Anak Indonesia Harus #BeraniLebih Bermimpi

Thursday, April 30, 2015


"Aku mau jadi dokter!"
"Aku mau jadi pilot!"
"Aku mau jadi polisi!"

Riuh suara anak-anak di kelas 6C SDN 006 Batuaji itu masih membekas di benak saya. Saya tersenyum sambil mengamini dalam hati cita-cita mereka. Rekaman peristiwa di hari inspirasi itu begitu lekat hingga hari ini. Wajah-wajah polos nan bersemangat dengan berjuta cita dan impian itu tak akan pernah saya lupakan.

***

Belakangan ini, setiap membuka facebook, saya kerap mendapati status-status yang isinya menghujat sana, mengkritik sini, dan bermacam status bernada provokatif lainnya. Saya tau, itu hak mereka untuk menyuarakan apa yang ada di pikirannya. Tapi apa jadinya kalau semua orang mengambil sikap seperti ini? Ribut menghujat dengan kata-kata kasar, sibuk mengkritik tanpa berusaha memberikan solusi.

Mungkin banyak orang yang merasa pesimis dengan masa depan negeri ini. Apalagi kalau melihat berita tentang kenakalan remaja. Tapi kala saya melihat langsung senyum ceria, semangat, dan binar mata dan impian anak-anak SD ketika hari inspirasi, saya percaya bahwa negeri ini masih punya generasi yang hebat. Tinggal bagaimana cara kita mengarahkan mereka.

Bersyukurlah saya karena akhirnya dipertemukan dengan orang-orang yang lebih menunjukkan aksi nyata demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sejak bergabung menjadi relawan Kelas Inspirasi Batam dua bulan yang lalu, mata saya semakin terbuka. Bahwa masih banyak orang-orang baik yang tulus memberi tanpa pamrih dan mau meluangkan waktunya untuk masa depan generasi penerus bangsa ini.

Menjadi relawan Kelas Inspirasi adalah sebuah langkah kecil yang saya dan teman-teman ambil untuk mulai bergerak demi masa depan anak-anak Indonesia. Dan langkah ini pastinya tidak akan berhasil kalau kami hanya bergerak sendirian.

Lewat Kelas Inspirasi kami memilih untuk bergerak memotivasi anak-anak Indonesia agar #BeraniLebih bermimpi dan #BeraniLebih berusaha untuk mewujudkannya. Ya, anak-anak Indonesia harus berani bermimpi setinggi langit. Dan menjadi tugas kitalah agar mereka tidak hanya sekadar berani bermimpi, tapi juga punya semangat dan keyakinan untuk berani mewujudkan mimpinya. 

Kalau saat ini semua pihak sibuk saling menghujat, saling memprovokasi, maka bukan tidak mungkin generasi yang ada sekarang justru akan mencontohnya. Jangan hancurkan mimpi-mimpi mereka dengan sikap pesimis kita terhadap negeri ini. 

Saya pernah membaca salah satu tagline acara Festival Gerakan Indonesia Mengajar di Jakarta, yang berbunyi Berhentilah mengutuk kegelapan, mari nyalakan lilin. Saya suka banget dengan tagline-nya. Menurut saya, begitulah seharusnya kita bersikap. Daripada kita sibuk meghujat dengan kata-kata kasar, mengkritik tanpa solusi, lebih baik kita buat perubahan. Mulai dari diri kita sendiri dulu.

Dan terakhir, saya ingin mengutip kata-katanya uncle John F Kennedy, ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Tulisan Pendek #BeraniLebih

 

You Might Also Like

9 komentar

  1. Aku mau jadi Pilot. Itu Motto Hidupku Mbak Dee an. Berhenti mengutuk Kegelapan dan Menyalakan Lili. Dan.... Itu adalah mantra aku "kuat" dan tahan banting selama tinggal di India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeeen...! Apalagi kalo hidup di luar seperti mbak Zulfa ya.. Kalo sibuk ngeluh, pastinya gak bia hepi nikmatin India :)

      Delete
  2. Ikut mendoakan agar anak2 Indonesia memiliki masa depan gemilang. aamiin... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..... Makasih, mbak Ira :)

      Delete
  3. saya paling benci kalao aa yg hujat menghujat apalagi provokasi,heum....
    seru ya mbk acaranya,sayang banget yg di Pekanbaru g nyampe siak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. apalagi kalo menghujatnya pake kata-kata kasar :(
      Ikut KI yang di Pekanbaru aja, mbak.. atau ikut di Batam :)

      Delete
  4. "Berhentilah mengutuk kegelapan, mari nyalakan lilin." Suka sekali dengan moto ini mbak :)

    Terus berani lebih bermimpi :)

    ReplyDelete
  5. maju terus kang hilangkan pesimis kemajuan. Tanamkan cita - cita dan optimis yang tinggi.
    Semga anak bangsa ini makin berani untuk maju. aamiin

    ReplyDelete
  6. Optimis untuk suatu perubahan yang lebih baik, turut semangat!

    ReplyDelete