Lele Pecel Siram yang Bikin Nagih

Friday, May 29, 2015

lele pecel siram, pecel lele

Pada tau pecel lele kan? Dulu, waktu saya masih bocah yang imut, lucu dan menggemaskan, pas pertama kali ngeliat tulisan menu pecel lele terpajang di warung-warung tenda pinggir jalan, yang ada di bayangan saya adalah nasi pecel dengan lauk ikan lele goreng. Sampai waktu pertama kali diajak mama makan pecel lele saya merasa bingung. Bayangan saya tentang pecel lele pun buyar. Mana pecelnya? Ini kan lele goreng ama sambel terasi plus lalapan? 

Tapi hal itu tidak membuat saya lantas enggan menyantap lele. Justru sebaliknya. Saya paling doyan ama ikan berkumis ini. Terserahlah mau ditulis namanya pecel lele, lele sambel, lele penyet, atau apapun yang jelas saya tetap suka makan lele. Beberapa teman mengaku, ogah makan lele setelah tau ada cara budidaya lele yang dikenal dengan nama budidaya organik. Saya gak mau bahas di sini, mending googling sendiri ya, apa itu budidaya lele organik :) Yang jelas itu gak mempengaruhi kesukaan saya makan lele ;)

Nah ngomong-ngomong masalah lele, beberapa waktu lalu ada temen yang menyebar racun di facebook. Racunnya berupa endorse sebuah warung dengan menu utama lele pecel siram yang katanya cita rasanya aduhai amboyyyy. Penasaran pastinya. 

lele pecel siram, pecel lele
 Endorse yang bikin penasaran...

Beberapa kali coba lewat di daerah yang dimaksud ama si temen, tapi gak nemu juga penampakan warungnya. Sampe 2 bulan kemudian, ada temen lain lagi yang posting di facebook tentang lele pecel siram ini. Komennya juga sama, lele pecel siramnya emang maknyuss! Jadi makin penasaran niih...

lele pecel siram, pecel lele
 Makin bikin penasaran

Dari teman inilah akhirnya dapet ancer-ancer yang lebih detail dan spesifik tentang lokasi warungnya. Ternyata spanduk warungnya emang gak menghadap ke jalan utama, tapi agak sedikit masuk dari gerbang perumahan Taman Carina. Oalaaah.. pantes aja dari kemaren-kemaren dicariin gak nemu. *emang nyarinya aja yang gak niat.. 

Langsung deh ngajak suami untuk nyobain makan di situ. Udah penasaran banget soalnya. Pas sampe di depan warungnya, baca tulisan di spanduknya, ternyata mereka juga menerima pesanan ayam lodho. Jadi inget kampung halaman ibu mertua niih. Suami langsung pesen ayam lodho, tapi sayang mereka cuma masak ayam lodho kalau ada pesanan aja. 

Ayam lodho adalah kuliner khas dari Tulungagung dan Trenggalek. Pertama kali saya makan ayam lodho di kampung halaman ibu mertua, di Durenan, Trenggalek. Saya langsung suka rasanya. Sekilas penampilan ayam lodho ini mirip ama opor atau kare ayam. Dengan kuah santan berwarna kuning. Bedanya, ayam lodho ini dibakar dulu sebelum dimasak bersama kuah santan yang agak pedas. Perpaduan rasa antara ayam yang sudah dibakar dengan kuah santan yang gurih dan pedas itu yang bikin citarasa ayam lodho jadi spesial. 

 ayam lodho yang tinggal kuahnya, hehehehe...

Balik lagi ke warung lele pecel siram. Karena ayam lodhonya gak ada, jadinya kami pesen menu lainnya. Yang harus dicoba sih emang menu utamanya ya, yaitu lele pecel siram. Jadi kami pesan 1 porsi lele pecel siram, 1 porsi ayam penyet, dan 1 porsi ayam goreng tepung dengan sambal dipisah buat Lala. 

Gak pake nunggu lama, pesanan kami pun datang. Lelenya disiram pake bumbu pecel, trus masih ditambah sambel terasi dan lalapan plus irisan jeruk limau. Naaah ini dia gambaran pecel lele yang pernah saya bayangin waktu kecil dulu. Jadi lelenya beneran disiram ama bumbu pecel. Yang bikin lebih enak itu lelenya dibakar dulu sebelum digoreng, jadi rasanya emang maknyuss! Gak salah nih rekomendasi dari temen saya itu. Sambel terasinya makin nikmat waktu dikasih perasan jeruk limau. Beneran makin amboi aduhaiii rasanya...

lele pecel siram, pecel lele
 Lele pecel siram. This is the real of pecel lele..

lele pecel siram, pecel lele
 Ayam penyet

lele pecel siram, pecel lele
Ayam goreng tepung
Seperti biasa, saya dan suami saling icip-icip pesanan. Ayam penyetnya juga enak. Ayamnya empuk. Trus ayam goreng tepung punya Lala juga enak, dagingnya empuk, dan tepungnya crunchy banget. Tapi yang paling juara emang lele pecel siramnya siih... Enak banget! Beneran bikin nagih... 

Harga makanan di warung ini rata-rata Rp 15.000 per porsi. Harga standard untuk ukuran Batam.

lele pecel siram, pecel lele
 
Warung Lele Pecel Siram Romo Wijoyo
Seberang RSUD Lama, Depan Perum Taman Carina, Batuaji. Batam
(spanduk warungnya gak menghadap ke jalan utama, jadi kudu masuk ke gerbang Perum Taman Carina)
Telp : 0821 7439 8927

You Might Also Like

14 komentar

  1. Aku gak doyan lele, seh... Tapi kalau bumbu pecel, selalu siap sedia di rumah. Lumayan kalau darurat, tinggal merebus sayur, siram dnegan bumbunya... Enakkk. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak Ira.. Bumbu pecel itu mah kudu sedia di rumah. Pake telor dadar ato ceplok disiram bumbu pecel aja enak kok :D

      Delete
  2. Sukaaa banget ikan lele. Eh aku mah ikan apa aja suka sih ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, Yan.. warung lele ini deket banget ama rumah sodaramu ituu.. Kemaren kita sempat ngelewatin tempat ini 2 kali looh.. Tapi waktu itu aku juga belum tau kalo tempatnya di situuu....

      Delete
  3. Wis talah..... mbuka blog ini bawaanya laper terus, Lupaan timbangan.

    Nah, baru inget. Tadi ngelist barang2 yang perlu dibawa dari Indonesia.... Jadi inget, harus bawa bumbu pecel, catet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya bener, mbak.. bumbu pecel itu bawaan wajib buat para perantau :)

      Delete
  4. Aku dulu juga mengira pecel lele itu nasi pecel yang pakai lauk lele, baru dong pas Ivon masakin pecel lele. Aku nanyain: loh mana bumbu pecelnya? dia langsung ketawa pas tau aku ngira pecel lele itu pecel yang pake lauk lele :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. aku pernah baca postingan Ivon tentang itu deh kayaknya :)
      Iya ya, namanya pecel lele, tapi sama sekali gak pake bumbu pecel...

      Delete
  5. tsaaaah... udah deh kalo lele pasnya pake bumbu pecel sama penyet. duh duh duh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nambah berkali-kali ya, Zahra.. *itu mah saya.. :D

      Delete
  6. belum ada ni lele bumbu pecel di sini.. adanya mangut lele bersantan dan lele goreng kremes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mangut lele ama lele kremes, di sini juga ada mbak... lele yag pake bumbu pecel ya baru ini juga saya taunya :D

      Delete
  7. Hahaha... makanannya lele kan ilangin aja huruf L-nya :-p. Aku belum pernah samsek makan pecel lele Mbak, soalnya ndak doyan pedes. Dulu awalnya juga ngira pecel lele tuh pecel ada lelenya =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. pake diperjelas ama Una :D

      Delete