih

      Delete
    2. Kopi kalosi enak.. Saya lebih suka yang robusta sih

      Delete
  3. Kalo yan ginian mah, bakal gak pulang-pulang sebelum pamerannya selesai. Apalagi kalo pamerannya pameran buku :D. Pengen banget dateng ke pameran buku soalnya :D

    ReplyDelete
  4. Kalo yang ginian mah, bisa gak pulang-pulang sebelum pamerannya selesai. apalagi kalo pemeran buku, lagi pengen banget bisa dateng ke pameran buku soalnya :D
    Mkasih udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget... Waah kalo pameran buku bisa lebih kalap lagi saya :D

      Delete
    2. Bener banget... Waah kalo pameran buku bisa lebih kalap lagi saya :D

      Delete
  5. Iya enaknya ke Mega Mall Batam Center itu selalu saja ada pameran. Selalu ada event baru yang seru-seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh.. Rasanya hampir tiap saya kesana selalu pas ada pameran :)

      Delete
  6. Di Batam sering ada pameran ya, Mbak. Saya juga gak bakal nolak jadi tester produk-produk makanan. Apalagi yang unik2 kayak makanan serba salak itu, Mbak. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sering mbak event pameran di Batam.. Makanya saya suka, hehehe... Iy abener yang serba salak kemaren itu enak-enak semua e..

      Delete
  7. Kalo tiap produk dicicip, sampe rumah kenyang kali ya mbak. Ga usah beli lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyang mbak... Tapi tetep masih beli lagi, buat cemilan di rumah :D

      Delete
  8. hari minggunya aku jalan kesitu,masih pada belum siap,jadi nggak bisa tanya2 dan incip2...kepagian kali ya hehe. penasran banget sama sambel salaknya aku mbak >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh.. kepagian ya? Aku kemaren dateng sekitar jam 11 gitu sih mbak.. Beberapa stand juga baru buka dan lagi siap-siap. Enaknya kemaren itu pas belum terlalu rame, jadi kami puas icip-icip hehehe..

      Delete
  9. Bakal betah nih, kalau liat pameran ginian. Keliling indonesia sekali jalan. Semoga maju terus pariwisata Indonesia :)

    Salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betah bangeeeet :)
      Salam kenal juga.. Makasih udah mampir ya...

      Delete
  10. waduh kalau udah makanan begini bisa kalap ini. Tahan mata, pikiran dan perut.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget.. Rasanya semua pengen dicoba ya :)
      Kudu kekepin dompet erat-erat niih..

      Delete
  11. Aku juga hobi nyemil bawang goreng. Enak banget sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebenernya gak terlalu suka bawang goreng, Tar.. Tapi bawang goreng khas Palu ini emang enak e.. Jadi doyan :D

      Delete
  12. Di batam kayaknya sering ada pameran ya Dee.

    ReplyDelete
  13. Kalo di Palembang, expo begini biasanya ada di bulan Juni saat Palembang HUT. Banyak banget yang jualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Batam lumayan sering, Yan ada pameran begini.... Lumayan sih jadi sering-sering keliling Indonesia :D

      Delete