5 Es Krim Unik di Batam

Monday, October 05, 2015


Belakangan ini, dunia kuliner semakin marak dengan hadirnya beragam menu dan resto-resto baru yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. Karena itu para pelaku bisnis kuliner dituntut untuk kreatif dalam menyajikan dagangannya. Mulai dari pemberian nama warung atau resto yang unik agar mudah diingat, konsep dan tata letak resto yang eye catching, dan cozy agar pengunjung betah berlama-lama, memodifikasi menu agar terlihat beda dari yang lain, dan masih banyak lagi cara yang dilakukan agar bisa bersaing dan diterima di pasaran.  

Trik pemasaran juga gak kalah pentingnya berperan dalam dunia kreatif ini. Saat ini peran medsos menjadi salah satu cara ampuh untuk mempromosikan kuliner. Salah satunya adalah instagram. Selama ini kalau mau nyari referensi kuliner asik dan baru di Batam saya biasanya juga memanfaatkan instagram. 

Dengan segala kreativitas yang ada, tak jarang makanan yang awalnya biasa mendadak berubah menjadi luar biasa. Salah satunya adalah es krim. Siapa sih yang gak suka es krim? Kayaknya hampir semua orang suka deeh. Nah, kali ini saya mau mengulas tentang es krim - es krim yang disajikan dengan cara unik dan kreatif di Batam. Apa aja siiih?

1. Chocobowl Ice Cream

Chocobowl Ice Cream
Yang unik dari Chocobowl ice cream ini adalah mangkok es krimnya yang bisa dimakan dan terdiri dari beberapa macam rasa. Pastinya mangkok yang digunakan bukan mangkok biasa ya. Mangkok yang digunakan dalam Chocobowl Ice Cream ini terbuat dari gula, jadi seperti permen gitu...

Penyajiannya juga terbilang kreatif. Kita bisa memilih sendiri rasa mangkok yang kita mau, begitu juga dengan ice cream dan toppingnya. Untuk toppingnya ada banyak pilihan. Mulai dari buah-buahan segar seperti kiwi, leci, strawberry, dan longan. Juga jelly, kitkat, wafer, oreo, atau astor.  

Harga untuk 'semangkuk' es krim ini berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp Rp 20.000 tergantung dari topping yang kita pilih.

 Pilihan mangkok dan es krim

Pilihan topping

Chocobowl Ice Cream
Perum Buana Raya. Blok Boulevard C no. 7. Batuaji
Open Hour: 12.00 - 21.00
IG: chocobowl_icecreambatam

2. Es Tempurung Tunas Klapa

Es Tempurung

Sesuai dengan namanya, es krim di sini disajikan dalam tempurung kelapa. Ada 4 varian es tempurung yang bisa dinikmati di sini. yaitu Choco Island, Special Green Tea, Hawaian Mix Fruit, dan Peanut Bubble. Masing-masing es krim disajikan dengan topping yang berbeda. 

Saya baru sempat nyobain yang Hawaian Mix Fruit. Isinya ada es krim vanilla plus buah-buahan segar seperti buah naga, melon, blewah, leci, nanas, nata de coco, plus sebatang astor. Rasanya asli enak dan seger banget. Apalagi kelapa yang dipakai adalah kelapa muda. Jadi sambil nyendokin es krim plus buah-buahan, sekalian juga nyendokin kelapa mudanya. Hmmm... 

 Harga seporsi es tempurung adalah Rp 25.000

Seger banget kan?

Tunas Klapa Cafe
Ruko Tunas 2 Blok A no 8. Batam Center
Open Hour: 10 am - 10 pm
IG: tunas.klapa

3. Es Krim Pot Makboy

 Es krim pot

Yang satu ini di beberapa kota juga sudah mulai banyak yang jual ya. Emang lagi booming sih es krim dalam pot ini. Penyajiannya emang terlihat unik, karena dibuat sedemikian rupa sehingga bener-bener terlihat seperti tanaman dalam pot. Mulai dari wadahnya yang persis seperti pot bunga, trus tanahnya, sampai dengan bunga-bunga dan cacingnya. 

Di Batam, es krim pot yang lagi ngehits adalah es krim pot Makboy. Es pot Makboy ini terdiri dari 3 pilihan ukuran pot yaitu kecil, sedang, dan besar. Dalam setiap pot terdiri dari beberapa lapisan, yang pertama adalah choco crunch, kemudian es krim, kemudian ditutup dengan remukan biskuit oreo sehingga menyerupai tanah. Dan terakhir tinggal ditambahkan 1 kuntum bunga artifial dan cacing yang terbuat dari permen yupi bentuk cacing atau nutrijel coklat. 

 Ini pot ukuran sedang

Es krim pot Makboy ini lokasi berjualannya bukan di ruko ataupun di mall. Tapi hanya 'menumpang' di teras Indomaret. Di sampingnya ada beberapa meja dan kursi yang disediakan dan hampir selalu penuh terisi pengunjung. Salah satu trik marketingnya adalah memanfaatkan media sosial yaitu instagram. 

Harga 1 pot es krim adalah Rp 10.000 - Rp 15.000 (tergantung ukuran pot)

 Stand es pot Makboy 'gandengan' ama stand Ketan Susu Keju

Es Krim Pot Makboy
Indomaret Jl. Raden Patah Nagoya (sebelah studio 21 lama)
Open Hour: 11 am - 18 pm
IG: esmakboybatam

4. Momochi

Keliatannya gede ya?

Kalo yang satu ini mungkin juga udah bisa ditebak dari namanya ya, momochi. Yaitu es krim di dalam kue mochi. Mochi ini merupakan kue tradisional Jepang yang terbuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan kacang merah. Kue mochi ini biasanya disajikan pada perayaan mochitsuki atau tahun baru Jepang. Nah sekarang, kue mochi ini dimodifikasi dengan menambahkan es kim sebagai isiannya, dan jadilah momochi, hehehe...

Momochi ini udah ada franchisenya dan sudah tersebar juga ke beberapa kota besar di Indonesia. Rasanya enak. Teksturnya lembut dan kenyal. Cuman sayang, ukurannya kecil banegt. Jadi agak kurang nampol gitu kalo buat saya, huehehehe....

Harga 1 buah momochi kecil Rp 8000 dan yang (agak) besar harganya Rp 15.000

 Yang ini momochi rasa strawberry yoghurt

Momochi Batam
Food Street Nagoya Hill (depan Panties Pizza)
Open Hour: 11 am - 10 pm
IG: momochi_batam

5. Panlato


Kalo yang unik dari panlato ini adalah proses pembuatan es krimnya. Jadi ini live cooking ice cream. Kita pilih rasa es krim yang kita mau, plus mau pake topping apa? Nanti es krim yang kita pilih itu bakal dimasak secara live di depan kita. Seru aja ngeliat proses masak es krimnya yang cuma sekitar 4 menit itu. 

Setelah es krim 'mateng' dimasukin ke dalam cup es krim, dikasih topping sesuai pesanan kita, dan taraaaaa! panlato es krim siap dinikmati... Rasanya enaaaaak banget! Es krimnya tuh lembut. Porsinya juga lumayan gede. 

 Panlato avocado oreo.. yummiii...


Harga 1 cup es krim panlato ini mulai dari Rp 40.000. Tergantung juga jenis topping yang kamu pilih. Emang keliatannya agak mahal ya? But trust me, that is worth it! Panlato ice cream ini baru ada di Medan, Batam, dan Pekanbaru. 

Panlato Ice Cream
BCS Mall lantai 3 (depan Hong Kong Town)
Open Hour: 11 am - 10 pm
IG: panlato

***

Nah.. itu 5 es krim unik yang ada di Batam... Gimana dengan di daerah temen-temen semua? Pastinya juga ada donk yang unik-unik kayak gini. Baik dari segi nama, maupun cara memodifikasikannya. Tapi tetep ya, kalo masalah kuliner, hasil akhirnya tetep ada pada rasa. Se-kreatif dan se-unik apapun kalo rasanya amburadul ya, wassalam deh.. :)

You Might Also Like

14 komentar

  1. Musim kemarau yang ini memang paling enak makan yang dingin-dingin sperti ice cream
    makan chocobowl spertinya kaya kuda lumping ya,? :D

    ReplyDelete
  2. Aku mau nyoba yg momochi... Yang pakai kitkat enak juga kali, ya...

    ReplyDelete
  3. yang Chocobowl deket bgt dr rumah, tapi belum kesampean ke sana

    ReplyDelete
  4. belum pernah nyobain semua,tapi dari dulu penasaran sama mochi es grim hehe...kapan2 coba ah,mumpung lg di batam

    ReplyDelete
  5. Pingin Cobain Es Tempurung Tunas Kelapa. Ya MApun mbak Dee, kayaknya kita harus "khusus" wisata kuliner bareng deh, Kapan ????

    ReplyDelete
  6. Huaaa segerrrr bangett lihat fotonya, aku naksir ama es krim yang pakai degan dan es pot makboy, uniik banget ituu sluurrrpp.

    ReplyDelete
  7. wenaa'e es krim rasa coklat dengan macam2 topping ..nyam ..nyam

    ReplyDelete
  8. Arrrrgggghh pagi pagi buka ini langsung seger dan bikin ngileeeeer. Aku masih pingin nyari es tempurungnya. Belum nemu yang jual :D :D Kalo es krim dikreasikan seperti ini yakin banyak yang minat dan beli.

    ReplyDelete
  9. waahh, kit kat mah doyan banget meski tanpa es krim.. tapi unik juga ya ditopping-in es krim..

    ReplyDelete
  10. ngileeeer....klu ke batam bolehlah nyicip salah satunya :)

    ReplyDelete
  11. Es krim pot itu coklatnya kayak cacing hahaha

    ReplyDelete
  12. Duuh jadi ngiler pingin makan es krim, tapi bumil gak boleh banyak makan manisnya. :(

    ReplyDelete