Menginap Semalam di Hotel Grand Zuri Padang

Sunday, August 02, 2015

Beberapa hari sebelum berangkat ke Padang, saya sudah mulai browsing hotel. Kalo dulu sebelum punya anak sih, gak pernah browsing-browsing hotel sebelum pergi. Begitu sampai di tempat tujuan, baru deh cari penginapan. Rela keluar masuk penginapan, cuma demi nyari yang harganya murah, hehehe... Maklum, seringnya butuh hotel cuma buat numpang tidur beberapa jam aja, jadi sayang kalo harus bayar mahal.

Tapi setelah punya anak, setiap mau traveling, biasanya saya juga mulai sibuk browsing hotel. Browsing doank, bookingnya tetep aja nanti-nanti, hehehe... Pilihannya sih gak harus mewah, yang penting nyaman dan ramah anak. Yaaah, sukur-sukur kalo pas dapet yang murah, include breakfast, makanannya enak, lokasi strategis, plus ada kolam renangnya juga. Wuiiih.. kalo gitu mah semua orang juga mau kali...

Biasanya saya cari hotel itu berdasarkan review. Hotel bagus dengan harga murah, tapi kalo hasil reviewnya jelek bakal bikin saya mikir puluhan kali untuk nginep di situ. Beruntunglah sekarang jamannya udah canggih ya. Mau browsing hotel lengkap dengan detail dan reviewnya bisa kita lakukan kapan dan di manapun.

Kali ini saya memanfaatkan applikasi Traveloka. Begitu saya mengetikkan 'Padang' di kolom lokasi, yang muncul pertama kali adalah Grand Zuri Hotel. Ratingnya cukup bagus 7.9/10. Dan begitu saya baca review dari tamu-tamu yang pernah menginap di sana, saya pun semakin yakin bahwa ini adalah hotel yang tepat untuk menghabiskan semalam di Padang.

Review Grand Zuri di Traveloka

***

Tanggal 5 Juli 2015, meski merasa belum puas menghirup udara sejuk Padang Panjang, kami tetap harus melanjutkan perjalanan. Kami memutuskan untuk menginap semalam di Padang sebelum kembali ke Batam. Beneran deh, paling gak suka ama moment pamitan begini.. Rasanya gak rela sewaktu mobil travel datang menjemput di depan rumah Etin. Kami minta langsung diantar ke Grand Zuri Hotel.

Grand Zuri Padang

Setelah dua hari merasakan sejuknya udara Padang Panjang yang dikelilingi gunung-gunung, siang itu kami harus menikmati sambutan udara panas plus macet di Kota Padang. Jadi kami langsung bersyukur begitu mobil travel berhenti di depan Grand Zuri Hotel. Hmm.. penampakan depan hotelnya terlihat manis, sama seperti apa yang saya lihat di internet. Apakah tampilan dalamnya juga sesuai dengan review yang saya baca? Mari kita lihat dan buktikan...

Terasnya manis ya..

Memasuki lobby kami disambut senyum manis mbak resepsionis yang berjilbab rapi. Setelah menunjukkan e-voucher yang dikirimkan Traveloka ke email saya, tanpa proses yang ribet mbak resepsionis langsung menyerahkan kunci kamar nomor 621.

Zuri Lounge

Suka ngeliat lampunya

Dengan sigap seorang bellboy berperawakan tinggi yang ramah membantu membawakan ransel suami dan mengantar kami sampai ke depan kamar. Sambutan yang ramah dan hangat. Dari beliau juga kami mendapat informasi tentang beberapa tempat yang akan kami tuju di Kota Padang ini, sekalian dengan pilihan transportasi menuju ke sana. Hal ini jadi point plus di mata kami, staff hotel yang bukan hanya tau tentang hotel tempat dia bekerja, tapi juga paham tentang tempat-tempat menarik yang ada di kota tersebut.

Suasana lobby dan lounge

Kasurnya udah sempat diberantakin sebelum difoto :D

Suasana kamarnya menyenangkan dengan jendela besar yang langsung menyuguhkan pemandangan Kota Padang dengan latar bebukitan. Kalo isi kamarnya sih standar dan minimalis, dua bed ukuran single, meja kayu dan kursi panjang yang langsung menempel ke jendela, coffee & tea maker. Tanpa lemari pakaian, cuma ada beberapa gantungan baju dan panel kayu yang di atasnya ada sajadah dan brankas.

Abaikan kardus epson-nya :D

Kamar mandinya cukup luas, dan bersih. Handuk-handuknya bersih dan wangi, ada satu set toiletries imut-imut. Cuma sayangnya gak ada hair dryer.

Toiletnya minimalis tapi cukup luas

But overall, yang paling saya suka dari seisi kamar dan kamar mandinya adalah semua perabotan terlihat baru dan bersih. Kursi panjang yang ada di samping jendela itu langsung jadi favorit kami untuk menikmati birunya langit Kota Padang.

View dari jendela kamar

Ada yang pengen bikinin teh & kopi buat ayah bunda

Kopi & teh sudah siaaaap...

Karena kemarin kami menginap di sana bertepatan dengan bulan Ramadhan, jadi sarapan paginya diganti dengan makan sahur. Tempatnya ada di Cerenti Restaurant di lantai 2. Pilihan menu makan sahurnya cukup beragam. Mulai nasi puti, dengan pilihan lauk seperti bihun, capcay, ayam kecap, atau soto, omelet, pudding, aneka roti dan buah-buahan segar.

Cerenti Restaurant

Sayang pagi itu, karena Lala masih pules tidur dan agak rewel waktu digendong ke resto, jadi kami gak bisa nyicipin semua makanan, hehehe.. Itu pun juga makannya buru-buru, karena si bocah rewel. Tapi dari sedikit yang kami coba pagi itu, kami sepakat makanannya lumayan enak.

Cuma sempat nyobain itu...

Fasilitas lain di Hotel Grand Zuri Padang ini adalah gym di lantai 7 yang buka mulai jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Tapi waktu jam 6 pagi saya mampir ke situ, ruangannya masih terkunci. Di lantai paling atas ada rooftop. Waktu kami menginap di sana, area rooftop dijadikan tempat reuni akbar SD Pertiwi angkatan tahun 2009 sampai 2011. Asik banget, reunian di bawah taburan bintang-bintang ditemani kerlip lampu-lampu Kota Padang. Paginya, rooftop jadi tempat yang asik bagi kami untuk menikmati sunrise dan landskap Kota Padang.

Yang reunian di rooftop

Sunrise dari rooftop

View dari rooftop
Masjid Nurul Iman dan Hotel Bumi Minang dilihat dari rooftop

Kesimpulannya, menginap di Hotel Grand Zuri Padang cukup menyenangkan. Lokasinya cukup strategis, di sekitar hotel banyak rumah makan yang buka sampai larut malam, mini market, juga dekat dari halte bus Damri tujuan bandara. Staffnya ramah dan helpful banget. Fasilitasnya cukup lengkap, dan akan lebih sedap lagi kalau dilengkapi dengan kolam renang... ;)

Hotel Grand Zuri Padang
Jl. M. Thamrin no 27. Padang, Sumatra Barat.