RICAFE, Buat yang Kangen Kuliner Suroboyo

Thursday, July 02, 2015


Mereka yang hidup di rantau, pasti pernah ngalamin yang namanya kangen ama makanan khas kampung halaman. Begitu juga dengan saya. Meski saya memiliki lidah yang termasuk bisa menerima berbagai jenis makanan, tapi tetep aja, yang namanya kangen gak pernah bisa bohong. 

Jadi gak heran, begitu nemu warung yang jual makanan khas kampung halaman, rasanya girang tak terkira. Di Batam sendiri, bisa dibilang masih cukup mudah menemukan warung yang jual makanan khas Suroboyo. Satu yang sering jadi jujugan saya dan suami adalah rumah makan Top Markotop yang ada di perum Mega Legenda, Batam Center. 

Beberapa hari yang lalu, mas Heru, senior saya di kampus ngajakin buka puasa di tempat baru yang jual makanan khas Suroboyo. Recommended katanya. 

"Onok sego bebek, tahu campur, soto Madura, wes pokoke sipp!" promo mas Heru di whatsapp.
Waduh! baru baca pesan di whatsapp itu aja udah bikin saya nelen ludah. Glek!

***

Singkat cerita, sampailah kami di warung yang dimaksud oleh mas Heru. Wah.. lokasinya ternyata deket dari tempat tinggal kami. Warung & cafe Suroboyo RICAFE namanya. Menempati sebuah ruko di perumahan Tunas Regency di kawasan Tanjung Uncang, Batam. 

 Warung RICAFE

Tampilan warungnya manis banget. Cat dindingnya berwarna hijau muda, terlihat kontras dengan semua perabotan yang berwarna hitam. Warung ini terdiri dari 2 lantai. Saya pun dipersilakan untuk mengintip ruangan di lantai 2. Ternyata ruangan di lantai 2 gak kalah manisnya. Dengan dinding berwarna ungu cerah dan perabotan berwarna putih. Wastafelnya juga terlihat cantik lengkap dengan bunga artificial sebagai pemanis. 

 Lantai 1


 Lantai 2

 Wastafelnya simple dan manis

Mas Heru langsung memesankan nasi bebek, tahu campur, dan soto Madura untuk saya, suami, dan Lala. Sengaja dipesankan menu yang berbeda, biar kami bisa saling incip. Sementara untuk dirinya sendiri, mas Heru memesan tahu campur. Menu yang disediakan di RICAFE cukup beragam, selain 3 menu yang kami pesan malam itu, masih ada menu-menu lain seperti nasi pecel, ayam panggang bumbu rujak, rawon, juga nasi campur. 

Gak nunggu lama, pesanan kami pun datang. Saya dan suami langsung excited melihat penampilan nasi bebeknya. Di atas nasi putihnya, terlihat sedikit siraman minyak berwarna kuning bekas menggoreng si bebek. Waaah ini niih yang Suroboyo banget. Di Batam, meski cukup banyak warung yang menjual nasi bebek, tapi gak satu pun yang menyajikan nasi bebeknya seperti ini, disiram dengan sedikit minyak bekas menggoreng si bebek. Trus gimana rasanya? Alhamdulillah.. bebeknya enak dan gurih, dagingnya pun nggak alot. Sambelnya pas. 

 Nasi bebek 25K

Tahu campurnya top, begitu juga dengan soto Madura-nya. Segeeerr banget. Intinya, makanan yang kami makan malam itu bener-bener bisa ngobatin rasa kangen kami ama makanan khas Suroboyo. Wah, bakal sering-sering nih mampir ke sini. Apalagi lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggal kami. 

 Tahu campur 20K

Soto Madura 17K

Benar saja. Setelah ditraktir makan ama mas Heru malam itu, besok-besoknya saya dan suami jadi ketagihan makan di warung RICAFE. Setiap datang ke sana, pasti nyobain menu yang berbeda. Dan kesimpulannya, semua enak! Alhamdulillah.. sekarang udah gak perlu jauh-jauh lagi buat ngobatin kangen ama kuliner khas Suroboyo. 

 Nasi pecel lauk ayam 20K


 Rawon komplit 23K

Ayam panggang bumbu rujak 15K


Pisang goreng keju 10K


Pisang goreng keju jodohnya ama teh anget

 Daftar menu RICAFE

Warung & Cafe Suroboyo RICAFE
Ruko Tunas Regency. Blok C6-1. Tanjung Uncang, Batam
Telp 08127027351.

You Might Also Like

9 komentar

  1. Tahu campurnya....tahu campurnya.....aaaaarhh *tutup mata tutup mulut* :))))

    ReplyDelete
  2. Aku kalo makan di situ pingin duduk di lantai 1. Warna hijau meningkatkan nafsu makan soalnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. aku kalo makan di sini juga selalu di lantai 1... :D

      Delete
  3. Haraganya murah banger, ayam panggang bumbu rujak cuman 15k, TD malam aku ke restored malam bebek goreng sambel pencit, 35k bel nasi, tapi menang rasanya juara.

    Colourful restaurant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebek sambel pencit yang di mana, mbak? Kalo di Surabaya, bebek sambel pencit yang paling TOP itu warungnya cak Yudi di Perak. Itu beneran mantep! Trus dulu di gang kecil sebelah TP juga ada, gak tau sekarang masih ada ato nggak..

      Delete
  4. Jawara bebek ya Surabaya :) Jadi kepengen, apalagi kalau pedes banget hoho

    ReplyDelete
  5. Mbak Dee An, pesen tahu campurnya satu. Gak pake lama, yah....

    ReplyDelete