Menikmati Siang di Kebun Buah Naga

Monday, February 16, 2015



Berbeda dengan beberapa daerah di Indonesia yang belakangan selalu diguyur hujan tanpa henti, alhamdulillah cuaca di Batam justru sedang cerah ceria. Cuaca yang bikin semangat untuk nyuci baju, hahahaha... Dan hari Minggu kemarin, matahari di Batam juga masih bersinar cerah. Rasanya sayang kalo gak dipake jalan kemana gitu... 

Akhirnya kami sepakat untuk jalan-jalan aja melintasi jalan Trans Barelang. Gak ada tujuan pasti, cuma pengen jalan aja. Setelah melewati jembatan 4 yang menghubungkan Pulau Setoko dan Pulau Rempang, di sebelah kanan jalan saya melihat sebuah baliho bertuliskan "Pantai Zore" yang sepertinya masih baru. Setidaknya, pada kunjungan saya setahun yang lalu, saya belum melihat adanya baliho yang terpasang tepat di depan Cafe Naga Zore ini. Saya pun mengajak suami untuk mampir. Sekalian cari yang seger-seger di Cafe Naga Zore.

 Baliho yang menarik perhatian


Saya memesan jus buah naga, dan suami memesan es sop naga, yang merupakan sop buah seperti pada umumnya, dengan buah naga sebagai bintang utamanya. Pilihan makanannya hanya ada bakso dan pecel. Padahal saya ngarepnya sih bakal ada menu-menu unik yang menggunakan buah naga sebagai bahan utamanya, seperti nasi goreng buah naga atau mie buah naga. Berhubung pilihannya hanya ada makanan itu, akhirnya saya pun memesan pecel dan suami memesan bakso. 

 Pecel

Es sop naga

Jus buah naga 

Di sini dijual juga aneka olahan dari buah naga, seperti stik buah naga, brownies buah naga, selai buah naga, juga manisan buah naga. 

 Stik buah naga

Suasana Cafe Naga Zore ini enak banget. Dindingnya terbuka, sehingga pengunjung bisa leluasa memandang hamparan kebun buah naga yang ada di belakang cafe. Dan sebagai latar dari kebun buah naga itu, ada hamparan laut biru yang gak kalah cantiknya. Rupanya kawasan pantai itu yang dinamakan Pantai Zore. Dari atas sini terlihat pondok-pondok peranginan di tepi pantainya. 

 Hamparan laut dan kebun buah naga

Suasana Cafe Naga Zore

Es sop naga dan jus buah naganya seger banget. Kasih poin 8/10 lah untuk masing-masingnya. Pecelnya lumayan, kasih poin 7/10 lah, cuma baksonya aja yang rasanya kurang sipp. Untuk yang ini cuma bisa kasih poin 5/10.

Abis makan, saya ngajak Lala ngeliat-liat kebun buah naga. Seneng banget dia. Bukan seneng ama si buah naga, tapi seneng bisa lari-larian di antara tanaman-tanaman buah naganya.  Ini pertama kalinya Lala melihat yang namanya buah naga. Awalnya dia bilang, itu stroberi. Tapi setelah saya kasih tau, kalau itu adalah buah naga, langsung deh teriak-teriak sambil nunjuk-nunjuk si buah naga..
"Itu buah naga.. itu buah naga.."

 Ini niih.. yang namanya buah naga, kata Lala ;)

Pantai Zore

Kenalan ama Buah Naga yuuk...

 Buah naga merah

Buah naga aslinya berasal dari Meksiko, kemudian menyebar ke berbagai wilayah seperti Australia, Cina, Asia Timur, hingga Asia Tenggara. Di Batam, perkebunan buah naga bisa ditemui di sepanjang jalan Trans Barelang. Dan perkebunan Naga Zore ini merupakan salah satu yang terbesar.

Buah naga termasuk dalam keluarga kaktus hylocereus. Merupakan tanaman tropis yang bisa tumbuh pada daerah dengan curah hujan 600 sampai 1300 mm/tahun.
  
Buah naga memiliki dua jenis warna, merah dan putih. Keduanya dipercaya berkhasiat dan baik untuk kesehatan. Tapi menurut mbak-mbak di Cafe Naga Zore, buah naga merah memiliki lebih banyak khasiat dibanding yang putih. Antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, bagus untuk pencernaan, penyeimbang kadar gula darah, sebagai sumber antioksidan, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. 

Tapi rasanya agak-agak gimanaaa gitu kalau makan buah naga merah. Gigi langsung jadi merah, serasa jadi vampire, huehehe.. Makanya saya lebih suka menikmati buah naga dengan cara dijus. 
Kalo kamu, suka buah naga juga gak?

You Might Also Like

21 komentar

  1. Wah baru tahu buah naga bisa dibikin brownies mbak Dee. Hiks, aku jadi lapar >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Batam udah mulai rame tuh, Yan buat dijadiin oleh-oleh.. Brownies buah naga..

      Delete
    2. Sayangnya aku bukan penikmat buah mahal hahaha, gak ngerti kalo buah yang malah malah aku gak bisa makan. Yang murah kayak pisang dan pepaya aku malah doyan hehehe

      Delete
    3. Pertama kali aku makan buah naga itu karena penasaran, Yan.. Gimana rasanya? Kok kata orang-orang enak trus banyak khasiatnya. Akhirnya pas jalan-jalan ke Barelang ama suami, sekitar tahun 2011, nyoba beli. Sebiji harganya 9 ribu rupiah. Agak kaget, kok mahal ya? Pas pertama kali makan, trus bikin gigi jadi merah gitu... rasanya gimanaaaa gitu. Serem!

      Delete
  2. Aku nyoba aneka olahan buah naga, tapi belum pernah nyoba bwonies buah naga. Seperti apa rasanya? Pasti enak ya mbak. Kebayang bji-biji hitamnya itu di setiap remahan brownisnya. *ngeces*

    Di sana daging buahnya merah semua ya mbak? Di Jkt susah dapat yang merah. Kebanyakan yang dijual warna putih. Ga begitu manis.
    Kemarin baru saja dikasih tetanggaku yang daging buahnya merah, seneng banget. Makannya sampe diirit-irit biar bisa dinikmati lebih lama haha

    Terakhir ke kebun buah naga waktu ke Warso Farm (kebun duren montong). Dulunya ga tahu kalo buah naga tuh pohonnya kayak kaktus. Pas liat, eh baru sadar kalo selama ini makan buah kaktus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru sekali mbak makan brownies buah naga, terlalu manis kalo menurutku. Kalo dipaketin ke Tangerang kira-kira awet gak ya?

      Di sini ada juga kok yang daging buahnya warna putih, mbak.. Bos ku di kantor yang sering bawa bekal buah-buahan suka bawa buah naga putih. Lumayan.. jadi sering kebagian, hehehe... Aku lebih suka yang putih daripada yang merah, mbak..

      Delete
  3. Buh naga di Jember ama Banyuwangi juga banyak ditanam, Mbak. Kalau lagi murah katanya sekilo cuma 5 ribu. Tapi kalau lagi gak musim sama aja, 50 rebu sekilo. Di supermarket sini juga kadang2 ada. Mihil juga. Sebiji biasanya 20 ribuan. Tapi datangnya kebanyakan dari Vietnam. kalau dari Indonesia belum pernah lihat. :( ira

    ReplyDelete
  4. Di Jember ama banyuwangi juga banyak orang nanem buah naga, Mbak. Kalau lagi musim, sekilo cumak 5 rebu. Tapi pas aku mudik, lagi gak musim, sekilo 50 rebu. Di Jerman ada juga kadang supermarket. Harganya biasanya 20-an ribu per biji. Tapi didatangkan dari Vietnam. Dari Indonesia belum pernah liat. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga per kilonya di Batam sekitar 40 ribu, mbak.. Harga per buahnya sekitar 9 ribu. Murah itu mbak, kalo sekilo 5 ribu.. :)

      Delete
  5. Sluurrrrpp enaaakkk ngebayangin warna cantik pinknyaaa... Buah naga merah emang beda dari buah naga putih... Bikin di rumah pas siang hari kasih sirup jg enaakk... Seruuu liputannyaaaa mb dee an ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buah naga putih, dipotong-potong trus dikasih sirup cocopandan, perpaduan warnanya pasti cantik banget ya mbak... :)
      Makasih mbak Ima :)

      Delete
  6. Aku pas raker ke Bhakti Alam, Pasuruan ada lho buah naga kuning Dee.
    Sayang pas nggak berbuah jadi nggak bisa beli ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? waah.. aku baru tau nih kalo ada buah naga kuning. *langsung googling...
      eh iya, ada.. lucu ya, jadi kayak nanas :)

      Delete
  7. Aduh itu jusnya bikin ngiler dah. Apalagi siang-siang terik begitu. Seeeer....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh.. apalagi Batam lagi panas-panasnya nih yaaa... pengennya cari yang seger-seger terus :)

      Delete
  8. Yuhuuu....dakuw penggemar buah naga loh. Tiap wiken ke pasar buat beli dua kilo. Apalagi kalau lagi murah begini :)))

    Btw itu buah naganya boleh dipetik ndak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya boleh dipetik, Tar.. tapi harus ditemenin ama pengelolanya. Gak boleh asal metik sendiri...

      Delete
  9. Saya juga suka buah naga, tapi belum pernah makan es atau kuenya
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Sama-sama, Pakde Cholik... :)
      Makasih udah mampir di sini...

      Delete
  10. Es sop naganya bikin ngiler Mbak Dee...

    ReplyDelete
  11. wah keren blog nya bu dian radiata ...

    jadi terharu saya ... hiks

    ReplyDelete