Pulau Ubin, Cara Lain Menikmati Singapura

Friday, October 31, 2014


Kalau ke Singapura, trus foto-foto ama patung Merlion, nyebrang ke Sentosa Island, trus belanja di Orchard, itu mah udah biasaaaa.... Tapi kalau ke Pulau Ubin? Pernah kebayang gak? atau jangan-jangan malah belum pernah dengar ada tempat bernama Pulau Ubin di Singapura? 
Naaah, sewaktu masih tinggal di Singapura dulu, aku dan temen-temen paling suka jalan ke tempat-tempat yang boleh dibilang jarang dikunjungi wisatawan Indonesia. Seperti Pulau Ubin ini..

Pulau Ubin adalah sebuah pulau kecil seluas 9 km persegi yang ada di bagian timur laut Singapura. Letaknya terpisah dari pulau utama. Jadi kalau ingin menuju ke Pulau Ubin ya harus menyeberang naik kapal kayu, yang di sana disebut bumboat.

 itu yang namanya bumboat...

Karena waktu itu kami tinggalnya di Singapura bagian barat, tepatnya di daerah Jurong, jadinya cukup jauh kalau mau ke Pulau Ubin, dari ujung barat ke ujung timur neek..

Aku dan ketiga orang teman (Prapto, Santi dan mba Eend) harus naik MRT ke Tampines. Dari Tampines ganti naik bus nomer 29 dengan tujuan akhir Changi Village. Nah dari terminal bus Changi Village, kita tinggal jalan kaki aja ke pelabuhannya. Kita naik bumboat-nya ya dari pelabuhan ini... 

Changi Point Ferry Terminal

 ini ruang tunggu pelabuhannya

let's goooo

Bumboat-nya berkapasitas 12 orang. Jadi kalau belum genap 12 orang, ya harus sabar nunggu. Ongkosnya murah meriah, cuma 2.5 SGD per orang. Bayarnya kalo udah di dalem kapal, jadi gak perlu beli tiket. Perjalanan naik bumboat-nya gak lama kok, cuma sekitar 10-15 menit aja.

 di dalem bumboat

welcome to Pulau Ubin

Sampai di Pulau Ubin udah masuk waktu dhuhur, jadi kami sholat aja sekalian. Karena gak ada tempat sholat, terpaksa kami sholat bergantian di pojokan gallery, di bagian belakangnya information centre. Abis sholat baru kami langsung menuju ke tempat penyewaan sepeda yang emang banyak tersedia di situ. Harganya rata2 sekitar S$5, tapi untuk sepeda yang agak bagusan harganya S$8, kayak sepeda yang disewa ama si Prapto. Aku, Santi en mba Eend nyewa sepeda yang S$5 aja...


Acara bersepedanya lumayan seru.., udah lama banget euy aku gak sepedaan kayak gini. Jalur yang dilewatin juga cukup beragam, banyak jalur yang bikin kita mau gak mau harus nuntun sepeda juga.  

Kalo penasaran Pulau Ubin itu kayak apa, aku jawab Pulau Ubin tuh kayak kampung-kampung yang ada di Pulau Jawa. Kalo masalah pemandangan sih jelas Indonesia tetep is the best deh. Tapi kalo masalah sarana, fasilitas dan pengelolaan hehehe... sorry to say, kita masih ketinggalan...


Pada zaman kolonialisme Inggris ditemukan batu granit di Pulau Ubin, hingga akhirnya Pulau Ubin dijadikan area pertambangan batu granit. Batu-batu granit itu dijadikan bahan dasar pembuatan ubin untuk bangunan-bangunan yang ada di Singapura. Tapi akhirnya, pada tahun 1999 pertambangan batu granit di Pulau Ubin ditutup. Setelah tambang granit ditutup, Pulau Ubin menjadi sepi. 

Berada di Pulau Ubin, membuat kita merasa tidak sedang berada di Singapura. Suasananya tenang, khas suasana pedesaan. 

Di Pulau Ubin juga ada sebuah tower, untuk menuju kesana gak boleh naek sepeda, jadi sepedanya diparkir trus kita jalan kaki masuk hutan. Jangan khawatir sepeda yang kita parkir bakal hilang meskipun tidak dikunci. Pokoke aman deeh...

 
menuju tower

ini towernya...

Suasana di atas tower enak banget... Kebetulan waktu itu cuacanya lagi bersahabat banget ama kami. Gak panas. cuma berawan aja. Cukup lama juga kami nongkrong di atas situ, sambil foto-foto tentunyaa...

 di atas tower
Turun dari tower kami jalan lagi ke sebuah jetty, eh sebelum sampai jetty malah nemu pantai dengan batu-batu besar. Langsung.. naluri narsisnya keluar deh. Jadilah kami foto-foto dengan berbagai gaya di situ.



Pfffiiuuuuh... lumayan capek juga sepedaan keliling Pulau Ubin, tapi seru... Soo..., kalo ada kesempatan ke Singapura, dan ingin menikmati suasana dan pengalaman yang tidak biasa, coba deh main ke Pulau Ubin...

 
Note : 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Baru tau klo Singapore punya pulau juga mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa, Yan... Yang terkenal pastinya Pulau Sentosa kan :)

      Delete
  2. tsah aku baru tau ini
    kapan2 saya mau nyoba kesana mbak

    ReplyDelete
  3. Iya, emang jarang yang tau... dan kalau pun tau, kebanyakan yang males ke sana, soalnya letaknya di ujung Singapura :)

    ReplyDelete