Cara Membedakan Ular Weling dan Ular Welang

Friday, May 15, 2015

 Bungarus Candisus. Sumber gambar dari sini

Udah lama niih gak posting tulisan tentang ular di sini. Mumpung semalem barusan nyimak kuliah singkat di grup WhatsApp Sioux Indonesia tentang perbedaan ular welang dan ular weling, jadi pengen nge-share hasilnya di sini. 

Jujur, aku sendiri kadang masih suka kebolak-balik antara ular weling (bungarus candidus) dan ular welang (bungarus fasciatus) ini. Apalagi kalau dilihat sekilas, penampilan kedua ular ini tampak sama. Keduanya sama-sama berwarna belang hitam-putih. Tapi ternyata, kalau mau diperhatikan dengan lebih detail, tampilan fisik keduanya bisa dibedakan dengan mudah. Makasih banget buat mas Aji Rachmat -salah seorang founder SIOUX (Yayasan Studi Ular Indonesia)- yang udah membagi ilmunya. 

Sebelum ngomongin perbedaannya, kita kenali dulu persamaan antara keduanya. 

Persamaan Ular Weling dan Ular Welang :
  1. Keduanya ular yang habitatnya semi aquatic, kebanyakan di sungai, rawa, selokan, juga sawah.
  2. Merupakan jenis ular berbisa tinggi. Jenis bisanya neurotoxin (melumpuhkan sistem pernafasan, jaringan syaraf, dan merusak otak)
  3. Kanibal, alias memakan sesama ular. Ular yang biasa jadi sasarannya adalah jenis ular semi aquatic juga seperti ular kadut, ular duwel, ular lareangon, dll.
  4. Warna khasnya hitam-putih. Sekilas tampak sama, tapi kalau dicermati ternyata ada perbedaan khasnya.
  5. Gerakannya tenang, tidak lambat, tapi tidak juga cepat. Tidak takut musuh.
  6. Nocturnal (mencari makan di malam hari).
  7. Type giginya proteroglypa (memiliki taring bisa panjang dan terletak di bagian depan).
  8. Sensitif terhadap cahaya --> cenderung mendekati cahaya.
  9. Ukuran tubuh maksimal 150-180 cm, jarang yang panjangnya sampai 200 cm. 

 Ular weling. Sumber gambar  dari sini

Ular welang. Sumber gambar dari sini

Perbedaan Ular Weling dan Ular Welang :


No
Kondisi
Ular Weling
(Bungarus Candidus)
Ular Welang
(Bungarus Fasciatus)
1
Bentuk tubuh
Bulat
Segitiga
2
Bentuk ekor
Runcing panjang
Tumpul seperti terpotong
3
Sisik bawah
Berwarna putih polos
Berwarna belang hitam putih
4
Warna belang
Melingkar hanya separuh bagian tubuh
Melingkar penuh sampai bagian bawah tubuh
5
Aksi saat marah / terganggu
Diam cenderung cuek
Berusaha menyembunyikan kepala di balik badannya, dan melakukan gerakan patah-patah
6
Ukuran tubuh dalam usia yang sama
Lebih kecil
Lebih besar
7
Gerakan
Lebih lincah
Lebih banyak dalam posisi bertahan menyembunyikan kepala

Save Our Snake! Jangan bunuh ular yaaa......

You Might Also Like

29 komentar

  1. Wuiiiii..... speechless. Wedi ulo aku, Mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo yang berbisa yo wedi kok, mbak :)

      Delete
  2. Masalahnya orang awam masih pada takut Dee kalo liat ular, apalagi yang tau-tau nongol di tengah pemukiman penduduk. Ada nggak sih Dee ular yang nggak berbisa? Trus kira-kira kalau melihara ular di rumah, tikus bakalan takut nggak ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosentase antara ular berbisa ama yang enggak, masih jauh lebih banyak ular yang gak berbisa kok, Wan... Kalo ularnya dipelihara (ditaroh dalam kotak) gimana caranya tikus bisa takut? Kecuali kalo ularnya dibiarin keliaran di pekarangan ato di atap rumah, hehehe.. *don't try this at home ya :D

      Delete
  3. Mbak, aku takut ular. Kayaknya kalo liat ular dengan warna hitam putih seperti itu, ga sempet membedakan mana yang Welang dan Weling, dah keburu kabur duluan wkwkwkwk

    Aku takut ular tapi belum pernah bunuh ular. Gimana mau bunuh wong akunya lebih taku dibunuh duluan ama bisanya hahaha

    Mbak Dee hebat. Salut bisa berani sama ular. Sama kayak anakku. Kayaknya anakku ntar seberani mbak Dee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. aslinya gak berani-berani banget kok, mbak... Cuma kebetulan kenal dan gabung ama komunitas yang mengkhususkan belajar tentang ular, jadi ya seru aja... Makin dipelajari, makin menarik. Dan aku belajar tentang ular bukan supaya 'lebih berani' mainan ular, justru dengan belajar tentang ular gini, jadi makin aware ama ular, terutama yang berbisa :)

      Delete
  4. wew... ternyata begitu ya cara membedakanya ular weling...:D

    ReplyDelete
  5. Mbak apa benar ular weling,mempunyai tanduk bisa yg sangat kecil dikepalnya ?
    Menurut mitos (jawa) orang sekitar tempatku,ular weling mempunyai semacam tanduk (sungut) kecil sebesar jarum dikepala yg tak terlihat,katanya tanduk itu muncul waktu menyerang,semacam kayak gigi bisa yg kalau waktu menyerang dia baru aktif,kalau pas keadan tenang dia disembunyiin (gigi bisa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. say agak paham kalo mitos, mas :)

      Delete
  6. alamak.. mau jenis apapun itu, paling ngeri dgn yg namanya ular
    kecuali ular melingkar (obat nyamuk bakar) :-D

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Kan udah jelas saya tulis di atas... Keduanya jenis ular berbisa tinggi dengan jenis bisa neurotoxin..

      Delete
  8. Wah saya jg pecinta Ular Asli sama Ular Besi ( kereta api ).. Weling sama welang jelas beda.weling kayak ular laut tapi kalo welang hampir kayak Cincin Emas (y)

    ReplyDelete
  9. manteb mbak infonya soalnya akhir2 ini saat musim hujan banyak ular bermunculan di halaman belakang rumah. terakhir malem2 jam 9 pulang kerja liat ijo2 pada nongkrong ternyata ular ijo ekor merah (Trimeresurus albolabris) tangkep aja masukin toples trus tak buang di tempat yg agak jauh dari pemukiman.

    ReplyDelete
  10. Mba.semalam rumah saya baru aja kemasukan ular corak item putih.kynya sih welang.sumpah ngeri bgd,gmn biar ga kemasukan lagi yah.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas... mungkin tulisan ini bisa bermanfaat yaa http://www.adventurose.com/2013/01/tips-menangani-ular-yang-masuk-ke-rumah.html?m=0

      Delete
    2. Hai mas... mungkin tulisan ini bisa bermanfaat yaa http://www.adventurose.com/2013/01/tips-menangani-ular-yang-masuk-ke-rumah.html?m=0

      Delete
  11. dalam seminggu rumahku kemasukan s
    6 ekor ular, gimana cara meghindarinya. garam sudah melingkari rumah tapi tetep aja, was was juga nih karena punya anak yg masih kecil.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak....mungkin tulisan ini bisa bermanfaat yaa.. http://www.adventurose.com/2013/01/tips-menangani-ular-yang-masuk-ke-rumah.html?m=0

      Delete
  12. akhhh keder juga liatnya ular weling nih pas keinget di sekitar rumahku yg dket sma sungai ...

    ReplyDelete
  13. Mbk rmh ki brusan aja kemasulan ular weling. Itu pertanda apa ya?

    ReplyDelete
  14. ketemu beberapa kali mirip ini, atau mungkin ini di deket air terjun.. cuma lewat aja sih g agresif, malah menjauh pas dideketin

    ReplyDelete
  15. Mba... saya dikasih uler hitah corak orange bawah nya putih polos dan ukurannya kecil. Apa itu uler weling juga ? Krna saya suka ular, tapi untuk jenis ular saya kurang paham...

    ReplyDelete
  16. Duh liat fotonya aja udah bikin merinding mbak...

    ReplyDelete