Top Markotop, Pengobat Rindu Kampung Halaman

Saturday, September 27, 2014


Selain keluarga, hal yang paling sering saya kangeni selama tinggal di rantau ini adalah makanan khas kampung halaman saya, Surabaya. Meskipun lidah saya tergolong lidah yang cukup bisa berkompromi dengan segala jenis makanan, tapi tetep aja, yang namanya rindu gak bisa bohong.

Di Batam, cukup banyak rumah makan yang menjual makanan khas Jawa Timur. Apalagi yang namanya rujak cingur. Di Batam malah ada sebuah tempat yang khusus menjual rujak cingur, Tuh.. di Seraya.. Rasanya juga gak beda jauh ama rujak cingur yang biasa saya beli dari ibu-ibu penjual rujak langganan saya.

Di Aviari, tak jauh dari tempat tinggal saya, juga ada yang jual rujak cingur. Meski cingurnya diganti dengan kikil, tapi rasanya cukup miriplah ama rasa rujak cingur di Surabaya. 

Selain rujak cingur, soto ayam adalah makanan khas Surabaya lainnya yang paling banyak dijual di Batam ini. Tapi meskipun judulnya sama-sama soto ayam, dan beberapa bahkan menambahkan kata Surabaya di belakangnya, rasa sotonya beda kalo menurut saya. Malah ada juga yang judulnya soto ayam Surabaya, tapi sotonya bersantan, mirip soto Betawi :D

Begitu juga ama gado-gado. Gado-gado di Batam lebih mirip ama gado-gado Jakarta, yang bumbunya diulek. Kalo gado-gado Surabaya bumbunya kan dimasak plus ditambah santan, jadi lebih gurih. Nah, sebagai penggemar gado-gado, saya cukup kesulitan menemukan gado-gado khas Surabaya di Batam sini.


Beruntung akhirnya saya ketemu ama Rumah Makan Top Markotop ini. Ketemunya sih dari info mulut ke mulut yang dibawa ama temen-temen sesama arek Suroboyo. Pas pertama kali nyoba, alhamdulillah... Rasanya beneran bisa ngobatin kangen akan kampung halaman.

Hampir semua makanan yang dijual di sini udah pernah saya coba. Dan rasanya beneran, Suroboyo bangeeet!. Mulai dari tahu campur, tahu tek-tek, lontong balap, lontong mie, gado-gado, soto ayam, rawon, sampe krengsengan, semua beneran Top Markotop. Sesuai ama nama rumah makannya.


 Cuman satu nih, yang belum nemu. Lontong kupang. Kalo aja Rumah Makan Top Markotop ini juga jual lontong kupang, wuiiiih.. bakal hepi banget saya. Saya udah pernah request ama Bu Edy, pemilik rumah makan ini untuk menyediakan lontong kupang. Tapi kata beliau, di sini susah cari kupangnya. 


Buat yang penasaran pengen nyobain makanan Surabaya yang rasanya  Top Markotop, dateng aja ke Perum Mega Legenda, Blok B3-21. Batam Centre

You Might Also Like

11 komentar

  1. okeh catettt.....bulan depan cabut rumput ke batam hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah dari sana cerita cerita ya mbak :)

      Delete
  2. Makanan di atas semuanya markotop deh, dan rasanya selalu membuat ngiler kalau sudah dihidang di depan meja mba, he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  3. tunggu ya saya kesana...
    hihi
    kumpulin uang yang banyak dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaapp...! Ditunggu di Batam ya, Lu :)

      Delete
  4. Top Markotop, jadi pengen icip...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicicipi, dijamin gak bakalan nyesel :)

      Delete
  5. untungggg liatnya abis sahuurrr niii... *_+

    ReplyDelete