Sate Klopo Ondomohen yang Selalu Bikin Kangen

Sunday, October 25, 2015


Gurihnya parutan kelapa yang membalut lembut potongan daging sapi, kemudian dibakar di atas arang dengan tingkat kematangan yang pas, menghadirkan cita rasa yang unik dan khas. Apalagi kala ditambahkan siraman bumbu kacang yang membuat perpaduan rasanya menjadi semakin kaya. Membuat lidah ingin mengecapnya lagi dan lagi. Ini yang membuat saya ketagihan dengan kuliner yang satu ini, sate kelopo. 

Pagi itu tiba-tiba aja saya membayangkan gurih dan nikmatnya sate kelopo. Kayaknya enak nih pagi-pagi gini nyate kelopo. Dan kebetulan juga, pagi itu suami lagi ada perlu di daerah Walikota Mustajab. Waaah.. Ini nih yang namanya pucuk dicinta, sate kelopo pun tiba... #peribahasamaksa

Eh tapi, apa hubungannya ya sate kelopo ama Walikota Mustajab? Hehehe.. hubungannya erat banget. Yang warga Surabaya pastinya udah pada mafhum kalo di Jalan Walikota Mustajab itu ada warung sate kelopo yang bisa dibilang udah melegenda sejak tahun 1948 dan pastinya terkenal banget. Namanya Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih

 Sate kelopo Ondomohen

Fyi aja, Ondomohen itu adalah nama gang di Jalan Walikota Mustajab yang dulunya merupakan sentra kuliner sate kelopo. Dari sekian banyak yang berjualan sate kelopo di situ, sate kelopo olahan bu Asih-lah yang paling disuka. Pada tahun 2010, warung sate kelopo bu Asih pindah ke Jalan Walikota Mustajab no 36. Dan alhamdulillah, sampai saat ini masih tetap laris manis..

 Ini warungnya.. jangan salah ya..

Kami langsung meluncur ke Walikota Mustajab saat itu juga. Untungnya pas lagi ada di Surabaya ya. Jadi begitu pengen bisa langsung cuss ke TKP. Coba kalo pas lagi di Batam, walhasil cuma bisa ngiler nahan pengen. Dan pagi itu, kami datang di saat yang tepat. Warung sate kelopo Bu Asih belum terlalu ramai oleh pengunjung. Coba aja kalau kami datang lebih pagi atau sedikit lebih siang, tepat waktu jam makan siang. Bisa-bisa kami gak kebagian tempat. 

 Warungnya belum terlalu ramai

Saya memesan 2 porsi sate kelopo daging sapi dan 1 porsi sate kelopo daging ayam. Dengan special request, no bawang! Yup! Karena bagi saya, sate kelopo seenak apapun bisa bikin saya kehilangan napsu kalo saya ngeliat ada penampakan irisan bawang merah di situ. Don't worry.. ini cuma masalah selera aja kok :) Dan selera saya ya seperti ini.. no bawang!

Apa sih yang bikin sate kelopo ini beda ama sate-sate lainnya? Ya dari namanya udah pasti jelas ya, ada embel-embel kelopo-nya gitu looh.. Jadi, daging sapi maupun daging ayam yang sudah ditusuk-tusuk itu dibalur parutan kelapa dulu sebelum dibakar. Nah, parutan kelapa ini yang bikin cita rasa si sate jadi beda. Jadi ada gurih-gurih sedapnya gitu... 

Sate yang dibalur parutan kelapa siap dibakar

Aroma sate yang dibakar membuat rasa lapar semakin menjadi-jadi. Proses pembakaran satu di warung sate kelopo Bu Asih ini masih menggunakan cara tradisional, yaitu dikipas menggunakan kipas anyaman lebar berbentuk persegi yang emang khas sebagai kipas sate. Pake kipas tangan ya, bukan pake kipas angin. Tujuannya sih supaya satenya matang sempurna. Gak gosong di bagian luar, dan gak mentah di bagian dalamnya. 

Suasana warung sate kelopo

 Abaikan penampakan kakinya :D

Dan taraaaaa! Tak lama kemudian 3 porsi sate kelopo berisi masing-masing 10 tusuk sate plus nasi putih hangat yang ditaburi serundeng tersaji di hadapan kami. Hmmm... aromanya bikin ngecess! Waktunya makan.. 

 Sate kelopo yummii....

Mari makaaaaan!

Liat senyumnya si kriwil.. jail banget kan?

Harga seporsi sate kelopo daging sapi + nasi harganya Rp 27.000 dan seporsi sate kelopo daging ayam + nasi harganya Rp 20.000. Harga yang sepadan untuk seporsi sate kelopo yang kelezatannya selalu bikin kangen. 

Penasaran ama Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih? Cusss langsung aja ke Jalan Walikota Mustajab. Gak susah kok nyari yang mana warungnya. Pokoknya kalo ngelewatin Jalan Walikota Mustajab, cari aja satu warung yang paling berasap. Hehehe serius! Dari jauh emang asap bakaran satenya udah keliatan kok. Dan percaya deh, asap dan aromanya itu loooh, hmmm...  bikin laper!


Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih
Jl. Walikota Mustajab no 36, Surabaya. 
Jam buka 07.30 - 23.30 WIB

You Might Also Like

10 komentar

  1. whoaa, baru denger ada sate seperti ini :O cuma ada di surabaya ya? Kalau di jakarta juga ada langsung beli dah~ XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini sih aku taunya cuman ada di Surabaya... eh di Madura juga ada dink... :D

      Delete
  2. hokeh,catett...kalo pulang dan di rumah adek di Sby,cus kesiniiii hehehe....kebayang gurihnya,kalo sate berbau kelopo gurih bangettt^^

    ReplyDelete
  3. loh?? ada ya jualan sate pagi2 kak? mana rame pulak lagi yang belinya? :D
    btw, sate keluaran surabaya emang isdebes kak hihihihi

    ReplyDelete
  4. Wah, baru tahu ada sate kelopo di Surabaya. Kapan2 kalo kesana lagi mampir pastinya nih :)

    ReplyDelete
  5. bookmark dulu, untuk referensi menu kalau ke surabaya

    ReplyDelete
  6. Makynyusss tenan, Sayang, wingin pas ngejak Tarie, Ondomohen bu Asih tutup dadi Tak jak nange Ondomohen sing pas ujung iku. rasane yoo Lumayan enak.

    ReplyDelete
  7. Nah ini boleh juga dicoba. Sate dengan baluran kelapa, di Palembang belom ada iniiii

    ReplyDelete
  8. Sebel itu: pernah lima tahun tinggal di Suroboyo, tapi gak kenal karo sate klopo. huh. ira

    ReplyDelete