Temu Blogger di Acara TW Gathering 2015

Tuesday, November 17, 2015

Life is a journey, with problems to solve, lessons to learn,
but most of all, experiences to enjoy - anonymous

Ini kali ketiga saya menjejakkan kaki di pulau yang berjuluk Pulau Seribu Masjid ini. Dan rasanya, saya masih tak bosan-bosannya untuk berada di sini, menikmati setiap pesona yang ditawarkan pulau cantik ini. Apalagi kunjungan saya kali ini terasa istimewa, karena merupakan hadiah dari sebuah lomba yang diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB. Event yang digelar BPPD NTB ini bertajuk Travel Writers Gathering, yang merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Lombok dan Sumbawa. Selain menggelar lomba blog dan lomba foto, pihak BPPD NTB juga mengundang para travel blogger dan travel writer yang lolos seleksi untuk ikut tour bersama para pemenang lomba. Bedanya, kalo para pemenang lomba blog dan foto berhak atas hadiah jalan-jalan di Lombok selama 3 hari 2 malam, para travel blogger dan travel writer yang lolos seleksi berhak atas trip selama 5 hari 4 malam di Lombok dan Sumbawa.

Alhamdulillah, tulisan saya tentang Dusun Sade yang saya kirim 2 hari menjelang deadline mendapat tempat di hati dewan juri. Saya, bersama 5 orang lain yang juga menjadi pemenang lomba blog dan foto bersama 4 travel blogger terpilih bisa jalan bareng di Lombok. Ke Sumbawa-nya sih saya gak ikutan. Mudahan jadi rejeki saya tahun depan #kodekeras.

Pengumuman yang bikin hepiii 😍

Sehari sebelum berangkat, kami masih dibuat galau oleh status Bandara Internasional Lombok yang masih tutup akibat erupsi dari Gunung Baru Jari. Berangkat - enggak - berangkat - enggak #sambilngitunginkancingbaju. Sampai akhirnya diputusin, buat yang pesawatnya berangkat pagi, sebaiknya keberangkatan ditunda dulu, dan buat yang pesawatnya berangkat siang ato sore, bisa ngeliat perkembangan di pagi harinya.

Jadilah pagi itu, 12 November 2015, hari di mana seharusnya saya berangkat ke bandara, saya tetap berangkat ngantor seperti biasa. Maklum, buat fakir cuti seperti saya, waktu sehari itu berharga banget. Dan ternyataaa.. tepat jam 8 di hari itu, keluarlah sebuah pengumuman yang rasanya bikin saya pengen garuk-garuk aspal detik itu juga. Bandara International Lombok dibuka untuk pertama kalinya setelah semingguan tutup. Dan penerbangan untuk hari itu dinyatakan aman. Huaaaaaa...! Saya sudah terlanjur ada di kantor, dan sudah tidak mungkin untuk menuju bandara. Rela gak rela, saya harus rela untuk menunda sehari keberangkatan saya ke Lombok. #deritalu!

Jumat 13 November 2015, pagi-pagi saya sudah berangkat menuju bandara Hang Nadim. Rute penerbangan saya hari itu adalah Batam - Surabaya - Lombok dengan maskapai Lion Air. Penerbangan pertama dari Batam menuju Surabaya on time banget. Dalam hati saya ngebatin, tumben nih on time. Hehehe.. Bukannya underestimate sih, cuma yaa.. kayaknya udah bukan rahasia umum lagi deh kalo maskapai berlogo singa terbang ini sering banget delay. Jadi begitu tepat waktu, rasanya perlu diapresiasi, huehehehe...

Seharusnya jam 13.00 WIB pesawat saya sudah terbang menuju Lombok. Dan ketika jam 13.00 WIB lewat pengeras suara diumumkan agar para penumpang pesawat JT178 tujuan Lombok menuju ke pintu 7, semua penumpang udah pada nyangking tas bawaan masing-masing, termasuk saya. Dan ternyataaa, sampai di pintu 7, boarding pass kami bukannya disobek tanda penumpang sudah bisa naik ke pesawat, melainkan cuma dicoret sebagai tanda bahwa kami sudah menerima kotak kue bergambar pesawat Lion Air. Hahahaha.. ternyata pesawat delay, dan semua penumpang kecele, #termasuksaya!

Lumayan dapet roti

Setelah pesawat delay hampir 2 jam, tepat jam 16.30 WITA saya menginjakkan kaki di Bandara International Lombok (BIL). Pak Slamet, driver yang menjemput saya sudah menunggu sejak jam 3 tadi. Tanpa membuang waktu lagi kami pun berangkat. Pak Slamet akan mengantar saya menyusul teman-teman rombongan TW Gathering yang hari ini lagi seru-seruan ngetrip ke gili-gili cantik di Lombok Timur.

View dari jendela waktu pesawat baru landing di BIL

Welcome to Lombok

Saya mendapat banyak cerita menarik dari pak Slamet selama perjalanan. Tentang Praya, kota tertinggal yang mulai 'bangun' sejak hadirnya BIL yang kebetulan berlokasi tak jauh dari Praya. Tentang budaya kawin culik yang unik dan kebiasaan kawin cerai yang membuat image Lombok menjadi buruk. Dan juga tentang minimnya papan penunjuk arah di Lombok yang akibatnya sering bikin orang nyasar.

Dan ngomong-ngomong soal nyasar, sore itu kami juga nyasar, sodara! Yang tujuannya mau ke pelabuhan Tanjung Luar, ternyata nyasar sampai ke Labuhan Haji. Lumayan jauh juga. Tapi berkahnya, saya jadi tau yang namanya Lapangan Rambang, yang merupakan lapangan terbang pertama di Lombok yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Hihihi.. coba kalo gak nyasar, pastinya saya gak akan tau kalo di Lombok ada lapangan bernama Rambang yang punya nilai histori di masa lalu.

Setelah 2 kali bertanya pada penduduk setempat, akhirnya kami sampai di pelabuhan Tanjung Luar bersamaan dengan merapatnya kapal yang dinaiki rombongan TW Gathering.

Akhirnya! Saya bisa bergabung bersama mereka. Ada Adie Riyanto (www.adiedoes.blogspot.co.id) dan Ikhsan Anugerah (www.ikhsananugrah18.blogspot.co.id) sesama pemenang lomba blog. Ada juga Lutfi Retno (www.kotakpermen.com), Subhan (www.subhanhanyahans.wordpress.com), dan Yusuf Nugraha (www.nusalogi.com) sebagai pemenang lomba foto.

Juga ada Indri Juwono (www.tindaktandukarsitek.com), Zahra Rabbiradlia (www.ijaah.com), Pungky Prayitno (www.pungkyprayitno.com), dan Maisya Farhati (www.maisyafarhati.com) para travel writer keren yang lolos seleksi.

Huaaa... Saya hepi banget! Bisa ketemu bahkan jalan bareng mereka, para travel blogger dan travel writer keren itu. Perjalanan kami pasti bakal seru dan rame banget. Mau tau gimana serunya acara TW Gathering 2015 ini? Tunggu di postingan berikut ya.. :)