Belajar Sabar di Warung Podomoro Batam

Tuesday, May 26, 2015


Warung Podomoro namanya. Beberapa kali lewat di warung ini kami selalu urung untuk mampir. Antriannya kadang bikin perut yang udah lapar jadi makin keroncongan. Belum lagi menurut informasi dari beberapa teman, yang pernah makan di warung ini, kalo pesen makan di sini tuh lamaaaa banget nunggunya. Sampe 1 jam. Kadang lebih. Haaaa?! Bisa makin klotekan nih perut kalo pas laper trus mampir makan di sini. Tapi menurut si teman juga, makanan di sini emang recommended. Jadi pantes aja kalo pengunjungnya sampe rela antri begitu. 

Beberapa kali kami ingin menuntaskan rasa penasaran akan makanan di warung Podomoro ini, tapi beberapa kali itu pula rasanya kami tak sabar kalau harus menunggu terlalu lama. Mungkin kami memang belum berjodoh dengan makanan yang ada di warung ini. *bilang aja lu gak sabaran... :p

Akhirnya jodoh kesempatan itu datang juga. Sewaktu kami staycation di The Hills, saya mengajak suami untuk menuntasakan rasa penasaran kami akan makanan di warung Podomoro. Mumpung malam itu perut kami bisa dibilang belum terlalu lapar karena baru aja makan cake ultah Lala. Dan satu lagi, karena kami stay di dekat situ, jadi kami gak perlu ngerasa bersalah kalo harus pulang larut malam. Kami kan anak baik-baik.. Uhuk!

Jam 9 malam kami keluar dari hotel. Lobby hotel yang sejak siang tadi tampak ramai oleh tamu yang akan mengahdiri resepsi pernikahan di lantai 3 hotel ini, kini mulai sepi. Lala berlenggang di atas karpet merah sambil menyeret tas Frozen hadiah ulang tahunnya. Hehehe.. bocah kriwil ini masih enggan melepas tas barunya. Sampe mau makan di warung pun dia ngeyel itu tas Frozen harus dibawa. Yoweslah nduk.. 

 Lala dan tas Frozen barunya :D

Sampai di tujuan, ternyata masih ramai. Padahal ini sudah jam 9 malam lewat. Hanya tersisa 1 meja kosong di sebelah kanan warung. Kami pun bergegas menempatinya sebelum didahului pengunjung lain. Benar saja, setelah kami duduk, masih banyak pengunjung yang berdatangan. Ada yang akhirnya memilih pergi, ada yang tetap sabar menunggu. Malah ada pengunjung yang memilih menunggu di dalam mobil karena sudah tidak kebagian tempat lagi. 

Semua meja terisi

Menu andalan di warung ini adalah sambal ijonya. Berhubung ada Lala, jadi kami pesan menu yang aman dan juga disukainya. Kami memesan 1 porsi lele bakar dan 1 porsi ayam bakar. Untuk minumnya saya memesan teh obeng, suami dan Lala pesan teh O plus air putih hangat. 

"Nunggunya lama loh mas, 1 jam.." kata mas-mas yang mencatat pesanan suami.

Karena sudah mengantisipasi hal ini sebelumnya, kami pun pasrah melanjutkan pesanan. Minuman pesanan kami langsung datang. Sambil menunggu pesanan, berkali-kali kami, juga pengunjung lain harus bersin-bersin karena aroma cabe yang sedang digoreng. Namun acara bersin kompakan itu tidak sampai membuat kami kehilangan selera makan, yang ada justru bikin makin laper, hehehe...

1 jam kurang 5 menit kemudian pesanan kami pun datang. *niat banget sampe ngitungin waktunya... Wow! Piring-piringnya berwarna hitam. Sama seperti piring di rumah.. *mendadak gagal fokus. Aroma lele dan ayam yang baru dibakar tercium wangi, menambah napsu makan. Dalam masing-masing porsi ada dua macam sambal yang menemani lalapan kacang panjang dan timun segar. Sambal merah dan sambal ijo. 

 ayam bakar + lele bakar

Setelah menyuapi Lala dengan lele bakar plus nasi hangat minus sambel tentunya, baru kemudian saya mengeksekusi sisanya. Ternyata benar apa yang direkomendasikan beberapa teman tentang makanan di warung ini. Lele bakarnya enak, bumbu bakarnya meresap sampai ke dagingnya. Ayam bakarnya juga enak. Empuk dan agak basah. Kami berdua lebih suka ayam bakar yang dimasak seperti ini dari pada ayam bakar yang kering. Menurut saya, ayam bakar yang agak basah kayak gini tuh bumbunya lebih meresap. 

 ayam bakar + sambel dobel

Dan tentu saja, rasa sambelnya emang juara! Terutama sambel ijonya. Menurut saya sambel merahnya gak terlalu kerasa pedesnya. Tapi sambel ijonya, pedesnya bikin nagih! Terbayar sudah rasa penasaran selama ini. Dan penantian selama sekitar 1 jam ini emang worth it banget. Next time bakal balik lagi nyobain menu lainnya. Katanya siih menu 3T sambel dan lele kecapnya juga enak. 

Untuk 1 porsi ayam bakar + nasi dan 1 porsi lele bakar + nasi itu kami harus membayar 30 ribu rupiah. Harga yang standard untuk ukuran Batam. Mau belajar sabar? Dateng aja ke warung Podomoro ini. Di Batam ternyata ada 5 cabang looh...

Warung Podomoro
1. Jl. Imam Bonjol, Nagoya (tepatnya di samping gedung Dana Graha) - Jumat libur
2. Komplek Ruko Tiban Global Blok D no 9-10. Tiban - Jumat libur
3. Komplek Kuliner no. 20 Tiban Center - Minggu libur
4. Samping Kassimura, Batuaji (seberang Mitra Mall) - Minggu libur
5. Kampung Kuliner Pawarsa Bida Asri I, Batam Center - Minggu libur

You Might Also Like

37 komentar

  1. Suka ilfell duluan kalau tahu antrinya lama, maklum aku resek kalo lagi laper :-)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kudu selalu sedia snick*rs di kantong sepertinya, Wan :D

      Delete
  2. Disitu saya merasa lapar apalagi lihat sambal, menggoda perut :)

    Kayak nya lala nggak cocok jadi backpacker. Lebih suka geret koper tas frozen. Apalagi sambil nenteng tax Hermes. Tambah cantik lagi :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambel ijonya enak, mbak.. Aku yang kurang suka sambel ijo aja bisa tiba-tiba suka ama sambel ijonya warung Podomoro ini.
      Waduh.. gimana jadinya ya kalo ini bocah tiba-tiba ngerengek minta hermes.. :D

      Delete
    2. Mbak Zulfaaaaa ingat ingat ingat pingin langsing kayak gasing kan? *dikeplak*

      Delete
    3. Mbak Zulfa...., kalo ngomongin langsing jangan sama mbak Rien... Sini sini mbak, kita bisik-bisik aja... *mendadak sirik :p

      Delete
    4. wkwkwkw....aku kan sebenernya juga mau kayak kalian *ngiri punya badan berisi* hahaha

      Delete
    5. *berisilemak* huahahahahaha.....

      Delete
  3. ngiler ayam bakar + lele bakar nya -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sodorin kanebo buat lap iler... :D

      Delete
  4. Halo Lala, boleh pinjem tas frozennya gak? Buat tante naik gunung *disiram sambal sama mama Lala*

    Sambalnya double gitu mbak, kuat amaaaat :)) *emangnya elo Rien? makan sambel mencret2 :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini sini, Tante Rien... nih tasnya boleh kok dipinjem ama tante, asal waktu dibalikin diisi tiket pesawat PP ato voucher nginep di Padma yaa... *emaknya matrek :p

      Itu sambelnya emang dobel, mbak.. tapi yang sambel merahnya gak terlalu kerasa pedesnya. Kalo sambel ijonya sih emang pedes...

      Delete
    2. Jyaaah...anaknya udah diajarin matrek wkwkw *tapi aku dukung* Halah :p

      Biasanya yang merah lebih pedes. Kenapa kebalik ya? Eh tapi di resto Padang memang gitu, yang ijo lebih pedesss

      Delete
    3. Biasanya aku agak kurang suka ama sambel ijo, mbak.. Kalo ada pilihan, biasanya aku lebih milih sambel merah. Tapi di sini, sebelum milih udah dikasih 2 macem, dan ternyata aku suka sambel ijonya...

      Delete
  5. Dian suka makan di sini mbak, apalagi klo malming, sambelnya emank bikin nagih,,
    Klo mau yang cepet di Podomoro Batu Aji mbak, di seberang Mitra mal, cuma 5 menit, pesenan langsung keluar hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah iya, Dian.. aku baru tau kalo ternyata ada cabangnya di Batuaji pas baca tulisan di spanduknya.. Padahal sering dilewatin, cuma gak ngeh aja.. hehehe..
      Iya nanti pengen nyobain yang di Batuaji..

      Delete
  6. se enak itukah kak? tapi nunggu sampai 1 jam? yaaa keburu kumat maag yudi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget.... Kalo mau makan di sini jangan tunggu sampe perut benar-benar lapar biar maag-nya gak kambuh :D

      Delete
  7. lumayan lama juga ya pe 1 jam hahahaha...kebayang,nunggu 1 jam'an ludesnya sekian menit xixiixixixi. catettt...maaf baru mampir,setiap mamu mampir ular terus postingannya,daku takutttt mbak xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, malah katanya pernah ada yang sampe 1,5 jam loh nunggunya... Tapi dia memang pantas ditunggu sih.. #oposeeeh... :D
      Kalo ke Batam lagi, cobain deh mbak... Ternyata ada 5 cabang looh. Di Batam Center juga ada tuuh..

      Delete
  8. Lala lucu banget bawa tas Frozen. Wuih, Mbak... lele-nya ditangkep dhisik opo? Kok cek suwene? ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe hari ini, itu tas-nya masih selalu dibawa kemana-mana, mbak.. :D
      Hahahaha.. aku yo curigane ngono, mbak.. Suwe gara-gara ngenteni lele-ne ditangkep disek :D

      Delete
  9. kalau di sini ada yang namanya warung nyanding roso yang di depan mal. kalau makan di situ kadang harus nungguin orang yang lagi duduk biar dpt kursi. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti makanannya enak juga ya, Yan? Sampe orang bela-belain nunggu gitu.. :)

      Delete
  10. Baca tulisan ini, pagi hari sebelum sarapan adalah kesalahan besar~~~ muahaha~ bikin lapar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. bentar lagi udah jam-nya makan siang... dirapel sekalian yak? :)

      Delete
  11. Malesin klo antrinya lama mbak,,, bisa-bisa mejanya habis aku grogoti haha,,, btw yg punya orang jawa ya? namanya jawa banget hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang melas, Lid.. Tapi lama-lama penasaran juga... Ternyata emang enak sih.
      Tapi namanya emang cocok ya.. Podomoro, jadi semua emang moro, masio ngenteni suwe yo tetep moro :D

      Delete
  12. podomoro kalau di jogja jualan sate mba dee.. lalaaaa, tante mau tas frozennya.. boleh pinjam gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Batam ada juga sih mbak, warung Podomoro yang jual makanan lain, cuma yang famous ya Podomoro yang ini. Sini.. sini, Tante Ima.. nih Lala pinjemin tas Frozennya :)

      Delete
    2. lala, besok kl ke Jogja bawain yaaaa.... *_*

      Delete
  13. HUFT! mau makan aja harus antri KZL
    btw blognya ketje kak


    mampir-mampirlah ke blog ala-ala gue di www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga kadang suka kesel kalo mau makan kudu antri, udah gitu nunggunya lama, lebih kesel lagi kalo ternyata udah ditungguin lama tapi makanannya gak enak :(
      Untungnya makanan di sini enak, jadi biar nunggunya lama rasanya puas pas makan.
      Makasih ya udah mampir sini :)

      Delete
  14. Beh antri 1 jam... seharusnya bisa dijadikan peluang lagi tuh sama ownernya hehehe. Apa lokasinya sudah tidak memungkinkan untuk nambah tempat mbak Dee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini deretan meja-kursinya panjang, Yan.. Cuma gak kepoto ama aku. Tapi ya gitu, meja-kursi sebanyak itu aja selalu penuh. Itulah makanya mereka buka 4 cabang lagi di tempat lain..

      Delete
  15. meski ngantri, tetap aja penasaran ya hihi. eh itu frozen lagi marak banget -,- tetanggaku malah permak motornya pake gambar frozen -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Zahra.. sampe penasaran banget. Seenak apa sih, kok sampe dibela-belain ngantri gitu? Ternyata emang enak siih... Anakku kayaknya ikut-ikut temennya, hehehe.. dia bilang ada temennya pake tas Frozen gitu.. trus dia pengen juga... hehehe

      Delete