Teh Obeng. Minuman Paling Ngetop di Batam

Monday, January 05, 2009



Kali ini saya tidak sedang membicarakan alat pertukangan walaupun jelas-jelas saya menyebut obeng. Teh obeng ini merupakan minuman paling terkenal di Batam, juga di Bintan dan Karimun. Penasaran, sejenis apa minuman ini?
Jangan pernah membayangkan minuman ini adalah sejenis teh yang dicampur obeng, atau disajikan dengan obeng sebagai pengaduknya. Teh obeng ini kalau di daerah lain lebih dikenal dengan nama es teh. Ya, es teh yang biasa kita nikmati itu kalau di Batam berganti nama menjadi teh obeng.
Entah dari mana asalnya, tapi bisa jadi ini pengaruh dari Bahasa Melayu, terutama warga Melayu keturunan Tionghoa. Mereka biasa melafalkan teh o peng untuk segelas es teh manis. Tapi setelah sampai di Batam, bunyinya sudah bukan o peng lagi, tapi berubah jadi obeng. Saya pernah menuliskannya juga  di sini.
Bahkan kalau di Singapura dan Malaysia, juga di warung-warung kopi tiam di daerah Tanjung Pinang dan Karimun, kalau anda hanya mengatakan ‘teh’ sewaktu memesan, dijamin yang akan sampai di meja anda bukanlah segelas teh manis seperti yang anda harapkan, melainkan teh panas dengan gula dan susu kental manis.   
Hal yang sama juga berlaku untuk kopi. Jadi tidak ada salahnya bukan mengetahui cara mengorder minuman di suatu tempat, dari pada pesanan anda datang tidak sesuai dengan yang anda harapkan. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku pikir teh yang di celup obeng Mab ? he,, he,, he,,, tidak tahunya teh dingin ya..... memang sih kalau di Batam dan Singapur ini di kenal dengan sebuatan teh openg, jadi kebiasaan jadi obeng ya..... ha,, ha,, ha,,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. iya mas, es teh :D
      Pertama kali tinggal di Batam dulu juga bingung, kenapa kok dinamain teh obeng ya?

      Delete