Cara Mudah Membedakan Kobra dan King Kobra

Monday, May 25, 2015

membedakan king kobra dan kobra, tyo jp survival, herna prasetyo
 don't try this at home! Foto koleksi pribadi

Mendengar nama ular kobra, kebanyakan orang langsung bergidik ngeri duluan. Maklum aja, karena selama ini kobra dikenal sebagai hewan yang mempunyai bisa (racun) mematikan. Apalagi kalo ngeliat penampilan si ular yang bisa berdiri dan mengembangkan lehernya. Makin serem aja kan ngeliatnya. Padahal, gak semua ular yang bisa berdiri dan mengembangkan lehernya itu kobra loh, bisa jadi itu kobra KW, atau mungkin juga itu king kobra. Nah lho? Makin bingung aja kan? Beruntung kuliah malam Sioux beberapa waktu lalu membahas tentang perbedaan antara kobra (naja naja sputatrix) dan king kobra (ophiophagus hannah). Makasih buat ilmunya ya, mas Aji Rachmat.

Cara mudah membedakan antara kobra (naja naja sputatrix) dan king kobra (ophiophagus hannah) adalah :

 King kobra. Sumber foto : choicewallpapers.net

Kobra. Sumber foto : dailymail.co.uk
  1. Perhatikan bentuk lehernya sewaktu berdiri. Saat berdiri dan membuka lehernya, kobra membentuk lekukan seperti sendok. Sementara king kobra, lekukannya lebih panjang ke bawah, tidak lagi berbentuk seperti sendok. 
  2. Perhatikan sisiknya. Sisik pada kobra rapat, antara sisiknya berdempet rapat tidak ada celah. Sementara king kobra, sisiknya besar dan khas. Antara sisik king kobra seperti ada celah besar. Bagi yang sudah biasa, hanya dengan melihat sisik tanpa memperhatikan saat berdiri pun sudah bisa membedakan mana kobra dan king kobra, dan saya, masih harus lebih banyak lagi belajar soal ini. Oiya, sisik pada ular ini berfungsi sebagai lapisan tahan air dan sebagai penahan agar si ular tidak merasa kering. 
  3. Ukuran tubuh kobra lebih kecil dan pendek dibandingkan king kobra. Jika dibandingkan dalam usia yang sama, kobra bisa sekitar 1/3 kali lebih pendek dari king kobra. 
  4. Gerakan dan karakter kobra cenderung lari dari kenyataan, hehehe. Selama ada ruang dan celah untuk menghindar dan sembunyi. Kalo gak kepepet, atau terpaksa, si kobra lebih memilih untuk menjauhi musuhnya, enggan berhadapan langsung. Jika kaget, dia akan waspada dan berdiri. Kemudian akan mencoba mengusir musuhnya dengan semprotan dan suara mendesis. Berbeda dengan king kobra, yang sama sekali gak takut ama musuh. Ini nih premannya ular, hahaha.. Gerakannya sangat lincah dan sulit ditebak. Paling benci kalau ekornya disentuh, dia akan bereaksi sangat agresif dan akan langsung menyerang dengan gigitan. King kobra menakuti musuh menggunakan keahliannya yaitu menaikkan kepalanya dengan mulut terbuka. Biasanya sih pemandangan yang kayak gini yang akan langsung membuat musuhnya terbius, terpana, dan terdiam karena panik hingga akhirnya berakibat fatal. Sebetulnya, king kobra bukan jenis ular yang mudah ditemui. Tidak mudah ditemui, bukan berarti tidak mungkin bertemu loh yaa...
Kedua ular ini, baik kobra (naja naja sputatrix) maupun king kobra (ophiophagus hannah) sama-sama termasuk ular yang berbisa tinggi. Jenis racunnya haemotoxin dan neurotoxin, dapat membunuh manusia hanya dalam waktu 3 menit! 

Bagi yang gemar berkegiatan di alam, saran saya selalu sediakan snake bite kit di dalam kotak P3K. Sesuai namanya, snake bite kit adalah seperangkat alat untuk pertolongan pertama apabila tergigit oleh ular. Bukan mau nakut-nakutin, sama sekali enggak. Tapi bukankah lebih baik berjaga-jaga dari segala kemungkinan yang mungkin terjadi :)  

 Snake bite kit. Sumber : herpsofarkansas.com

Note : Foto pertama adalah koleksi pribadi. Yang jadi modelnya Herna Prasetyo, atau lebih dikenal dengan nama Tyo JP Survival. Foto diambil waktu acara Nuansa Ular tahun 2009 di Malang.

Jangan bunuh ular yaaa....
SAVE OUR SNAKE!

You Might Also Like

12 komentar

  1. Mba Dee, kok pinter banget pengetahuannya tentang ular. Dan aku juga baru tahu ada kobra kw wkwk.
    Btw sioux itu apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa.. aku juga baru belajar, Zahra... Ini semua hasil belajar ama senior-senior di Sioux. Sioux itu sebuah yayasan yang khusus mempelajari tentang ular. Sejak kenal dan gabung ama mereka tahun 2009 yang lalu, jadi makin nambah ilmu tentang ular.

      Delete
  2. Lha ternyata beda ya antara King Kobra dan Kobra. Itu bagi anak yang suka berpetualang di alam penting banget punya ya mbak Dee. Dan btw, ada satu tetanggaku meninggal karena dipatok ular >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Yan.. kobra beda ama king kobra. Walau sekilas keliatannya sama. Aku juga taunya sejak gabung ama Sioux. Ini aja kadang masih suka kebolak-balik antara kobra dan king kobra. Untung ada kuliah malem kemaren, yang ngasih tau cara mudah membedakan keduanya :)

      Sedih banget kalo denger berita ada korban gara-gara ular. Makanya, buat aku perlu banget buat belajar tentang ular. Bukan buat gaya-gayaan, tapi justru agar lebih waspada.

      Delete
  3. Baru tahu Ada snake bite kit. Harus bawa waktu nanjak. Sering mbusuk ke semak semak. Selama INI cukup bawa P3K. Bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, snake bite kit bermanfaat banget ini buat yang suka ngelayap di alam bebas... :)

      Delete
  4. Bener kata Zulfa, baru tahu ada kit khusus buat pertolongan pertama saat digigit ular. Kalau di sini kami belum pernah bertemu ular di alam bebas. Apa memang di Eropa jarang ada ular endemik, Mbak? ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku taunya ada alat ini juga setelah gabung ama Sioux kok mbak.. Ada kok mbak ular endemik Eropa. Tapi mungkin populasinya gak sebanyak di Asia dan Afrika.

      Delete
  5. Aku baru tahu bedanya. Menurutku King Kobra lebih cakep dan gagah. Cakep tapi sadis hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Aku sependapat. King kobra emang lebih gagah dan cakep. *tapi tetep aja sereem :D

      Delete
  6. pingsan liatnya hihihihi...adekku tuh parno banget liat ular, padahal gambarnya doang

    ReplyDelete
  7. Aku pertama kenal kobra di film-film India tontonannya Ibu dulu Mbak hahaha. Tapi kagum sama morfologi kobra dan king kobra ini, gagah dan terkesan serem :D

    ReplyDelete