Pos Ketan yang Melegenda di Alun-Alun Kota Batu

Monday, October 19, 2015


Singgah di suatu kota, tak lengkap rasanya kalau tidak singgah di alun-alunnya. Hampir di setiap kota, alun-alunnya difungsikan juga sebagai pusat hiburan bagi warga sekitar. Jadi jangan heran kalau alun-alun suatu kota bisa jadi tempat kongkow yang ngehits, murah meriah dan terjangkau bagi semua kalangan. 

Pihak Pemkot di setiap kota rupanya menyadari hal ini, sehingga di beberapa kota alun-alunnya mulai dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang diharapkan akan menjadi magnet bagi siapa pun yang berkunjung ke kota tersebut. Contohnya dancing fountain yang ada di alun-alun Malang. Keberadaannya tentu menjadi magnet bagi warga Malang dan sekitarnya. 

Kalau buat saya pribadi, berkunjung ke alun-alun suatu kota itu berarti saatnya hunting kuliner enak. Iya, biasanya di setiap alun-alun bertebaran penjual jajanan dan kuliner-kuliner lokal dengan harga yang murah meriah tapi rasanya gak murahan. 

Nah, waktu dolan ke Batu kemaren, sudah pasti alun-alun jadi salah satu jujugan kami untuk menghabiskan malam. Kebetulan kami menginap di villa yang jaraknya cuma sekitar 10 menit dari alun-alun Batu. Bocah-bocah antusias banget begitu tau mau diajak ke alun-alun. Yang mereka tau, di alun-alun itu banyak jajanan dan mainan anak-anak. Makanya mereka hepi banget...

 Suasana alun-alun Batu

Tujuan saya sih sudah pasti mampir ke Pos Ketan. Warung yang satu ini emang legend banget sih ya.. Tapi pas sampe di depan warung Pos Ketan, cuma bisa nyengir ngeliat antriannya yang mengular panjang. 

 Antriannya panjaaaang...

Sementara bocah-bocah udah pada ribut pengen naik Ferris Wheel. Akhirnya kami menuju ke lokasi Ferris Wheel yang ternyata antriannya juga gak kalah panjangnya. Tiket naik Ferris Wheel ini cukup murah meriah, cuma 3 ribu rupiah per orang. Dan abis naik Ferris Wheel masih dilanjut lagi dengan naik kereta kelinci keliling alun-alun. 

 Ferris Wheel di alun-alun Batu

 Suasana sekitar alun-alun dilihat dari atas Ferris Wheel


Setelah bocah-bocah puas main, baru deh gantian kami yang mau puas-puas hunting kuliner. Enaknya jalan ke tempat yang banyak pilihan makanan kayak gini, jadi masing-masing bisa nyari makanan sesuai selera. Saya dan Ais balik lagi ke Pos Ketan dan ikutan menambah panjang antrian di sana. Antriannya emang luar biasa panjang, tapi tertib. Gak ada tuh yang saling serobot.. 

 Antriannya panjang tapi tertib

Warung Pos Ketan ini awalnya hanya sebuah warung kopi biasa yang juga menyajikan ketan sebagai camilan peneman minum kopi. Warung ini sudah ada sejak tahun 1967, jadi ya emang pantes sih kalo dibilang legenda. Udah 48 tahun bo'.. dan masih eksis sampai sekarang. Salut!


Sesuai dengan namanya, Pos Ketan ini menu utamanya ya cuma ketan yang disajikan dengan berbagai macam toping pilihan. Saat ini ada 14 pilihan toping. Mulai dari yang gurih seperti ketan kelapa bubuk kedelai dan ketan ayam pedas, atau pilihan toping manis seperti ketan susu keju, ketan susu vla durian, ketan kelapa gula pasir, atau ketan susu nangka, dan masih banyak lagi deh pilihannya... Harganya mulai dari 4 ribu rupiah sampai 14 ribu rupiah per porsi. 

 Pilihan menu di Pos Ketan

 Yuk dipilih dipilih...

Biasanya saya lebih suka ketan ayam pedas, tapi kali ini saya lagi pengen makan ketan susu keju. Awalnya saya pikir, bakalan eneg ya nyobain makan ketan pake toping susu plus keju parut. Tapi ternyata enggak. Malah enak banget. Beneran. Ketannya lembut dan pulen, trus manisnya susu berpadu sempurna ama gurihnya keju. Dan semua rasa itu berkolaborasi dengan manis di lidah tanpa meninggalkan rasa eneg sedikit pun. 

 Dua porsi ketan susu keju dan susu murni

Oiya, untuk pilihan minumannya ada macem-macem. Mulai dari teh, kopi, susu milo, susu sapi murni, jahe, jeruk, stmj, beras kencur, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Minuman hangat rasanya paling pas disruput di tengah dinginnya udara malam Kota Batu. 

Saya dan Ais menikmati ketan pesanan masing-masing sambil mengamati antrian di Pos Ketan yang semakin panjang. Ah pantaslah kalau tempat yang satu ini disebut legenda. Belum lengkap rasanya main ke alun-alun Batu tanpa mencicipi ketan di Pos Ketan Legenda ini. 

 Ketan susu keju.. yummiiii...

Kamu sudah pernah coba?

Pos Ketan Legenda 1967
Sebelah barat alun-alun Kota Batu, tepatnya di Jl. Kartini
Jam Buka: 15.00 - 03.00 WIB

You Might Also Like

21 komentar

  1. Ketan susu keju, paduan yg enak sekali sepertinya :9

    ReplyDelete
  2. Seeing :) dulu nggak sebanyak INI varuasinya rasanya, paling mantap Dan melege da ITU rasa bubuj kedelai pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... variasi rasanya nambah terus, dan kualitas rasanya gak berubah. Makanya orang tetep balik lagi dan lagi. Salut beneran!

      Delete
  3. Wiih enak tuuh, tp jauh kalau harus kekota batu..hihihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. kalo dari Batam emang jauh, mbak Asih :)

      Delete
  4. kenapa pas ke sini, postingan ini belum ada ya... *harus diulang niii* mamacii mba deee infonyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ima... kudu diulang, sekalian ke Bromo kaaaan :)

      Delete
  5. Replies
    1. Hehehe.. dan tetep pada rela ngantri ya :)

      Delete
  6. wah rameee...aku kemarin ke alun2 batu mba, hanya ngga mampir pos ketan, taro yang antre, makan ketannya di hotel hihi emang ewnyaak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas kami ke sana lagi ada pameran juga, makan ketannya nggak di Pos Ketan tapi di warung lainnya.

      Delete
    2. Iya enak mbak Dew.. ketannya itu loooh.. pulen dan lembut banget... hmmm.. jadi pengen makan ketan nih :D

      Delete
    3. Ihwan.. iya di alun-alun Batu ada 2 warung yang jual ketan.. dan keduanya sama-sama rame

      Delete
  7. pos ketan ini favorit banget emang mba, bahkan aku yg org Malang aja jarang ke sini karena males antrinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. kalo yang tinggal deket gitu ya, jarang mampir karena males ngantri... tapi kalo yang jauh gini.. biarpun ngantrinya puanjang banget yo tetep dibela-belain... hehehe

      Delete
  8. Liat biangLALA-nya aku jadi inget pasar malam ketika kecil dulu mbak Dee :)

    ReplyDelete
  9. Kalau aku suka banget ketan bubuk, Mbak. Di jember yang terkenal namanaya ketan cetol..:) ira

    ReplyDelete
  10. aku pernah nyobain, cuma ketan duren aja..
    menurutku sih enak banget dan gk bikin mual.. cuma kurng banyak ketannya.. XD

    ReplyDelete