5 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Batam 3D Museum

Saturday, December 19, 2015

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam

Batam punya wahana hiburan baru looh. Namanya Batam 3D Museum. Wahana ini baru di-launching tanggal 12 Desember 2015. Jadi emang masih baru banget. 3D Museum kayak gini bukan yang pertama di Indonesia. Sebut saja Jogja, Jakarta, Bali, dan Surabaya yang lebih dulu punya museum 3D atau yang bahasa kerennya disebut trick eye museum. Tapi, meskipun bukan museum 3D yang pertama ada di Indonesia, Batam 3D Museum ini adalah museum 3D pertama yang mengangkat tema The Getaway to Amazing Indonesia. Jadi isinya emang tentang Indonesia banget...

Penasaran? Mending kamu coba langsung deh... Ada beberapa alasan kenapa kamu harus dateng langsung ke Batam 3D Museum. 

1. Memuaskan hasrat narsis

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 aduuh...! pintunya didobrak gajah!

Salah satu tujuan utama adanya 3D Museum kayak gini tuh ya memang untuk memuaskan hasrat-hasrat narsis yang terpendam. Ya dari pada berfoto di tempat yang seharusnya bukan disediakan untuk ber-narsis-ria, mending dateng ke tempat yang memang khusus disediakan untuk berfoto. Di sini, kamu bisa puas-puasin berfoto dengan berbagai macam gaya. Total ada 43 artwork atau lukisan keren yang bisa kamu jadiin spot foto. Mau sekali jepret, atau bahkan sampe puluhan jepretan di setiap artwork gak bakal ada yang larang kok. Apalagi kalo mengingat HTM-nya yang lumayan juga itu, rasanya sayang kalo gak dipuas-puasin, hehehe...

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 si kriwil udah bisa bergaya :D

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 di satu lukisan bisa foto berkali-kali

HTM-nya 80 ribu untuk pengunjung dewasa, dan untuk anak-anak HTM-nya 50ribu. Itu tiket untuk pengunjung lokal. Kalo buat WNA HTM-nya 150ribu, dan 120ribu buat anak-anak.

2. Cara asik mengenal budaya dan keindahan Indonesia

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Liat deh ekspresinya si kriwil :D

Batam 3D Museum ini kan temanya The Getaway to Amazing Indonesia, jadi semua artwork yang ada di sini emang menggambarkan Indonesia. Bukan cuma keindahan alam seperti Raja Ampat, Gunung Bromo, atau Tanjung Bira. Tapi juga budaya Indonesia seperti batik, gamelan,  dan masih banyak lagi. Dan asiknya, setiap artwork disertai keterangan atau informasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris. 

Jadi kalo pas kamu berfoto di salah satu lukisan, misalnya lukisan lelaki suku Dayak yang membawa mandau. Kalo ada gebetan temen kamu yang tanya, "ini siapa sih?" Kamu ga bakal malu-maluin dengan cuma jawab "gak tau, aku cuma foto aja kok.."

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 cieee.. yang nyobain mandau :p

Kamu bisa jelasin ke yang nanya, "ooh ini lukisan lelaki Suku Dayak. Suku Dayak ini merupakan penduduk asli Borneo. Tau nggak, hampir semua nama sebutan orang Dayak mempunyai arti sebagai sesuatu yang berhubungan dengan sungai looh, terutama pada nama-nama rumpun dan nama kekeluargaannya." dijamin deh, yang nanya bakalan takjub ama pengetahuan kamu. Padahal dia gak tau aja, kalo itu hasilnya kamu ngapalin informasi yang ada di setiap foto. Hehehe...

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Papan berisi informasi

3. Sarana have fun bareng keluarga atau teman

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Yang ini hasil difotoin ama petugasnya

Kalau datang ke Batam 3D Museum ini, sebaiknya sih kamu gak sendirian. Ya gimana bisa mau foto-fotoan seru kalo kamunya dateng sendirian. Ntar siapa donk yang mau motoin kamu di setiap lukisan? Emang sih, di sana ada petugas yang selalu siap untuk dimintain tolong mengambil foto. Tapi masa iya, si mbak ato mas-nya itu kamu suruh motoin kamu di 43 lukisan yang ada? 

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Kalo ama temen/keluarga bisa gantian motoin...

Bawa tongsis? Bawa tongsis juga ribet, men! Tongsis gak bakalan bisa menjangkau satu frame penuh untuk hasil foto terbaik kamu. Trus gimana donk? Ya gak gimana-gak gimana.. Cara terbaik ya kamu ajak aja teman atau keluarga kamu ke sini. Makin rame makin seru... 

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
Yang kayak gini gak mungkin foto pake tongsis kan?

4. Bermain dengan kreativitas

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
di lukisan kereta api ini, hampir semua orang berpose di depan kereta api..
Selain informasi mengenai objek yang ada di lukisan, ada juga suggestion pose atau keterangan cara berfoto. Dan meskipun ada suggestion pose-nya, kamu gak wajib kok berfoto ngikutin gaya yang disarankan. Suka-suka deh pokoknya. Di sini kamu bisa bebas memainkan kreativitasmu... Makin kreatif, makin seru! 

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Ngayal dulu bisa tampil di depan pak Jokowi :D

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Kapan lagi bisa naik kuda lumping sambil 'terbang'? :p

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
si kecil pun bisa bermain dengan imajinasinya

5. Sarana belajar sabar

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
sambil nunggu giliran bisa sambil baca-baca keterangan foto

Nah, ini yang penting. Berkunjung ke Batam 3D Museum ini bisa jadi ajang untuk ngelatih kesabaran looh. Pengunjung museum ini pastinya bukan cuma kamu sendiri kan? Kalo pas kamu pengen berfoto di salah satu lukisan, tapi ternyata di situ masih ada yang berfoto, ya jangan sampe deh kamu nyerobot atau ribut nyuruh mereka gantian. Belajar sabar aja nunggu giliran... Daripada pasang muka bete nungguin yang lagi foto, mending kamu pindah ke lukisan lain dulu yang lagi kosong.
Gimana? Udah siap seru-seruan di Batam 3D Museum? Dateng aja ke Nagoya Citywalk lantai 2 yaaa....

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Batam 3D Museum

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 Pura Ulun Danu

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 bantuin angkat jenazah di Tana Toraja

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
 nampang ama reog Ponoorogo

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
eh eh.. kok Jam Gadang-nya begini?

batam 3d museum, trick eye, museum 3d, batam
Liat ekspresinya si kriwil :D

You Might Also Like

13 komentar

  1. wohooo, keren sangat mbak, masuk recommended list nih..

    ReplyDelete
  2. Lukisane apik2 banget, Mbak... Pose2nya natural pisan. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Lumayan bisa buat have fun bareng keluarga niih :)

      Delete
  3. tuh kan....kalo ditangan mbak dian..semua lukisan jadi mantaaappp!!! senang banget bermain di 3d museum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga ada beberapa yang dicropping sana-sini kok, mbak.. biar hasilnya lebih enak diliat :)

      Delete
  4. Kapan ya Semarang punya kekginian, envyyyy envyyyyy

    ReplyDelete
  5. Wah ini baru keren, musium 3d yang menggambarkan Indonesia...kapan ya Surabaya ada ginian. Hahaha

    ReplyDelete
  6. Moga Malang juga punya yg kayak gini.

    ReplyDelete
  7. Makin banyak aja museum 3D keren keren! :)

    ReplyDelete
  8. Seru nih kayaknya, bisa gaya gaya an sampe mabok, kagak mati gaya. nggak ada yg versi India ya mbak ? gegaya pakai baju sareee gitu ?

    ReplyDelete
  9. Yaah nggak ada Jembatan Ampera hahaha.
    aku paling suka yang mbak Dee manjat pohon. Gak kebayang tipuannya kayak apa :))

    ReplyDelete
  10. huaaah....kangen ngeblog pas ga sengasa masuk ke blognya mba Dian.... :D punyaku udah usang makin jarang nuliss...

    ReplyDelete